Cara Menggunakan Modem USB Wifi  Hotspot

Cara Menggunakan Modem USB Wifi Hotspot

 Modem wifi USB sebenarnya adalah perkembangan dari modem USB biasa yang sering digunakan dengan mencolokkan usbnya ke port USB di laptop atau PC. Namun modem ini disertai dengan fitur hotspot wifi yang dipancarkan disaat modem dicolokkan ke daya. Modem USB yang disertai hotspot ini banyak menjadi pilihan disaat pengguna internet semakin bertambah apalagi disaat pandemi Covid19 ini. Salah satu penyebabnya adalah karena harganya yang murah jika dibandingkan dengan wifi router namun punya fungsi yang sama.


Cara Menggunakan Modem USB Wifi  Hotspot



Saat membeli modem wifi USB ini sebaiknya disertai dengan petunjuk penggunaan karena masing masing merk modem punya username dan password default yang berbeda beda untuk masuk ke pengaturannya. Bahkan jika Anda membeli modem wifi hasil dari unlock modem Telkomsel maun Blolt misalnya, walaupun bekas pakai tetap minta username dan password untuk bisa melakukan setting konfigurasinya.


Langkah langkah penggunaan modem seperti yang ada pada petunjuk penggunaan modem secara umum dibawah ini berlaku untuk berbagai merk modem :



1. Instal aplikasi modem di laptop


Aplikasi modem untuk saat ini sudah tidak lagi disertakan CD instalernya seperti dulu. Biasanya installer sudah disertakan didalam modem. Cara mendapatkannya cukup colok modem di laptop dan lihat drive yang terdeteksi lalu klik drive tersebut maka akan muncul aplikasi nya. Klik kanan file setup > Run As Administrator > Pilih Bahasa> Next > sampai beberapa kali > Finish


Cara Menggunakan Modem USB Wifi  Hotspot


2. Konfigurasi profil, APN, jaringan 4G/3G


Yang pertama adalah konfigurasi APN untuk kartu, saya menggunakan kartu Tri dan caranya Klik Setting, Jika langsung terdeteksi jaringan saat pertama kali hidup berarti sudah otomatis, namun jika belum terdeteksi jaringan Klik New > Masukkan Username, Password, APN (masing masing kartu bisa dicari username apnnya contohnya untuk kartu 3 seperti pada settingan gambar dibawah ini> OK


Cara Menggunakan Modem USB Wifi  Hotspot

Setting berikutnya adalah settingan jaringan, Tips dari saya pilihlah jaringan 4G Only jika dika di wilayah Anda jaringan 4G nya kuat, namun jika lemah pilihlah auto agar jika jaringan 4G hilang otomatis akan berganti 3G. caranya Klik Network> Pilih jaringan LTE Only atau Auto 


Cara Menggunakan Modem USB Wifi  Hotspot


3. Konfigurasi WiFi


Untuk setting wifi harus  masuk / login dari web (Google Chrome), dan dimasing masing modem punya ip adress masing masing. Ketikkanlah ip address di adres bar browser lalu lobin. biasanya untuk default loginya username admin dan password admin. namun untuk lebih jelasnya sobat ngamen lihat di bodt modem masing masing disitu ada ip address, username dan passwordnya.


Cara Menggunakan Modem USB Wifi  Hotspot

Setelah login langkah berikutnya setting nama wifi hotspot dan passwordnya. Cara settingnya Nama Wifi adalah Wifi Setting > Network Name (SSID) (Isi dengan nama hotspot yang diinginkan). Sedangkan untuk setting password pilih Wifi Setting> Pass Phrase (isi dengan password)

Setting Nama hotspot :


Cara Menggunakan Modem USB Wifi  Hotspot


Setting Password hotspot :


Cara Menggunakan Modem USB Wifi  Hotspot

Setelah selesai klik Apply.


Demikian secara umum cara setting modem USB wifi. walaupun ada beberaa perbedaan tampilan interfacenya pada intinya bagian bagian diatas yang diubah. Untuk pengaturan lainnya jika sobat tidak mengetahui persis jangan diubah ubah agar hotspot tidak terlock atau salah pengaturan. Demikian semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------