Review Wifi USB Modem LTE 4G AccessGO DM001

Review Wifi USB Modem LTE 4G AccessGO DM001

 Modem USB yang dilengkapi dengan Wifi Hotspot adalah solusi terbaik saat ini untuk memenuhi kebutuhan device jaringan internet yang murah dengan fitur kecepatan yang sudah bisa menyamai wifi router yang harganya lebih mahal. Hanya dengan setting sederhana dan langsung dicolok pada USB charger HP dengan dilengkapi kartu SIM yang mendukung, otomatis jaringan wifi internet sudah bisa digunakan layaknya kita mengakses wifi dari router mahal seperti jaringan optik seperti Indihome atau lainnya. Selain itu USB modem yang dilengkapi dengan wifi ini praktis dan bisa dibawa kemana saja tanpa selagi masih ada jaringan di kartu sim hanya dengan mencolokkan pada USB di Power Bank.

Review Wifi USB Modem LTE 4G AccessGO DM001


Untuk memilih Wifi USB Modem sebenarnya gampang gampamg susah. Hal ini disebabkan karena banyak keluhan keluhan pengguna modem ini seperti yang paling sering terjadi adalah cepat panas, restart sendiri dan jaringan yang lambat. Salah satu penyebab masalah masalah diatas adalah merk Modem. Dari sekian banyak merk modem akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Wifi USB Modem AccessGo type DM001 yang akan saya review kali ini.

Berikut review selengkapnya :


1. Suhu relatif tidak panas. 


Seperti yang saya sampaikan diawal tulisan ini bahwa salah satu pertimbangan utama untuk memilih modem adalah tidak cepat panas. Modem 4G AccessGo DM menurut saya sudah memenuhi kriteria sebagai modem tidak cepat panas dengan catatan. Catatannya adalah jangan mencolokkan modem di charger dengan kuat arus output yang melebihi kebutuhannya. Saya menggunakan charger HP Xiaomi dengan output kuat arus charger 1000mA (1 Ampere). Selain itu untuk menghindari modem restart sendiri tegangan inputnya harus stabil dan minimal 170 Volt. jika dibawah tegangan tersebut modem akan mati/ restart  dan tidak memancarkan sinyal wifi. Solusinya adalah gunakan stabilizer tegangan agar sinyal juga stabil.


2. Cocok untuk mobilitas tinggi


Tidak seperti router, usb wifi modem punya lelebihan bagi kita yang mobilitasnya tinggi. Anda bisa colokkan ke USB dengan power bank dan langsung bisa digunakan. Bisa juga sobat colokkan di usb port yang tersedia di mobil, motor atau dimana saja untuk mendapatkan dayanya. Namun ingat bahwa modem ini tidak dilengkapi dengan komponen  filter daya yang bagus seperti router, maka anda harus sesekali cek apakah modem cepat panas atau tidak.Jika cepat panas maka output usb bisa jadi punya kekuatan daya yang melebihi kebutuhan modem. Jika terjadi demikian jangan ditunggu cepat modem cabut dari colokan USB.


3. Mudah digunakan


Tidak sulit untuk menggunakan modem USB  Cukup pasang kartu SIM ke slot tempat kartunya, Kemudian untuk mensetting pertama kali colokkan di laptop atau desktop dan instal file installernya yang sudah disertakan langsung didalamnya tinggal klik saja. Dan setelah diinstal lakukan pengecekan apakah jaringan sudah muncul. Jika sudah tinggal konfigurasi profil dan pastikan sesuaikan dengan APN pada kartu kita. Biasanya muncul otomatis dan kita tinggal save saja. Setelah wifi memancar tinggal konfigurasi nama wifi dan password. Password default adalah 1234567890. Anda bisa mengganti password sesuai keinginan melalui browser dengan akses ip: 192.168.100.1 dan untuk username dan passwordnya adalah admin. Setelah ini USB modem siap digunakan. Tutorial selengkapnya akan saya bagikan dalam artikel yang terpisah.



4. Jaringan lengkap (Wifi + Support kartu SIM All Operator)


Pernahkan Anda membeli modem Wifi milik salah satu provider internet kemudian diroot sehingga bisa digunakan untuk semua kartu ? Nah, Wifi USB modem AccessGo , saat Anda membeli baru, modem ini bukan berasal dari satu merk punya Telkomsel atau lainnya sehingga langsung bisa digunakan untuk semua kartu SIM seperti Simpati, Tri, XL, Indosat dan lain lain. Saya sendiri menggunakan kartu tri dan hasilnya sangat memuaskan untuk akses smart TV.


5. Koneksi client maximal 10 user


Biasanya untuk sekelas mifi, pengguna hanya dibatasi maximal sampai 5 saja. Namun USB Modem LTE 4G AccessGo ini bisa sampai 10 pengguna. Namun demikian banyak sedikitnya jumlah pengguna sesuaikan dengan kecepatan akses kartu. Jika speedtest kartu hanya 4-5 mbps sebaiknya batasi pengguna sampai 5 saja, jika sampai 10mbps bisa sampai 10 pengguna, demi kenyamanan akses pengguna agar tidak terlalu lambat minimal 1 mbps per user..



6. Kecepatan max 500mbps



Kelebihan modem yang satu inilah mungkin penyebab modem tidak terlalu panas. Penggunaan chip untuk kecepatan internetnya tidak sampai 10 persen yang digunakan. Sampai saat ini tidak ada kartu Internet yang punya kecepatan akses datanya sampai 500 mbps. Namun demikian kecepatan modem ini tidak hanya berlaku untuk kases internet saja . Kadang kita ingin transfer data melalui wifi atau lainnya dari satu device kedevice lainnya tanpa menggunakan jaringan internet. Dengan kecepatan maximal 500mbps maka akan mempercepat pekerjaan kita memindahkan data atau bahkan download data.


7. Dilengkapi microSD


Berbeda dengan seri USB Wifi Modem AccessGo DM002 yang tidak disertai slot Micro SD, seri 001 punya slot SD yang berfungsi untuk penyimpanan melalui USB layaknya flashdisk.


8. Sinyal relatif bagus dan stabil


Saya sendiri saat menggunakan wifi usb modem ini cukup dengan mencolokkan disudut ruangan dengan hanya meletakknya saya colokkan di stabilizer yang letaknya hanya 3-4 cm dari lantai saja. Ternyata sensitivitas sinyal 4G nya tetap tinggi dan kecepatan aksesnya juga tetap stabil namun sekali lagi catatan seperti pada tulisan saya bagian atas untuk mendapat sinyal stabil, mohon perhatikan daya output modem juga diperhatikan sesuai dengan kebutuhannya.


9. Bisa menjadi dongle



Tidak hanya berfungsi sebagai hotspot wifi, modem ini juga bisa berfungsi sebagai modem jaman dulu yang bisa digunakan untuk akses internet di laptop atau PC dengan mencolokkannya di USB, Caranya pilih profile dulu dengan mencentang sebagai dongle yang diaktifkan dan setelah mengkonfigurasinya tinggal menghubungkan dengan laptop dan klik CONNECT.

10. Ada fitur kunci jaringan 4G


Jika Anda menginginkan jaringan 4G tetap on dan tidak diganggu dengan 3G anda bisa pilih settingannya dengan 4G only. Ada keuntungan dan kerugiannya jika kita mengunci maupun membuka kuncinya masing masing. Namun dengan mengunci jaringan ini tergantung kebutuhan sobat semua. Jika di daerah Anda masih lemah sinyal 4G dan sering turun ke sinyal 3G alangkah baiknya buka kuncinya dengan memilih AUTO (jika 4G mati maka otomatis jaringan akan ke 3G) walaupun ada penurunan kecepatan. Namun bila didaerah Anda terjangkau dengan sinya 4G yang kuat alangkah baiknya pilih jaringan dengan 4G only saja agar kecepatannya stabil.


11. Harga Murah 


Saya membeli Modem Wifi USB merk AccessGo ini di toko online dengan harga Rp 298.000 dan malah mendapatkan Cashback dan cukup saya bayar Rp 265.000 saja. Dan ongkos kirim gratis.



Untuk kekurangannya menurut saya masih standar dengan harganya yang murah. Berikut diantaranya sesuai pengalaman saya ::



Fitur keamanan yang masih kurang


Saya terkejut ketika laptop Windows 10 saya hubungkan dengan jaringan dari modem wifi ini, muncul peringatan seperti ini :

 

Review Wifi USB Modem LTE 4G AccessGO DM001

Maksudnya kira kira jaringan wifi ini masih menggunakan standar keamanan model lama sehingga jaringan wifinya mudah di hack passwordnya oleh pengguna lainnya.


Sering jaringan putus dan restart sendiri jika daya inputnya dibawah 170 volt.


Untuk kekurangan yang ini sudah saya jelaskan diatas bahwa catra mengatasinya dengan memnerikan kebutuhan dayanya 180 - 200 volt dengan output kuat arusmya 1000 mA (1 Ampere).


Tertarik ingin membeli modem ini ?,  saya sarankan untuk mencari di toko online untuk mendapatkan harga lebih murah dengan garansi toko 1 minggu.


Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------