Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Recovery Email Untuk Keamanan Akun

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Recovery Email Untuk Keamanan Akun

 Email merupakan kebutuhan dasar yang tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan modern saat ini. Segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pendaftaran akun apapun selalu melibatkan email untuk mengkomunikasikan melalui surat elektronik tersebut. Seperti aktifitas perkantoran , birokrasi, pendidikan apalagi disaat pandemi Covid19 yang masih belum usai saat ini, kegiatan online selalu mendominasi kehidupan keseharian kita. Berkomunikasi melalui email adalah salah satu cara yang dibutuhkan agar lebih efektif dan efisien. 

 

 

Keberadaan email yang kita miliki berkaitan dengan kata sandi yang harus kita kelola dengan baik. Saya tidak bisa membayangkan jika Anda sendiri lupa kata sandi email di mobile banking Anda karena banyaknya email dan kata sandi yang harus dikelola. Diartikel ini saya tidak akan memberikan tips cara mengelola password email yang banyak karena banyak tutorial dan aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk mengelolanya. Ada yang lebih penting dari hal tersebut yakni menjaga keamanan akun email yang kita ketahui dari survey bahwa orang indonesia kebanyakan menyepelekan password atau kata kunci email. Dibeberapa artikel sebelumnya saya juga sudah pernah membahasnya secara lengkap seperti pada artikel ini.

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Recovery Email Untuk Keamanan

 

Nah, diartikel kali ini saya akan membahas lebih lanjut masih tentang email, namun akan membahas satu fitur yang diberikan oleh akun email yaitu email recovery atau email pemulihan. Tujuan utama email pemulihan adalah agar bisa membantu mengakses akun kembali jika di suatu saat nanti Anda lupa passwordnya atau sobat tidak bisa login karena alasan lainnya.

 

 

Ada beberapa hal kontroversial dengan keberadaan email recovery, disatu sisi bernilai positif namun disisi lain akan menjadi bumerang. Bahasa sederhananya adalah email utama saja sudah lupa kata sandinya apalagi email pemulihan yang jarang digunakan. Namun bagi kita yang peduli dengan keamanan data, akan sangat terbantu dengan adanya email recovery jika kita memang benar benar lupa dengan kata sandi pada email utama.

Secara khusus berikut adalah beberapa keuntungan mengaktifkan email recovery untuk email utama kita :

  1. Email utama akan lebih aman karena ketika kita lupa kata sandi ada pilihan pemulihan atau pengembalian akun , password pemulihan akan dikirim melalui pilihan recovery email
  2. Bisa mendeteksi aktifitas email utama melalui email recovery jika email utama akan dibobol orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Bisa digunakan untuk recovery beberapa email utama walaupun beda platform, contohnya email utama gmail, email recovery yahoo mail.

 

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa Google mendeteksi 89% password menggunakan kode sandi yang lemah. Jika kebiasaan ini terus berlanjut maka penggunaan recovery email bukan menambah aman akun email , namaun malah akan menjadi masalah di kemudian hari. Beberapa kerugian yang bisa mengakibatkan hilangnya akun kita karena kecerobohan kita sendiri, salah satunya adalah tidak tahu manfaat dalam mengaktifkan email pemulihan, berikut diantaranya :


  1. Dengan recovery email akan menambah 2 kata sandi yang harus diingat yaitu kata sandi email utama dan kata sandi email recovery.
  2. Jika email recovery juga rentan dihacking, maka tidak ada gunanya membuat email recovery. Logikanya jika email recovery bisa menjadi email pemulihan beberapa akun utama, buat kata sandi yang lebih kuat, jika tidak hanya dengan membuka recovery email maka semua email utama milik Anda sudah ada di tangan hacker.
  3. Hanya sebaga jalan terakhir saja jika pemulihan akun melalui SMS dan verifikasi 2 langkah gagal.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannnya, hendaknya kita bisa memilah sisi baik dan buruknya untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kita sendiri apakah perlu atau tidak mengaktifkan email pemulihan.


Saya sendiri tidak pernah mengaktifkan email recovery, namun cenderung lebih memperkuat kode kata sandi dengan lebih memperbanyak karakternya dan menambahkan karakter spesial. Tidak hanya itu saya juga selalu mengganti kata sandi jika saya pernah melakukan aktifitas bloging setiap beberapa bulan sekali.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------