Cara Menonton Siaran TV Digital Dengan Antena UHF

Cara Menonton Siaran TV Digital Dengan Antena UHF

 Sebenarnya judul artikel cara menonton siaran TV digital dengan menggunakan antena uhf ini sebagai bentuk ketidaktahuan seluk beluk tentang penggunaan antena UHF. Pertanyaan yang sering terdengar adalah apakah antena biasa atau antena UHF bisa digunakan untuk mendapatkan siaran TV digital ? jawabnya adalah tentu saja bisa. Alasannya adalah gelombang siaran TV (baik analog nmaupun digital) masih terjangkau oleh antena UHF.

 

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa


Biar tidak membingungkan bagi kita yang belum mengetahuinya kira kira penjelasannya seperti ini. antena UHF (Ultra High Frequency) atau antena biasa dirancang untuk bisa menangkap gelombang elektromagnetik dengan frekuensi antara 300 MHz sampai 3000 MHz ( 3GHz). Sementara sesuai dengan peraturan Menkominfo No. 23/PER/M.KOMINFO/11/2011 Bab 2 Pasal 2 bahwa pita frekwensi radio (gelombang elektromagnetik) untuk keperluan penyiaran televisi siaran Digital terestrial adalah hanya antara 478 - 694 MHz. Jadi kesimpulannya Antenna UHF atau antenna biasa tentu saja masih dalam jangkauan range yang bisa menangkap frekuensi siaran digital. Jadi tidak perlu khawatir mengganti antenna baru atau antenna khusus untuk menangkap siaran TV digital.

 


Dari penjelasan ini tentu judul yang tertulis diatas sudah 50% terjawab. Nah, lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa mendapatkan siaran TV digital  kalau antenna biasa bisa digunakan untuk menangkap siaran digital ?. Seperti penjelasan beberapa artikel saya terdahulu bahwa jika Anda ingin mendapatkan siaran TV digital ada 2 hal yang menjadi pilihan, jika Anda punya dana yang terbatas belilah Set Top Box yang harganya antara Rp 200.000 - Rp 300.000 seperti merk Renrei atau Evinix. Namun jika ingin mendapatkan Set Top Box dengan harga lebih mahal sedikit  bisa menggunakan Merk Polytron. 

 

 

Kemudian pilihan kedua adalah jika Anda punya dana untuk membeli televisi baru, Anda bisa mengganti Televisi lama (Tabung) menjadi televisi LED (terkini). Tujuannya adalah untuk memanfaatkan kejernihan gambar siaran TV digital dan menghemat daya listrik. sayang jika siaran TV digital yang jernih namun receivernya masih jadul, hasilnya juga tidak maksimal. Hampir semua Televisi saat ini baik Smart TV maupun Android TV sudah support TV Digital. Salah satu contoh adalah TV LG 50UN72 yang jika Anda scan siarannya akan mendapatkan 2 jenis siaran yaitu analog dan digital sampai dengan bulan November 2022 sebagai batas dimana siaran analog akan dioffkan oleh pemerintah.

 

 

 Apa sih Set Top Box itu, dan apa fungsinya untuk TV Digital ? 

 

Set Top Box (STB) adalah alat yang berfungsi mengubah sinyal (dekoder) digital menjadi gambar dan suara yang bisa ditampilkan di TV Analog. Seperti yang sudah saya tuliskan diawal  STB dipasaran banyak merk yang beredar dan fungsinya tidak hanya untuk TV digital saja ada juga untuk TV Satelit bahkan TV Kabel. Diantara berbagai jenis Set Top Box ,anda harus memilih Set Top Box yang punya futur DVBT2 . Apa itu DVBT2 ?, adalah singkatan dari Digital Video Broadcasting – Second Generation Terrestrial yang maksudnya adalah teknologi terkini yang resmi digunakan oleh pemerintah sebagai standar teknologi dalam penyiaran TV Digital terestrial di Indonesia 


Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

 

Kembali ke judul diatas cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa adalah langkah selanjutnya jika Anda sudah membeli Set Top Box atau mengganti TV terbaru. Yang perlu Anda perhatikan adalah baik Set Top Box maupun  Smart Tv yang akan anda beli harus ada colokan Antennanya atau istilahnya disebut dengan Coaxial Female. Bentuknya seperti gambar dibawah ini :

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa


Jika TV Anda sudah support DVBT2 tanpa pakai Set Top Box, Anda langsung colokkan kabel antenna ke colokan belakang TV seperti pada gambar sebelah kiri, Namun jika TV anda butuh Set Top Box, colokkan kabel antenanya ke colokan dibelakang Set Top Box (Gambar kanan). lalu bagaimana cara menghubungkan  Set Top Box Ke TV ?, Biar tidak salah beli kabel colokan, perhatikan lobang cok dibelakang TV lama Anda ada colokan HDMInya atau hanya colokan RCA ( 3 warna merah dan putih untuk audio dan kuning untuk video). jika hanya RCA colokkanlah sesuai dengan warnanya merah ke merah, putih ke putih dan kuning ke kuning. Jika ada colokan HDMI pastikan colokan tersebut berfungsi, beberapa TV LCD LG model lama ada colokan HDMI namun tidak berfungsi. Ada 2 colokan lain yang belum terhubung yaitu colokan untuk ke daya listrik dan colokan untuk loop out ke TV.

 

 

Apa itu loop out ke TV ?, Colokan loop out gunanya untuk mendapatkan siaran analog sehingga di TV kita selain siaran digital juga siaran analog tetap bisa kita nikmati, namun setelah lewat bulan November 2022, kabel lopout sebaiknya dicabut karena siaran analog sudah tidak ada lagi.  Untuk ini belilah kabel antenna untuk loop out atau bisa bikin sendiri perhatikan colokannya untuk colokan di setop box yang jantan adalah colokan yang di set top box (perhatikan gambar kanan sebelah yang saya lingkari) sehinggan colokannya adalah betina lalu ujung yang satu lagi hubungkan dengan colokan ke antenna TV (perhatikan colokannya yang betina adalah colokan TVnya).

 


Jika sudah semua tersambung dengan baik, mestinya sampai disini Anda tinggal scan siaran TV digital, untuk colokan RCA pindahkan TV ke AV atau biasa kita memindahkan channel ketika memutar DVD atau VCD Player, JIka menggunakan colokan HDMI pindahkanchannelnya ke HDMI. Jika sudah muncul tampilan logo atau Merk Set Top BOx di Tv anda tnggal scan siaran TV Digital. Caranya masing masing merk punya panduan sendiri sendiri, bacalah panduannya sampai selesai untuk bisa memaksimalkan fitur Set Top Box Anda.

 

 

Mudah mudahan panduan ini bisa membantu Anda mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa sehingga bisa mengirit pengeluaran untuk membeli antena baru.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------