Cara Mudah Menampilkannya Lirik Lagu Spotify Di WebOS

Cara Mudah Menampilkannya Lirik Lagu Spotify Di WebOS

Jujur, satu aplikasi yang sampai saat ini tidak pernah saya copot di smartphone adalah Spotify. Apalagi sekarang sudah dilengkapi fitur yang bisa menampilkan lirik lagu disaat yang sama lagu tersebut kita dengarkan. Seperti yang sudah sobat ngamen ketahui bahwa Spotify merupakan salah satu aplikasi streaming musik online dan podcast multi platform yang sangat terkenal diseluruh penjuru dunia. Aplikasi yang digagas pada tahun 2006 oleh Tim AB di Stockholm Swedia ini, sampai tahun 2021 sudah melampau 365 juta pengguna aktif di seluruh dunia.


Cara Mudah Menampilkannya Lirik Lagu Spotify Di WebOS


User bisa membuat, mengedit dan membagikan playlist dan trek di media sosial dan membuat daftar putar dengan pengguna lain. Popularitas Spotify terus meningkat dari tahun ke tahun, di Seantero Eropa pada bukan Maret tahun 2011 telah di klaim bahwa penggunanya sebanyak 1 juta pelanggan berbayar. Namun pada bulan september, penggunanya meningkat dua kali lipat. Setahun kemudian Word Economic Forum (WEF) menobatkannya sebagai Teknology Piaoneer.


Pada tanggal 16 April 2013, Spotify memperluas jangkauannya dengan meluncurkan aplikasi berbasis Android, iOS dan Windows Phone untuk kawasan Singapura, Hong Kong, Malaysia, Estonia, Latvia, Meksiko dan Islandia. Dua tahun kemudia, pada 28 Januari 2015 Sony menggandeng Spotify untuk menghibur penggunanya lewat layanan PlayStation Music yang kemudian resmi dirilis pada 30 Maret.


Fitur Spotify

Pengguna gratis Spotify nantinya memiliki sejumlah fungsi baru, seperti fitur bikin playlist lagu, mode hemat data dan kontrol musik lainnya. Aplikasinya sendiri masih menampilkan iklan. Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat pada Spotify.


Membuat playlist sendiri

Spotity playlist memiliki semua jenis lagu dan anda bisa memasukkannya ke dalam playlist milik sendiri. Ada sekitar 30 juta lagu baik dari Indonesia maupun mancanegara. Jadi anda bisa membuat sebanyak mungkin playlist sesuka anda. Selain itu, playlist yang anda buat bisa juga dibagikan ke teman-teman anda yang ada di Spotify maupun lewat sosial media seperti Facebook dan Twitter. Dan anda juga dapat mengaturnya sebagai private playlist.


Radio

Spotify juga menyediakan akses ke stasiun radio populer dunia. Di sini pengguna bisa memilih sendiri genre dan jenis musik yang digemari.


Akses gratis dengan beberapa batasan

Spotify punya fitur akses gratis dengan beberapa batasan untuk andayang baru pertama mencoba atau enggan mengeluarkan biaya langganan bulanan. Dengan fitur gratis tersebut, anda tidak bisa membuat Playlist, mengunduh musik untuk diputar secara offline atau mengganti pengaturan kualitas musik. Setiap mengganti lagu juga akan mendapatkan iklan dalam bentuk suara yang mengajak anda untuk berlangganan.


Mode offline

Karena tidak semua orang bisa setiap detik terhubung ke internet, maka Spotify menyediakan fitur offline bagi pengguna premium. Fitur ini memungkinkan pengguna mendengarkan musik ketika tidak terhubung ke internet.


Integrasi media sosial

Ada dua pilihan metode pendaftaran akun, mengisi formulir pendaftaran dan menggunakan akun media sosial, Facebook. Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui musik yang didengarkan oleh teman-teman Facebook ataupun Twitter.


Bermain game sambil mendengarkan musik

Spotify PS4 Selain bisa diakses melalui aplikasi di perangkat mobile dan PC, Spotify juga menawarkan aplikasi khusus untuk konsol game PlayStation 4 dan PlayStation 3. Anda bisa bermain game dengan tetap memutar lagu-lagu lewat Spotify di konsol Anda.


Kelebihan Spotify

Dibandingkan dengan aplikasi yang lain, Spotify menurut saya mempunyai beberapa kelebihan kelebihan diantaranya :

1. Database genre lagu lagu Indonesia lebih lengkap termasuk lagu lagu daerah. Misalnya untuk mencari lagu lagu melayu deli contohnya saya mendapatkan database lagu yang lengkap di Spotify.

2. Aplikasi banyak platform mulai dari WebOs, Windows,iOS, Mac, Android. Bahkan Versi Android pun punya versi Lite yang lebih ringan untuk smartphone yang minim penyimpanan.

3. Walaupun di jeda dengan iklan,  fitur gratisannya juga masih nyaman dinikmati.

4. Fitur Spotify connect nya bisa mendukung berbagai perangkat canggih yang saat ini sudah terhubung tanpa perangkat kabel seperti melalui bluetooth.

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa Spotify juga bisa diputar di WebOS, yaitu sistem operasi yang digunakan oleh smart TV LG. Saya sudah mempraktekkannya sendiri menggunakan Smart TV LG 50UN7200 dengan versi terbartu Spotify 2.0.21. 

 Bagi sobat Ngamen yang ingin menampilkan lirik aplikasi Spotify melalui perangkat smart TV LG tersebut yang menggunakan sistem operasi WebOS caranya sangat mudah cukup dengan memperbaharunya atau mendownload kembali  versi terbarunya di LG Content Store. Setelah  selesai didownload, buka kembali aplikasi dan coba putar salah satu lagu kesayangan sobat, maka dibagian sebelah bawah akan muncul lirik lagu tersebut.

Sebenarnya tidak hanya di WebOs saja pembaharuan aplikasi Spotify di tanggal 18 November 2021 mengisyaratkan fitur tampilan lirik lagu di platform Spotify di  Smartphone Android  dan Komputer Windows untuk versi globalnya.

Nah, perlu sobat ketahui bahwa walaupun sudah rilis aplikasi Spotify dengan fitur lirik lagu, namun tidak semua lagu yang diputar bisa tampil liriknya. Jika sobat sudah tahu sebabnya silahkan komentar dibawah.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------