Cara Mengendalikan Perintah Suara Bahasa Indonesia Smart TV LG Dari Smartphone

Cara Mengendalikan Perintah Suara Bahasa Indonesia Smart TV LG Dari Smartphone

 Voice Remote atau perintah suara di TV LG biasanya hanya bisa dilakukan melalui magic remote yang ketika kita membeli smart TV LG sudah disertakan didalamnya. Namun taukah Anda kalau Smart TV LG Anda bisa juga dikendalikan melalui perintah suara dari HP milik Anda melalui jaringan internet. Namun perlu diingat bahwa HP dan Smart TV Anda harus dalam jaringan yang sama. Penasaran ? Nah, untuk selengkapnya sobat Ngamen bisa mengikuti tutorial berikut ini.


Smart TV atau TV Pintar saat ini sudah menjadi tren baru di dunia teknologi pertelevisian. Disaat teknologi informasi yang menggaungkan internet merambah ke berbagai perangkat, teknologi televisi tidak mau ketinggalan. Kalau dulu kita menonton menggunakan TV biasa hanya mendapatkan gambar dan suara melalui sambungan antenna UHF saja, namun dengan dengan Smart TV Anda tidak mendapatkan seperti TV biasa namun juga sobat bisa mendapatkan banyak fitur dari televisi yang sudah berbasiskan internet seperti menonton Youtube, mendengarkan musik online, bermain games online dan berbagai hal lainnya yang tidak bisa didapatkan dari TV biasa.

Cara Mengendalikan Perintah Suara Bahasa Indonesia Smart TV LG Dari HP


 LG sebagai salah satu brand televisi yang populer di Indonesia juga tidak ketinggalan dengan teknologi Smart TV. kalau beberapa waktu lalu saya pernah mengulas tentang teknologi perangkat lunak WebOS yang disematkan didalamnya, kali ini saya akan mengulas tentang teknologi perintah suara untuk mengendalikan smart TV.

 

Mengenal Perkembangan Voice Remote control

 

Perkembangan voice control dipelopori dengan diciptakannya Google Voice Search untuk iPhone pada tahun 2008. Sekarang Google Voice Search berubah menjadi Google Assistant. Google Assistant pun menjadi aplikasi voice control yang lengkap bagi pengguna Android. Tiga tahun setelahnya, Apple memperkenalkan Siri, asisten virtual yang dapat digunakan untuk mengoperasikan device iPhone dan aplikasi-aplikasinya. Tahun 2014, Amazon mengeluarkan Alexa yang pertama kali digunakan di Amazon Echo and Amazon Echo Dot smart speakers.

Kehadiran sistem voice control ini sangat menguntungkan dalam berbagai aspek. Pertama, voice control membuat pekerjaan yang kita lakukan lebih efisien. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Kedua, voice recognition berguna untuk mengkoordinasikan perangkat-perangkat IoT. Asisten virtual yang biasa digunakan adalah Google Home dan Amazon Echo yang dapat digunakan untuk mengatur smart homes. Berikutnya, voice control dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan. Contohnya, membuat password yang harus diucapkan oleh sesorang tertentu. Voice control dapat menjadi sistem keamanan yang lebih baik daripada jenis password lainnya.

Namun, pada penggunaannya ada beberapa kelemahan dari voice control. Tidak semua kata dapat dimengerti oleh aplikasi speech recognition secara akurat. Selain itu, jika berada ditempat yang ramai, voice control belum tentu dapat mengerti apa yang kita ucapkan. Keterbatasan kosa kata yang dimengerti oleh perangkat voice control juga menjadi sebuah masalah.Walaupun membantu dalam kehidupan sehari-hari, tetap ada beberapa hal yang memang lebih baik dilakukan secara manual, karena selalu ada kemungkinan aplikasi voice control tidak menginterpretasikan dengan benar. 

Penerapan voice control saat ini juga sudah merambah keberbagai perangkat seperti baru baru ini Wuling memperkenalkan teknologi pengontrolan suara di produk mobilnya dengan nama WIND (Wuling Indonesian command). Demikian juga dalam pengaplikasian melalui teknologi IoT (Internet of Things) di perangkat smarthome seperti TV, AC, Kulkas, mesin cuci dan lain lain.

 

Voice Control Di Smart TV LG

 

Pengendali perintah suara di smart TV termasuk TV LG terletak di remote controlnya. Kalau biasanya remote TV yang kita gunakan untuk mengubah channel, membesarkan suara, mengecilkan suara, melakukan settingan fitur dilakukan dengan menekan tombol tombol yang tersedia, dengan voice control pengguna hanya dengan perintah suara saja TV sudah menjalankan perintahnya. Ada mic kecil dijung remote yang berfungsi sebagai detektor suara yang terhubung dengan jaringan internet untuk dianalisis dan hasilnya bisa dimengerti oleh televisi. Tak usah khawatir, saat ini bahasa Indonesia sudah mendukung voice remote sehingga bagi yang tidak mengerti bahasa Inggeris sudah bisa melakukan perintah menggunakan bahasa Indonesia. beberapa contoh voice control yang pernah saya coba melalui perintah suara seperti untuk mengubah channel bisa kita sebut stasiunnya atau bisa kita sebut nomornya seperti kita sebut "ANTV" atau "program 820", jika ANTV di channel nomor 820. Namun jika tidak bisa mendeteksi atau mengenal perintah suara dia akan memberi tahu kalau tidak mengenal perintah kita. Namun sobat harus membedakannya dengan jika TV tidak mampu mendeteksi pengenalan perintah suara karena ketiadaan jaringan internetnya.


HP sebagai Voice Remote Control Smart TV LG

 

Bagi sobat Ngamen yang di smart TV LGnya tidak dilengkapi dengan magic remote seperti TV saya, sobat bisa membeli Magic remote LG di toko online harganya Rp 150 ribuan, namun jika sobat ingin menggunakan HP sebagi voice remote caranya sangat mudah. Berikut tutorialnya :

1. Pastikan TV dan HP terhubung dengan internet dalam 1 jaringan wifi. Misalnya sobat bikin hotspot dari HP dan sambungkan ke internet TV, atau TV dan HP tersambung dengan jaringan wifi rumah yang sama.

2. Install Aplikasi LG ThinQ di Smartphone sobat.

3. Buat akun LG di aplikasi tersebu dan Login.

4. Klik tambahkan perangkat.


 

5. Pilih perangkat


 

6. Klik berikutnya

7. Perangkat LG TV akan tersabung secara otomatis.

5. Nah, sekarang coba lakukan perintah suara dengan mengucapkan sesuatu seperti RCTI misalnya, maka jika berhasil akan berpindah channel ke RCTI, atau ucapkan "Youtube" misalnya TV akan menuju ke aplikasi Youtube. dan ucapkan program apa yang akan Anda tonton di Youtube.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------