Mengenal Aplikasi StarMaker, bisa Menyanyi Karaoke bersama Artis

Mengenal Aplikasi StarMaker, bisa Menyanyi Karaoke bersama Artis

StarMaker adalah aplikasi menyanyi karaoke komunitas berbasis Android. sampai dengan artikel ini ditulis sudah mencapai 100 juta lebih pendownload dengan bintang rating mencapai 4,6 dari 1 juta lebih ulasan. Melihat capaian aplikasi ini, Starmaker tampaknya bisa menjadi star aplikasi menanyi karaoke android dibandingkan dengan aplikasi lainya seperti Smule yang sebelumnya sudah pernah saya ulas.


Mengenal Aplikasi Starmaker, bisa Menyanyi Karaoke bersama Artis


 Oleh karena itu untuk sobat Ngamen di artikel kali ini saya akan mereview aplikasi Starmaker yang lagi hits saat ini untuk  mengasah kemampuan bernyanyi. Sebenarnya banyak aplikasi menyanyi karaoke seperti ini di aplikasi Android, namun dengan semakin tenarnya Starmaker maka Blog Ngamen mencoba mereview poin poin didalam aplikasi ini. Satu hal yang membuat aplikasi ini semakin terkenal adalah database lagu karaoke yang banyak sekali genrenya terutama pop dan dangdut yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Kemudaian membangun komunitas bernyanyi antar penggemar Starmaker juga diakomodasi dipanggung Starmaker termasuk bernyanyi berduet, live, pesta dan lain lain. Untuk menyanyi dan berduet dengan artis juga lebih beragam artis yang bergabung baik artis pop Indonesia maupun dangdut seperti duet dengan Inul daratista, Tasya Rosmala, Judika, Erie Susan, Dewi Persik dan banyak artis lainnya.


Penasaran ingin menginstal aplikasi ini saya terkejut dengan besaran filenya yang mencapai hampir 70 MB, termasuk aplikasi ukuran besar menurut saya karena penyimpanan smartphone Android saya termasuk yang pas pasan. Namun hal ini langsung tidak saya permasalahkan ketika disaat menginstal dan membukanya termasuk cepat dan responsif. Untuk mengetesnya saya mencoba langsung menyayi karaoke lagu kesayangan Rhoma Irama sampai selesai. Nah, yang mengejutkan setelah saya bernyanyi karaoke langsung diberi nilai A+. Wah, semakin keren tampaknya aplikasi ini bisa tau kualitas suara saya wkwkw. Tidak itu saja selesai bernyayi langsung otomatis dimunculkan hasil rekaman suara saya dan hasil rekamannya juga lebih jernih. Yang bikin malu sih suara falsnya hahaha. Disarankan untuk mendapatkan hasil rekaman yang bagus untuk menggunakan headset. 

 

Nah, yang bikin terkejut setelah hasil rekaman lagu saya dengarkan ternyata ketika ingin saya simpan disuruh untuk login. Saya masukkan login dengan menggunakan email, kemudian dikirimkan link login ke alamat email saya. Setelah saya buka email dan klik link login dan pemberitahuan sukses login muncul, saya berharap agar file lagu rekaman saya bisa saya download dan diputar secara offline di HP saya.  Saya berharap berhasil melakukannya dengan car mengunggahnya ke aplikasi StarMaker, namun ternyata tidak ada link download. Demikian juga saya coba untuk mendownloadnya secara manual dari folder StarMaker juga tidak ada berarti saya simpulkan bahwa hasil rekaman tidak bisa didownload, hanya bisa diputar diaplikasi Starmaker dan dibagikan kepada komunitas didalamnya. Satu hal lain yang mengejutkan adalah setiap melakukan tugas atau action, kita selalu mendapatkan poin dan level. Sebagai contoh ketika saya berhasil mengunggah satu rekaman lagu (konsep dalam istilah starmaker) saya sudah mencapai level 1.


Dari lagu lagu karaoke yang kita nyanyikan, Starmaker tau kesukaan genre lagu yang kita, disitu nanti akan muncul di Tap Rekomnendasi lagu lagu yang mirip atau se genre dengan lagu yang kita nyanyikan. 


Menurut saya sesuai dengan namanya, Starmaker sebenarnya aplikasi ini tidak diarahkan untuk merekam hasil lagu yang kita nyanyikan untuk kita denganrkan sendiri, Namun lebih kepada pencarian popularitas di panggung Starmaker. Semacam pencarian bakat bernyayi bersifat online, menyukai atau mengomentari para komunitas merupakan bagian dari Vote untuk memenangkan panggung aplikasi Starmaker.


Banyak sekali fitur fitur lainnya yang belum saya eksplore seperti Jam, Free Style RisingStar dan lain lain. Namun dari semua fiturnya saya beranggapan bahwa aplikasi ini cocok untuk melatih confidency (kepercayaan diri) disaat menyanyi. Misalnya kita hanya ingin menunjukaan kualitas suara, bisa hanya dengan tab tombol nyanyi, namun jika ingin tampil performance bisa dengan bernyanyi duet dengan komunitas atau bernyanyi bersama artis atau bahkan live show.


Itulah review saya tentang aplikasi Starmaker. bagi sobat yang gagal dalam event pencarian bakat secara offline, jangan putus asa, aplikasi ini juga bisa membawa kita menjadi seorang SuperStar, asalkan kita bisa memupuk kemampuan kita dalam bernyanyi dan menngeluti dunia tarik suara ini dengan hati sebagai sekedar hobi atau bahkan ingin mendalami lebih jauh sebagi profesi.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------