Cara Mencari Program Siaran TV Digital Di Smart TV LG 50UN7200

Cara Mencari Program Siaran TV Digital Di Smart TV LG 50UN7200

 Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa diakhir tahun 2022 pemerintah akan mematikan (switch off) siaran televisi analog, yaitu televisi yang biasa kita tonton sekarang ini sesuai undang undang Omnibus Law. 


Program analog switch off disatu sisi bisa mengkatkan kualitas menonton televisi . Selain gambar lebih jernih juga variasi siaran juga lebih banyak dengan hanya menggunakan antenna UHF biasa. Artinya kita tidak lagi mengganti antena baru. Selain itu keuntungan lainnya adalah siaran digital sama sekali tidak membutuhkan jaringan internet seperti streaming tv atau iptv. Namun ada hal yang harus mengeluarkan biaya yaitu dengan membeli set top box atau receiver siaran digital nya. Pemerintah juga peka melihat situasi ini sehingga nantinya bagi 7 juta masyarakat miskin akan mendapatkan set top box gratis diseluruh Indonesia. 


Cara Mencari Program Siaran TV Digital Di Smart TV LG 50UN7200



Bagi Anda momen tv digital bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengganti tv baru jika tivi lama anda sudah sangat jadul dan memakan banayak daya seperti tv tabung yang sudah tidak alyak pakai. Artinya mengganti televisi atau menambah perangkat set top box di perangkat televisi lama Anda bisa menjadi salah satu dari dua pilihan jika Anda ingin menonton TV digital. Jika pilihan Anda jatuh pada mengganti televisi lama berarti Anda harus mencari pesawat televisi baru yang support TV digital tanpa membeli perangkat tambahan. Salah satu televisi terkini yang sudah support TV digital (DVBT2) adalah Smart TV LG dengan type 50UN7200.


50UN7200 adalah jenis smart tv dengan keluaran terbaru tahun 2020 yang sudah uhdtv. 4K. Dengan mengusung nama besar LG, TV dengan lebar layar 50 inch inii juga sudah mengusung WebOS terbaru yaitu seri 5.0.


Mencari siaran di tv digital adalah langkah pertama jika kita ingin menonton tv di smart tv. Namun sebelumnya pastikan port antenna sudah tercolok dan sudah mengarah semaksimal mungkin untuk mendeteksi siaran.


Untuk mencari siaran tv digital di Smart TV 50UN7200 ini sangat mudah bahkan siaran ini sekaligus bisa memindai siaran analog tanpa bolak balik scan. Berikut caranya :


  1. Klik tombol Home dari remote, setelah muncul deretan menu TV dibagian bawah, geser kebagian paling kanan di menu pengaturan.
  2. Setelah klik menu pengaturan, pilih pilih tombol semua pengaturan. Klik Program .Klik Pencarian Program, Klik Pencarian program otomatis 
  3.  Pada menu berikutnya ada pilihan memakai tanda centang pencarian  hanya digital atau tanpa centang. Jika kita ingin mencari semua siaran baik digital maupin analog, tidak usah untuk memberi tanda centang pada "Hanya pencarian digital". Disini secara otomatis tv akan mencari semua siaran yang terdeteksi di daerah Anda.
  4. Setelah itu tunggu sampai selesai memindai (100 persen) dan klik selesai. Maka semua siaran televisi siap ditonton termasuk tv digital.


Disarankan saat ini sobat paling tidak sebulan sekali melakukan scanning siaran untuk melihat apakah ada update siaran digital baru diwilayah Anda.


Untuk mengetahui cara yang lebih lengkap mencari siaran digital di televisi 50 Un7200 silahkan ditonton video. tutorialnya diatas ::





Di daerah saya di Medan Utara sampai artikel ini ditulis update terbaru siaran digital sudah mendeteksi 20 siaran termasuk beberapa yang siaran percobaan dan 1 test card. Sepertinya masih menunggu siaran MNC group dan Net TV yang masih belum mengudara.


Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------