4 Cara memilih Set Top Box Yang Bagus

4 Cara memilih Set Top Box Yang Bagus

 Beberapa hari terakhir pemerintah telah merilis 9 merk dan harga set top box yang sudah bersertifikasi Kominfo untuk dipasang mendampingi tv analog Anda agar bisa menonton tv digital. Namun sayang harga yang tertera masing masing merk set top box sebagian tergolong masih mahal dibandingkan dengan set top box yang tidak bersertifikat. Hal ini juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen akan kualitas set top box tersertifikasi yang tetap mempertimbangkan harga untuk memilih set top box yang terbaik. Memang sebagian konsumen tidak mempermasalahkan harganya karena lebih mementingkan kualitas dan ketahanannya, namun siapa jamin harga yang mahal juga akan merepresentasikan kualitasnya ?

 

5 Cara memilih Set Top Box Yang Bagus

 


Di artikel kali ini blog ngamen akan berbagi artikel cara memilih Set top box yang bagus untuk tv digital.
 

1. Spesifikasi sesuai kebutuhan

 
Beberapa set top box dengan harga diatas 300 ribu juga menawarkan fitur IPTV, Youtube,  dan berbagai aplikasi yang sebenarnya membutuhkan akses internet untuk menggunakannya. Jika Anda menginginkannya sebenarnya tidak masalah, namun jika Anda hanya butuh akses TV digital saja yang tidak butuh jaringan internet sebaiknya cukup dikesampingkan. Tapi menurut saya jika Anda menginginkan TV dengan akses internet lebih baik menggunakan Android box daripada Set Top Box DVBT2 dengan fitur aplikasi  internet akses yang terbatas..

2. Harga

 
Seperti yang saya sampaikan diawal artikel bahwa sebagaian pengguna set top box tetap mempertimbangkan harga yang murah dengan fitur komplit, sedangkan urusan kualitas dan ketahanan tetap di nomor duakan. Oleh karena itu merk merk seperti Evinix H1, SkyBox, Rinrei yang harganya jauh lebih murah dibanding dengan yang bersertifikasi kominfo, tetap laris manis di beli konsumen di marketplace.
 

3. Cari review sebanyak banyaknya.

 
Cara yang wajib sobat Ngamen lakukan sebelum membeli barang elektronik pada umumnya termasuk set top box adalah memahami seluk beluknya seperti spesifikasi, kelebihan, kekurangan termasuk fitur fiturnya. Hal ini untuk memahami lebih jauh setop box yang akan sobat beli termasuk menghindari kerugian akibat ketidak tahuan kita yang bisa mengakibatkan kerugian seperti barang palsu, harga yang tidak sesuai, fitur yang tidak sesuai ekspektasi.
 

4. Pengalaman pengguna

 
Diartikel sebelumnya saya telah mereview beberapa merk set top box namun sebatas pada spesifikasi dan tips penggunaan, namun tidak mereview akan ketahanannya. Namun sebenarnya tahan atau tidak tahan lama set top box tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh merk dan harga, baberapa hal seperti perilaku pengguna, stabilitas daya listrik yang dibutuhkan set top box, pendingin set top box dan lain lain juga bisa mempengaruhi ketahanannya.

Sebelumnya, Kominfo telah mensertifikasi 9 merk set top box dvbt2 lengkap beserta harganya  diantaranya adalah :
 
1. Set Top Box  Polytron PDV 600 T dengan harga Rp 390.00 - Rp 550.000
2. Set Top Box Ichiko 8000 HD dengan harga Rp 210.000 - Rp 280.000 
3. Set Top Box Akari ADS-2230 dengan harga Rp 355.000 - Rp 390.000
4. Set Top Box Akari ADS-210 dengan harga Rp 400.000 - Rp 580.000
5. Set Top Box Akari ADS-168 dengan harga Rp 400.000 - Rp 650.000
6. Set Top Box Venus Brio denga harga Rp 215.000 - Rp 380.000
7. Set Top Box Tanaka T2 denga harga Rp 220.000 - Rp 365.000 
8. Set Top Box Nexmedia NA13000 denga harga Rp 250.000
9. Set Top Box Mito 3255
 
Jia Anda termasuk konsumen yang tidak memperhitungkan harga sebagai standar memilih set top box yang baik, STB diatas juga bisa menjadi rekomendasi yang bisa dipilih karena kominfo sudah memberikan sertifikat kelayakan untuk bisa digunakan..
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------