Mengenal WebOS Terbaru di Smart TV LG 50UN7200

Mengenal WebOS Terbaru di Smart TV LG 50UN7200

 WebOS merupakan sistem operasi smart TV LG yang terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan teknologi perangkat lunak  pertevisian masa kini. Informasi terbaru WebOS sudah mengupdate verisnya di 5.0 dan salah satu type Smart TV LG yang mendapatkan perangkat lunaknya adalah type 50UN7200. Diartikel kali ini saya akan berbagi menu menu utama yang ada di perangkat lunak WebOS 5.0.

Mengenal WebOS 5.0 di Smart TV LG 50UN7200


Ketika kita membeli Smart TV , kita sudah membayangkan bahwa, type dengan teknologi baru ini berbeda dengan TV biasa. Perbedaannya tidak hanya pada kejelasan gambar maupun suara saja namun ada satu perangkat yang dirancang untuk mengorganisir perangkat ini semua dalam satu software. Sama seperti ketika kita membeli laptop, kita tidak hanya mempelajari spesifikasi laptop seperti layar, processor, atau RAM saja namun kita juga harus mempelajari cara mengoperasikannya melalui sistem operasi Windows 10 misalnya.


Untuk memahami perangkat WebOS versi 5 sebenarnya tidak sulit, bahkan menurut saya lebih mudah navigasinya dibanding dengan WebOS sebelumnya. Setidaknya ada 4 bagian penting yang perlu kita ketahui dalam WebOS ini :


1. Menu aplikasi yang sudah didownload


Menu tampilannya ketika Anda menekan tombol home pada remote maka akan muncul deretan menu aplikasi yang sudah terdownload dibagian bawah layar dan memanjang kekanan. Jika aplikasi terlalu banyak yang didownload jika akan memilih yang sebelah kanan harus scroll sampai dapat menunya. Diantara deretan aplikasi yang sudah diinstal, ada 2 aplikasi yang bisa langsung sekali klik dari remote yaitu Netflix dan Amazon Prime Video.


2. Menu LG Content


LG Content fungsinya sama dengan playstore atau biasa di Windows namanya Windows Store yaitu tempat mendownload aplikasi yang kita inginkan. Tips dari saya pilihlah aplikasi yang memang bermanfaat untuk didownload atau coba coba dulu jika tidak bermanfaat bisa dihapus. Kenapa demikian ?, karena kapasitas penyimpanan internal aplikasi cuma disediakan 2 GB, sehingga jika kita menginstal aplikasi tanpa menghiraukan kapasitasnya bisa saja cepat penuh. LG Content tidak sulit menemukannya yaitu dibagian sebelah kanan dari deretan menu.


3. Menu Pengaturan


Menu pengaturan letaknya paling kanan dari deretan menu. Didalam menu pengaturan terdiri dari pengaturan suara, pengaturan gambar, koneksi internet, pengaturan timer, dan pengaturan umum seperti waktu, penggunaan bahasa dan lain lain. Namun jika sobat ingin menampilkan semua menu pengaturan Klik Semua pengaturan dan disama akan tampil semuanya , saya sering  klik pilihan aini agar lebih cepat melakukan setting yang kita inginkan.


4. Menu Home Dasboard


Untuk meu terakhir yang perlu kita tahu adalah Home Dashboard. Home dashboard sebenarnya fungsinya juga pengaturan sekaligus pendeteksi terutama untuk koneksi input, output dan fitur lainnya yang sudah disupport dengan kecerdasan buatan ala LG yang disebut dengan AIThinQ. Dldalamnya selain deteksi konektor HDMI, juga Sound Share, Airplay, Conector USB, bahkan juga dilengkapi dengan koneksi pengaturan perangkat home aplicance LG lainnya seperti AC, Kulkas, mesin cuci dan lain lain. 


Untuk lebih memudahkan memahami menu tampilannya diatas sudah saya sediakan panduannya berbentuk video silahkan dicoba :





Tidak sulit uutuk memahami sendiri WebOS 5.0 ini. Sambil berjalannya waktu sobat bisa menggunakan tombol remote untuk menjelajahi satu persatu menu yang ada di LG smart TV. JIka merasa bingung dengan tampilan menu sobat tidak usah klik selanjutnya, usahan untuk klik tombol back di remote untuk kembali ke tampilan sebelumnya. Demikian ulasan WebOS 5 di TV Smart LG kali ini semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------