5 Fakta Windows 11, Mulai Bisa Instal Aplikasi Android Sampai Butuh Spesifikasi Minimal Yang lebih Besar

5 Fakta Windows 11, Mulai Bisa Instal Aplikasi Android Sampai Butuh Spesifikasi Minimal Yang lebih Besar

 Kedatangan Windows 11 sebagai pengganti Windows 10 tampaknya benar benar menjadi kenyataan dimana baru baru ini Microsoft telah mengumumkan melalui laman resminya blogs.windows.com akan rilis dibulan November - Desember 2021 dan berlanjut di tahun 2022. Namun demikian sampai saat ini belum diketahui jadwal pasti kapan Windows 11 final akan bisa di download.

Saat ini sobat Ngamen sudah bisa mengecek kompatibilitas perangkat apakah bisa berjalan di Windows 11 atau tidak melalui link ini, dengan cara menunduh aplikasi PC Health Check dan menjalankannya. Jika beruntung maka sobat bisa mengunduh OS Windows 11 secara gratis dari Windows 10.

5 Fakta Windows 11, Mulai Bisa Instal Aplikasi Android Sampai Butuh Spesifikasi Minimal Yang lebih Besar

 

Selain itu menurut Microsoft, bahwa Windows 11 Insider Preview mulai tanggal 28 Juni 2021 juga sudah bisa didownload. Walaupun sudah lolos kompatibilitas, tapi sebaiknya Windows 11 Insider Preview tidak disarankan untuk penginstalan di perangkat utama sobat karena bisa saja tidak stabil.


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut fakta menarik dari peluncuran Windows 11 :

 

1. Membatalkan Windows 10X Demi Windows 11

 

Microsoft membatalkan sistem operasi Windows 10X-nya, perusahaan itu jelas menggunakan kembali sebagian besar desainnya untuk Windows 11. Windows 10X pada awalnya dirancang untuk perangkat layar ganda, sebelum beralih ke laptop tradisional dan kemudian dibatalkan. Selain itu, Windows 10X menyertakan sejumlah aspek yang disempurnakan dan disederhanakan ke Windows.


2. Tampilan Lebih Keren dan Segar

 

Berbagai pembaruan tampilan windows 11 tampaknya sengaja dirancang sedemikian rupa agar bisa memanjakan mata, tidak membosankan dan mempermudah menjalankan pekerjaan. Mulai dari letak menu start yang berada di tengah tengah desktop, tema gelap terang di konfigurasi ulang, sudut tampak membulat di setiap jendela, yang menggambarkan bentuk jendela baru pada logo Windows 11, tata letak Snap baru dengan pembaruan Snap layout dan snap Groups untuk mengatur windows dan layar lebih mudah.

 

Selain itu penyegaran di Widget Windows 11 juga tampak keren dengan  menambahkan widget dari aplikasi lain ke dalamnya, menjadikannya antarmuka yang benar-benar dapat disesuaikan dan bukan hanya panel bagi Microsoft untuk mendorong tautan berita Bing saja.


Demikian juga menurut How to Geek, Cortana yang selama ini menemani dalam Voice Command juga akan di hapus dari pengaturan PC.


3. Butuh Spek Lebih gede dibanding Windows 10


Mengutip laman resmi Microsoft, standar minimum komputer sobat Ngamen harus ditopang prosesor 64 bit dengan kecepatan minimal 1GHz dan dual core, lalu RAM 4GB dan ruang penyimpanan 64GB. Sebagai perbandingan, Windows 10 cuma butuh RAM 2GB dan ruang penyimpanan 32GB.

Selain itu, layar laptop sobat, minimum harus berukuran 9 inci dengan resolusi HD 720p. Syarat untuk mendapat Windows 11 lainnya adalah komputer  harus mendukung UEFI, Secure Boot, dan Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Juga kartu grafisnya harus kompatibel dengan antarmuka pemrograman aplikasi (API) DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0.


4. Lebih Mudah Multitasking dengan Multi Screen

 

Optimalisasi kinerja multi-screen di Windows 11 berdasar pada perbaikan masalah fitur multi-screen di Windows 10. Saat ini, terdapat beberapa masalah dengan tampilan multi-screen Windows 10 yang cukup mengganggu produktivitas pengguna.

Misalnya, ketika pengguna menggunakan 2 monitor atau lebih dan memasuki mode 'sleep', beberapa jendela yang terbuka di banyak monitor akan ditampilkan pada 1 layar saja.

5. Bisa menjalankan aplikasi Android tanpa Instal Emulator

 

Seperti yang mungkin  sering sobat lakukan di Windows 10 untuk menginstal aplikasi Android di Windows yang yang tidak tersedia versi Windowsnya, anda pasti disuguhkan berbagai aplikasi emulator seperti Bluestack dan berbagai macam ragamnya yang ujung ujungnya juga tetap menambah beban memori dan penyimpanan. namun di Windows 11 sobat tidak perlu lagi menginstal emulator yang filenya se gede gaban itu. 
Secara otomatis di Windows 11 aplikasi Android sudah tersedia. Sobat bisa menginstal aplikasi Android melalui Microsoft Store dan menjalankannya di PC . Microsoft melakukan ini dalam kemitraan dengan Amazon Appstore, meskipun aplikasi akan didistribusikan melalui aplikasi standar Microsoft Store. Microsoft mengatakan akan menggunakan "Intel Bridge Technology" untuk mengaktifkan ini.


Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------

This Is The Newest Post