4 Smartphone NFC Termurah harga 1 Jutaan , Bisa Cek Saldo E-Toll Jadi Lebih Praktis

4 Smartphone NFC Termurah harga 1 Jutaan , Bisa Cek Saldo E-Toll Jadi Lebih Praktis

 Masih ribet dengan cara cek saldo E-Toll atau kartu eMoney Anda yang harus bolak balik ke ATM atau taping ke gate tol hanya untuk mengetahui jumlah saldo saja. Sementara tampaknya cara cek saldo melalui SMS juga sudah tidak berfungsi lagi di layanan Bank Mandiri.

Nah, cara paling praktis ssampai saat ini memang masih menggunakan Smartphone yang dilengkapi dengan Fitur NFC, karena saat ini sudah semakin banyak smartphone entry level yang sudah dilengkapi dengan NFC. Oleh karena itu sebelum membeli smartphone baru, alangkah baiknya pertimbangkan dulu ada atau tidak fitur NFC nya.

5 Smartphone NFC Termurah harga 1 Jutaan , Bisa Cek Saldo E-Toll Jadi Lebih Praktis


Apa itu NFC ?

 

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, sebuah komunikasi sistem yang dirancang dengan menghubungkan 2 perangkat melalui cara yang saling mendekatkan. Ada 2 macam perangkat yang kompatibel dengan NFC, yakni perangkat pasif dan aktif. Perangkat pasif misalnya kartu uang elektronik atau perangkat transmitter kecil lainnya yang hanya bisa mengirim informasi ke perangkat NFC lain tanpa membutuhkan daya. Perangkat jenis ini tidak perlu mengolah informasi yang diterima dari perangkat lain. Mereka juga bersifat dependen alias membutuhkan perangkat aktif untuk bisa terhubung. Sementara perangkat NFC aktif bisa mengirim maupun menerima data. Contoh paling umum adalah smartphone yang telah dilengkapi fitur NFC. Ada pula pembaca kartu yang tersedia di transportasi umum atau mesin pembayaran digital.

 

Apa kegunaan NFC  ?

 

Sebenarnya teknologi NFC tidak hanya diperuntukkan dalam pembayaran digital saja, tetapi juga bisa digunakan dalam kegiatan lainnya. Karena teknologi NFC juga bisa menggunakan jaringan LTE, WiFi atau jaringan lainya dengan cara saling mendekatkannya, maka beberapa aktifitas berikut bisa memanfaatkan NFC .

  1. Memindahkan data dari Smartphone ke komputer tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.
  2. Mengirim dan menerima nomor telepon.
  3. Menjalankan aplikasi di smartphone lain
  4. Membuka kunci pintu
 
Selain dari hal hal diatas, teknologi NFC sangat mungkin untuk dikembangkan lagi untuk didesign sedemikian rupa dalam kehidupan dan aktifitas sehari hari.


Nah, saya yakin sobat ngamen penasaran dengan fitur NFC di smartphone murah. Berikut setidaknya 4 Smartphone murah yang berfitur NFC :

1. Infinix Hot 11S NFC

Infinix Hot 11S NFC

 

 Infinix Hot 11S NFC bisa disebut sebagai ponsel untuk bermain game dengan harga 1 jutaan yang ditujukan untuk pengguna kelas menengah. Agar pengalaman bermain game di ponsel lebih mantap, Infinix hadir dengan chipset gaming kelas menengah terbaik dari MediaTek yang sudah mendukung refresh rate tinggi dengan layar yang maksimal, terutama untuk game bergenre FPS, yang pas saat memainkan game MOBA.  Spesifikasi Infinix Hot 11s NFC hadir dengan layar 6,78 inci yang beresolusi FHD+ dengan refresh rate 90Hz. OS yang disematkan yakni XOS 10 berbasis Android 11. Smartphone ini mempunyai baterai berkapasitas 5.000mAh dengan fast charging 18W. Selain itu juga berbekal jack headphone 3.5mm, NFC, dan sensor pemindai sidik jari di sisi bodi perangkat. Dari keterangan resminya, Infinix Hot 11S dijual dengan kisaran harga Rp1,949 juta untuk varian penyimpanan 4GB/64GB. Kemudian untuk kapasitas RAM 6GB/128GB, Hot 11S NFC dibanderol harga Rp2,249 juta.


2.  Samsung Galaxy J7 Pro (2017)


 

Smartphone kedua yang disematkan fitur NFC dengan harga 1 jutaan adalah Samsung Galaxy J7 Pro. walaupun tergolong samartphone lama, Samsung J7 Pro sudah dilengkapi dengan fitur NFC.  Pada sektor dapur pacu, smartphone ini memiliki spesifikasi yang sama dengan Samsung Galaxy J7 (2017) yakni menggunakan SoC octa-core buatan dari Samsung sendiri, yaitu Exynos 7870 octa-core 1,6 GHz Cortex-A53. RAM yang dimiliki pun sama, yaitu 3 GB dengan internal storage 32 GB. Jika memori tersebut dirasa kurang, pengguna masih bisa memperluasnya dengan menggunakan kartu MicroSD hingga 256 GB. Sedangkan untuk sistem operasi sudah menggunakan Android 7.0 Nougat. Spesifikasi ini tentu selaras dengan harga Samsung J Pro yang terjangkau.

Fitur bagus lainnya dari Samsung Galaxy J7 Pro yang dibekali baterai 3.600 mAh ini mempunyai slot khusus untuk kartu SIM dan memori SD. Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan kartu 2 kartu SIM dan kartu microSD dengan kapasitas maksimalnya. Samsung Galaxy J7 Pro ini memiliki kelengkapan lain seperti misalnya konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4+5GHz, Bluetooth v4.1, Wi-Fi Direct, ANT+, dan tentu saja fitur NFC.

Selain itu, tersedia dukungan untuk USB OTG (on the go) di Galaxy J7 Pro berarti pengguna dapat dengan mudah menghubungkan dan mentransfer data menggunakan USB flash drive melalui kabel OTG.


3. POCO M3


 

Dirilis November 2020, smartphone entry leveel ini juga sudah dilengkapi fitur NFC. POCO M3 berani mengusung prosesor Snapdragon 662 dari Qualcomm, chipset yang umum ditemui pada smartphone mid-range. Kecepatan clock maksimum mencapai 2.0GHz dan AI Engine generasi ke-3 akan memberikan performa komputasi AI yang jauh lebih baik.

Untuk mendukung performanya, POCO M3 dibekali RAM hingga 6GB dan memori penyimpanan internal hingga 128GB. RAMnya menggunakan memori LPDDR4X yang sangat baik dalam multitasking, sedangkan penyimpanan internal menggunakan UFS 2.2 untuk kemampuan baca data yang sangat cepat.Prosesor dan memori di atas tentu lebih dari cukup untuk mendukung keperluan kamu sehari-hari. Tersedia juga slot khusus agar kamu bisa memperluas kapasitas penyimpanan menggunakan microSD hingga 512GB.

 Sobat Ngamen bisa mendapatkan Poco M3 dengan harga Rp 1.799.000 untuk versi 4GB/64GB, dan untuk versi Poco M3 6GB/128GB di harga 2.199.000,- 

4. Infinix Hot 10S


 

Infinix termasuk smartphone yang sering menyematkan fitur NFC. Walaupun rilis lebih lama dari Infinix Hot 11S , Infinix 10S dihargai lebih murah. Dirilis April 2021, Infinix Hot10S dibekali dengan Processot MediaTek Helio G85. Chipset gaming kelas entry-level tersebut akan mendapatkan dukungan dari RAM berukuran 4GB atau 6GB yang bisa Anda pilih. Lengkap juga dengan dukungan memori internal antara 64GB dan 128GB. Layarnya yang berukuran 6,82 inci dipastikan bisa memberikan pengalaman bermain game dengan jangkauan luas. Sayangnya, layar Infinix Hot 10s ini hanya mampu menampilkan resolusi hingga 720 x 1640p saja. Panel LCD IPS yang digunakan juga masih ada di standar HP dengan harga Rp 1 jutaan.

Penggunaan NFC untuk cek saldo E-Toll cukup mudah. yang saya lakukan adalah menginstal aplikasi Shopee di Smartphone dan aktifkan fitur NFC di smartphone. Setelah itu dekatkan kartu E-Toll Anda Smartphone. JIka sudah terhubung, dilayar kan muncul tampilan plilihan aplikasi apa yang kan dipilih untuk cek saldo E-Toll, lalu pilih aplikasi Shopee. dan langsung muncul jumlah saldonya.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------

This Is The Newest Post