Mau Murah, Pasang CCTV Sendiri 8 Kamera Berkualitas Lengkap Dengan Perkiraan Biaya

Mau Murah, Pasang CCTV Sendiri 8 Kamera Berkualitas Lengkap Dengan Perkiraan Biaya

Pengalaman pertama memasang CCTV sendiri tanpa adanya konsultan maupun ahli bisa menjadi cara agar bisa memotong biaya pasang maupun instalasi CCTV yang ternyata lebih murah bahkan bisa sampai 50 %. Jika sobat Ngamen ingin mencoba memasang CCTV sendiri dengan menggunakan DVR (Digital Video Recorder) yang katanya ribet tapi ternyata setelah saya pasang langsung bisa live dan tidak ada kendala suatu apapun, berikut pengalaman saya selengkapnya.

Salah satu aspek penting dalam menjaga keamanan rumah adalah dengan melakukan pemasangan CCTV. CCTV adalah seperangkat alat yang berfungsi untuk memantau, mengawasai, segala aktifitas di lingkungan baik diluar maupun didalam ruangan melalui kamera pantau dan hasilnya bisa dilihat melalui sebuah layar monitor baik menggunakan monitor televisi maupun monitor komputer yang sudah dilengkapi dengan koneksi input AV, VGA maupun HDMI selama 24 jam 7 hari seminggu. 
 
Mau Murah, Pasang Dan Instalasi Sendiri CCTV Kabel 8 Kamera Berkualitas Lengkap Dengan Perkiraan Biaya

 

Tidak itu saja CCTV juga bisa merekam video sepanjang waktu tergantung seberapa besar fitur penyimpanan. Semakin besar storagenya, maka semakin lama video yang bisa di rekam didalam penyimpanan, demikian juga sebaliknya.

Jenis Jenis CCTV

 
Sebelum memutuskan untuk membeli CCTV di toko online, sebaiknya sobat harus mengetahui jenis jenis CCTV yang sesuai untuk kita gunakan di rumah kita. Setidaknya ada 2 jenis CCTV yang beredar di pasaran yaitu CCTV yang menggunakan DVR dan kebel penghubung dari kamera ke DVR dan CCTV tanpa kabel dan tanpa DVR. Jika sobat ingin menggunakan dalam jangka waktu lama dengan pemantauan maksimal, saya sarankan menggunakan CCTV yang dilengkapi dengan DVR walaupun harganya lebih mahal.

Kelebihan CCTV Kabel

 
Walaupun sama sama sudah dilengkapi dengan fitur yang sudah terhubung dengan ponsel pintar dan bisa dipantau secara real time, CCTV kabel mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dalam segi penyimpanan data recording karena jika kamera hilang atau dirusak pencuri, maka data rekaman tetap bisa di lihat karena yang rusak/ hilang hanyalah kameranya sedangkan isi rekaman tetap aman tersimpan di DVR. Lain halnya dengan CCTV tanpa kabel, bagi yang menginginkan kepraktisan, plug and play dengan harga murah memang CCTV tanpa kabel bisa menjadi pilihan. Namun media penyimpanan rekaman terletak dan menyatu dengan kamera membuat data rekaman rentan rusak dan hilang. Disamping itu penyimpanan yang hanya berbentuk SD Card kapasitasnya lebih kecil dibanding dengan penyimpanan berbentuk hardisk yang bisa sampai ratusan Gigabyte.

Langkah langkah menentukan pembelian CCTV yang akan dipasang sendiri

 
Nah, setelah mengetahui cara kerja CCTV, saatnya sobat untuk mengkalkulasi kebutuhan dengan dana yang tersedia, berikut langkah langkahnya :
  1. Tentukan berapa kamera/ channel yang akan rencananya akan dipasang. Jika dana Anda kurang dari 2 juta pasanglah 2- 4 kamera saja karena semakin banyak kamera yang akan dipasang maka akan menambah panjang kabel, membeli DVR dengan slot channel kamera yang lebih banyak sehingga tentu akan menambah biayanya.
  2. Tentukan merk CCTV yang berkualitas dan banyak tutorial pasangnya di Youtube. Di sini saya memilih kamera dan DVR bermerk HiLook, sebuah brand CCTV terkenal dibawah naungan Hikvision.
  3. Ukur kebutuhan panjang kabel sedetil mungkin karena jangan sampai ada sambungan kabel CCTV yang akan mengurangi kualitas video.
  4. Lakukan pembelian melalui toko dengan harga lebih murah dengan spesifikasi yang sama. Untuk cara yang satu ini sobat bisa membandingkan harga ditoko offline dengan toko online. Jika toko online lebih murah maka pilihlah toko online terpercaya dengan tingkat review yang bagus dan pelayanan yang baik. Saya sendiri membeli perangkat CCTV melalui beberapa toko online dengan pertimbangan diatas, pembelian tidak hanya pada satu toko online saja dan hasilnya alhamdulillah memuaskan.

Bahan bahan yang perlu disiapkan beserta kalkulasi harganya.

 
Setelah merencanakan segala sesuatunya, saatnya kita untuk action melakukan pembelian perangkat dan pendukungnya. Khusus harga jika melakukan pembelian online akan berbeda beda harga tergantung dimana domisili kita. Saya tinggal di Medan dan alhamdulillah biaya ongkir tidak semahal dengan kota kota yang lebih kecil diluar Jawa. 

Saya sendiri merencanakan pembelian CCTV 8 kamera sehingga rinciannya sebagai berikut :
  1.  DVR Hilook 8 channel berisi unit, kabel power, buku petunjuk dan mouse harga Rp 697.000 (sudah termasuk ongkir)
  2. Power Supply Hikvision 8 channel 1 unit, isi unit dan kabel power harga Rp 150.000 (sudah ongkir)
  3. Kamera Hikvision Indoor 2 unit harga per unit Rp 149.000,-, total harga Rp 298.000 (sudah ongkir)
  4. Kamera Hikvision Outdoor 6 unit harga per unit Rp 159.000, total harga Rp 936.000 (sudah ongkir)
  5. Hardisk CCTV 500 GB harga Rp 400.000 (sudah ongkir)
  6. Kabel Coaxial RG-59 SIAMESE   panjang 100 meter, total harga Rp 360.000 (sudah ongkir)
  7. BNC Connector  20 buah, perbiji harganya  Rp 3.750 total harga Rp 75.000
  8. DC  Plug Connector Male 10 buah per biji harganya  Rp 1.750 , total harga Rp 17.500
  9. Isolasi untuk perekat sambungan harga Rp 8.000
Dari keseluruhan total harga peralatan CCTV yang saya beli adalah Rp 2.941.500.

Cara Instalasi / memasang CCTV

 
Bagi orang awam memasang CCTV butuh referensi sebanyak mungkin tutorial pendukung dalam pemasangannya. Youtube bisa menjadi pilihan informasi untuk melakukan instalasi CCTV ini, dan sejauh ini tidak ada masalah. Secara umum cara pemasangan CCTV adalah sebagai berikut :
  1. Tentukan posisi DVR dan posisi kamera masing masing
  2. Pasang kabel yang menghubungkan DVR dan masing masing kamera jika ada 8 kamera  berarti 8 kabel yang menghubungkannya.
  3. Pasang konektornya pada masing masing ujung kabel C59 ini. Dalam setiap kabel terdapat 2 jenis isi kabel. Satu bagian berisi kabel yang mentransfer sinyal video dari kamera ke DVR dan satu bagian lagi berisi 2 kabel kecil berwarna merah dan hitam berguna untuk mentransfer daya DC dari power supply ke kamera. Sedangkan untuk pemasangan kabel daya kamera intinya tidak boleh terbalik. Kabel yang berwarna merah adalah positif dan yang berwarna hitam adalah negatif.
  4. Sebelum menghidupkan DVR pasang hardisknya ke DVR.
  5. Hidupkan DVR dan lakukan setting jika pertama kali menghidupkannya seperti setting  Bahasa, Jam, Format Hardisk, Password, dan lain lain.
Nah, untuk memperjelas tutorialnya sobat bisa mengunjungi link ini, dan silahkan bersiap untuk memasang CCTV sendiri.

Dari uraian diatas jelas bahwa memasang CCTV 8 Channel sendiri mempunyai keuntungan menghemat biaya pasang jika jasa pasang CCTV mematok harga 8 kamera seharga  4 jutaan bahkan lebih.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------