QA : 10 Pertanyaan Paling Umum Tentang TV Digital

QA : 10 Pertanyaan Paling Umum Tentang TV Digital

Semakin mendekati suntik mati siaran analog (ASO) yang kabarnya pada 17 Agustus 2021 untuk tahap pertama, semakin banyak pertanyaan tentang TV digital. Memahami seluk beluk TV digital mulai dari perangkat perangkat yang dibutuhkan, cara menonton, cara instalasi dan hal hal lain yang, sangat dicari oleh netizen agar nantinya bisa memahami tv digital dengan benar.

QA : 10 Pertanyaan Paling Umum Tentang TV Digital



Melalui artikel kali ini blog ngamen akan merangkum 10 pertanyaan netizen yang paling umum atau setidaknya belum sama sekali memahami tv digital, tujuannya selain untuk pencerahan juga untuk memahami agar tidak keliru menanggapi program pemerintah ini misalnya hoax yang simpang siur seperti tv digital membutuhkan biaya besar, perlakuan khusus ,setting yang rumit dan lain lain. Berikut diantaranya :

Q : Apa itu TV Digital ?
A : Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data.

Q : Apa kelebihan TV Digital ?
A : Beberapa kelebihan siaran televisi digital, menurut Oktariza dkk (2015), adalah: 1) Kualitas siaran yang lebih stabil dan tahan terhadap gangguan (interferensi, suara dan/atau gambar rusak, berbayang, dsb). 2) Memungkinkan siaran dengan resolusi HDTV secara lebih efisien. 3) Kemampuan penyiaran multichannel dan multiprogram dengan pemakaian kanal frekuensi yang lebih efisien. 4) Kemampuan transmisi audio, video, serta data sekaligus.

Q : Apa kekurangan TV Digital ?
A : Sebenarnya hampir tidak ada kekurangannya selain butuh membeli peralaan set top box. Jika gambar yang putus putus, channel yang muncul dan hilang selama ini karena masing masing stasiun siaran masih melakukan percobaan. Toh jika siaran digital sobat hilang atau terganggu masih bisa menontonnya di siaran analog. Karena sampai dengan batas tanggal suntik mati bulan November 2021 nanti seluruh siaran digital masih bersifat simulcast yaitu melakukan siaran dengan format analog dan dihital.

Q : Apakah nonton TV Digital bisa menggunakan TV Biasa ?
A: Iya, TV digital bisa ditonton menggunakan TV yang selama ini sobat gunakan baik TV tabung atau TV LCD/LED dengan menambah peralatan set top box DVBT2
.
Q : Bagaimana cara menonton TV Digital ?
A : Setelah terpasang set top box dengan benar, sobat bisa langsung scan program acara tv digital secara otomatis, masing masing set top box punya cara berbeda beda untuk setting program otomatis.  tunggu scan sampai selesai dan anda siap nonton channel yang telah mengudara di daerah Anda.
 
Q : Apakah Nonton TV Digital bisa menggunakan antena biasa ?
A : Bisa yang penting antena UHF.
 
Q :Apakah Nonton tv digital gratis ?
A :Tentu saja gratis..tis ..tis. TV digital bukan tv streaming, bukan tv kabel berlangganan, bukan tv satelit yang menggunakan parabola berbiaya mahal. Cukup beli set top box dipasang dengan benar sobat bisa nonton tv digital gratis selamanya.
 
Q : Apakah Nonton tv digital memerlukan jaringan internet ?
A: Tidak, tv digital tidak membutuhkan internet.
 
Q : Apa saja yang diperlukan untuk nonton TV digital ?
A : Hanya set top box saja selebihnya jika masih normal seperti antennanya tidak perlu dibeli.
 
Q :  Mana lebih bagus beli set top box atau beli tv yang sudah dilengkapi tv digital sekalian ?
A : Tergantung keuangan sobat ngamen, jika punya uang lebih bisa membeli tv yang ada fitur digitalnya seperti LG50UN7200, namun jika tidak ada cukup membeli set top box nya saja.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------

This Is The Newest Post