Cara Menentukan Posisi Antena dan Mengukur Kekuatan Sinyal TV Digital Di Wilayah Anda Dengan Aplikasi Android

Cara Menentukan Posisi Antena dan Mengukur Kekuatan Sinyal TV Digital Di Wilayah Anda Dengan Aplikasi Android

 Ada beberapa kesulitan bagi kita yang awam TV digital untuk mencari sinyal TV digital terkuat di daerah kita tidak hanya faktor pemilihan antenna, ketinggian antenna tetapi posisi arah antenna juga bisa menentukan kekuatan sinyal TV digital. Di artikel berikut ini saya akan mengulas tentang cara menentukan posisi dan mengukur kekuatan sinyal TV digital diwilayah Anda dengan aplikasi Android untuk memaksimalkan kekuatan sinyal yang bisa ditangkap oleh Set Top Box pada masing masing channel digital.

Cara Menentukan Posisi dan Mengukur Kekuatan Sinyal TV Digital Di Wilayah Anda Dengan Aplikasi Android


 Namun sebelum artikel ini saya ulas, sudahkah Anda sampai dengan hari ini beralih ke TV digital ?, kalau belum ingat untuk sobat Ngamen semua bahwa batas waktu siaran TV biasa (analog) yang biasa kita tonton akan berakhir dibulan November  tahun 2022. Nah, jika begitu mulai sekarang sepertinya sudah saatnya bersiap untuk mengalihkan perhatian ke TV digital, sampai saat ini Channelnya juga sudah banyak dan baru baru lho. Silahkan baca artikel artikel saya sebelumnya tentang TV digital jika ingin mengetahui seluk beluknya termasuk kelebihannya dengan TV analog.

 

Namun jika sobat Ngamen sudah melangkah beralih ke TV Digital bagaimana rasanya dengan menonton di TV analog, saya yakin secara umum gambar dan suaranya juga lebih berkualitas. Nah, kualitas  gambar dan suara yang ditangkap oleh pesawat penerima televisi kita tentu punya perbedaan di masing masing wilayah tergantung dengan jauh atau dekatnya dengan pemancar sinyal di stasiun transmisi, Demikian juga topografi wilayah seperti daerah pegunungan dan lembah lembah juga bisa mempengaruhi kekuatan sinyalnya.

 

Untuk mempermudah mengetahui kekuatan sinyal TV digital di wilayah kita atau tempat domisili kita, saat ini sudah dikembangkan aplikasi Android buatan anak bangsa oleh Bangunindo dengan nama sinyalTVdigital. Jangan salah menginstal karena banyak aplikasi serupa yang menurut saya masih belum sebagus aplikasi ini walaupun memang beberapa daerah masih belum seakurat dalam positioning maupun kekuatan sinyalnya. Berikut langkah langkah untuk mengukur kekuatan sinyak televisi digital sekaligus pointing untuk mengarahkan antena yang persis ke stasiun transmisi terdekat diwilayah Anda : 

 

 

  1. Aktifkan GPS (akses lokasi) di HP
  2. Download, Instal dan buka aplikasi sinyalTVdigital di smartphone Android sobat.
  3. Klik My Location, dari tampilan akan muncul beberapa parameter diantaranya ada anak panah yang menunjukkan kemana seharusnya antena kita arahkan, dimana posisi kita, warna warni kekuatan sinyal dan lokasi stasiun transmisi terdekat (perhatikan gambar dibawah ).

Cara Menentukan Posisi dan Mengukur Kekuatan Sinyal TV Digital Di Wilayah Anda Dengan Aplikasi Android

 

Jika sudah mengetahui posisi dan kekuatan sinyal, lalu arahkan antenna dan lihat apakah gambar yang di TV kita lebih baik atau biasa. Biasanya untuk mengukur peningkatan kekuatan sinyal di masing masing stasiun TV di Set Top box akan muncul informasinya. 


Aplikasi sinyal TVdigital ini juga bisa menginformasikan MUX (kumpulan stasiun TV dalam satu kelompok) dan stasiun TV apa saja yang bisa kita trace atau kita lacak posisinya dari tempat tinggal kita dan menginformasikan banyak hal tentang keberadaan stasiun TV tersebut seperti contoh pada gambar berikut ini :

 

Cara Menentukan Posisi dan Mengukur Kekuatan Sinyal TV Digital Di Wilayah Anda Dengan Aplikasi Android


Demikian informasi cara menentukan posisi dan kekuatan sinyal TV digital di lokasi tempat tinggal kita, semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------