Review Set Top Box Evinix H1 Untuk TV Digital DVBT2 Terbaru

Review Set Top Box Evinix H1 Untuk TV Digital DVBT2 Terbaru

 Dengan semakin dekatnya perubahan siaran dari TV analog ke TV digital maka sobat ngamen tentunya akan memilih berbagai jenis dekoder DVBT2 yang sesuai dengan selera sobat. Kali ini Blog Ngamen akan mereview set top box yang termasuk best seller bagi pengguna TV digital yaitu Set Top Box EVINIX H1. Perlu diingat bahwa keluaran terbaru seri Evinix H1 ini sudah tidak muncul BY Skybox lagi. Selain itu fitur lain yang tidak ada di Set Top Box lainnya adalah bisa digunakan untuk menampilkan layar HP ke Layar TV dan bisa menonton Youtube. Nah penasaran dengan Set Top Box Eviix H1, baca sampai akhir biar tidak salah beli.

 

Review Set Top Box Evinix H1 Untuk TV Digital DVBT2 Terbaru

STB Evinix H1 versi terbaru ini jika dilihat dari sisi depannya terlihat mewah, tidak ada tonjolan apapun untuk tombol tombolnya, Semua tombol berbentuk tombol tekan mulai dari tombol power, tombol channel maupun volume. paling sebelah kiri ada usb kemudian dibagian tengah ada layar display yang akan muncul tampilan nya jika STB sudah dihidupkan. lalu disisi kiri ada tombol poer, tombol menu, tombol channel dan tombol OK.Bentuk tombol volume plus dan minus, tombol ganti channel dan tombol OK membentuk segitiga sehingga nampak unik. Tombol tombol ini sejatinya tidak berfungsi selama remote control yang disertakan dalam box bisa digunakan secara normal.


Dibagian belakang secara umum colokannya hampir sama dengan colokan STB pada umumnya seperti colokan antenna, colokan loop kabel antena yang berfungsi untuk siaran analog selagi masih siaran tv double siaran (analog dan digital), USB, HDMI, AV dan power switch. Nah yang membuat beda dengan set top box lain selain dilengkapi dengan kabel power, juga ada lubang colokan untuk charger yang hanya 5 watt. artinya untuk menghidupkan stb ini, selain dengan mencolokkan power menggunakan kabel power juga bisa melalui kabel charger yang bisa dibeli secara terpisah.

 

Untuk pomasangan saya yakin tidak sulit, intinya jika di TV tidak ada colokan HDMI gunakan colokan AV biasanya untuk TV tabung. Namun jika di TV ada colokan HDMI manfaatkan colokan itu karena HDMI sudah support gambar UHD 4K. Jika set top box digunakan untuk monitor komputer yang biasanya menggunakan colokan VGA, karean STB Evinix H1 tidak ada colokan VGAnya, maka sobat harus membeli converter VGA to HDMI secara terpisah.


Selanjutnya adalah setting bagaimana untuk mendapatkan siaran digital, nonton youtube dan menampilkan layar hp di layar TV atau monitor :

 

1. Untuk mencari siaran TV digital di STB Evinix H1 secara cepat, setelah muncul tampilan menu di layar TV masuk ke mode Pencarian, pilihlah mode pencarian dengan DVBT2, Pilihlah pencarian otomatis, pilih negara indonesia, antenna. Untuk aktif/nonaktif antenna maksudnya adalah jika antenna support dengan stb maka diaktifkan dayanya , jika tidak maka nonaktifkan dayanya. Untuk tidak membingungkan sobat saat pencarian jika disaat antenna aktif namun siaran tv digital tidak muncul cukup nonaktifkan daya antenna demikian juga sebaliknya bisa diulang ulang untuk pencarian otomatis.

 

2. Untuk bisa menonton Youtube atau mengakses IPTV di STB Evinix H1 sobat harus membeli wifi dongle secara terpisah yang mendukung STB ini, kemudian masuk ke pengaturan jaringan untuk menyambungkan dengan internet melalui wifi. Setelah tersambung sebat bisa masuk ke menu multimedia untuk menonton video, film atau musik. Namun link link IPTV yang disediakan oleh stb ini banyak yang tidak aktif.


3. Untuk bisa menampilkan layar HP di layar Tv sobat syaratnya adalah HP Android 5 keatas atau iOS 9 keatas. Syarat kedua adalah HP harus diinstal Aplikasi MeeCast TV. Perlu sobat ketahui bahwa Fitur Meecast ini adalah bukan bersifat mirroring artinya bukan menampilkan aktifitas di HP muncul di TV , namun hanya menampilkan gambar saja ke layar tanpa kabel.


Untuk review, fitur dan cara menggunakan menu menu selengkapnya pada Set Top Box Evinix H1 versi terbaru, sobat bisa tonton di video diatas :



Perlu sobat ingat sebelum membeli STB ini pastikan bahwa sobat memilih STB Evinix versi terbaru yang didukung oleh Meecast. Didalam box sudah dilengkapi remote, kabel AV, 2 buah baterai dan buku panduan. Untuk harga sobat bisa beli Rp 300 ribuan di toko online.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------