Mengenal Midi Controller Dan Fungsinya Untuk Musisi digital

Mengenal Midi Controller Dan Fungsinya Untuk Musisi digital

MIDI Controller atau pengontrol  Midi adalah perangkat keras pada umumnya berbentuk tuts dan dilengkapi software yang memproduksi dan mengirimkan data Antarmuka Digital Instrumen Musik (MIDI) ke perangkat yang mendukung MIDI, biasanya untuk menghasilkan suara dan parameter kontrol  sebuah permainan musik elektronik.

 

 Walaupun banyak berbentuk tuts, Pengontrol MIDI yang tidak semua berbasis tekan (tuts). Dipasaran juga ada diproduksi seperti Controller berbasis tiup seperti seruling, Controller berbasis petik seperti layaknya gitar dan Midi Controller berbasis pukul seperti layaknya sebuah drum. Biasanya controller ini tidak membuat atau menghasilkan suara musik tersendiri namun memiliki beberapa jenis interface (penghubung) dengan controller controller tersebut. Tujuannya untuk menghasilkan suara MIDI yang relistis untuk kemudian dikirim ke masing masing interface di software pengolah modul suara atau synthesizer yang kompatibel dengan MIDI dan terhubung menggunakan kabel MIDI. Modul suara atau penyintesis yang mengolah midi tersebut bisa diperkuat melalui loudspeaker sehingga bisa didengarkan layaknya instrumen yang realistis dari sumber alat musik beneran.

Mengenal Midi Controller Dan Fungsinya Untuk Musisi digital



Seperti yang sudah ditulis pada awal paragraf ini, MIDI Controller yang paling umum digunakan adalah pengontrol MIDI berbentuk keyboard musik elektronik. Saat kunci dimainkan, MIDI Controller akan mengirimkan data MIDI pitch nada, seberapa keras nada itu dimainkan, dan durasinya. Pengontrol MIDI juga bisa mengontrol angin yang ditiup musisi melalui alat musik tiup yang dihubungkan dengan controller dan menekan tombol untuk mengirimkan data MIDI, dan drum elektronik. MIDI Controller dilengkapi dengan slider, knob, tombol, pedal dan sensor lainnya untuk pengontrolannya.

Meskipun penggunaan pengontrol MIDI yang paling umumnya adalah untuk memicu suara musik dan memainkan alat musik,  MIDI ternyata juga berfungsi untuk mengontrol perangkat lain yang kompatibel seperti lampu panggung, mixer audio digital, dan unit efek gitar yang ternyata lebih kompleks.

 

Dengan kata lain MIDI Controller berwujud keyboard dengan papan nada sebanyak 25, 49, 61, dan 88, yang seperti keyboard music pada umumnya juga dilengkapi slider modulation dan pitch bend. Pada MIDI Controller juga terdapat kenop-kenop yang bisa diatur/diintegrasikan fungsinya, tergantung dengan software music/DAW yang digunakan. Bedanya dengan keyboard biasa adalah MIDI Controller tidak memiliki sound bank atau bunyi-bunyian yang sudah terprogram secara internal di dalam hardware, melainkan MIDI Controller digunakan untuk mengoperasikan berbagai instrument virtual dengan berbagai macam jenis suara yang tersedia di dalam komputer. Jadi tidak ada internal speaker di instrument ini.


Intinya MIDI Controller tidak ada gunanya bila tanpa computer/laptop yang dilengkapi software khusus musik, dan sebaliknya MIDI Controller sangat berperan penting / berguna untuk digunakan dalam produksi musik / lagu. Karena bentuknya acapkali MIDI Controller juga disebut juga sebagai Keyboard Controller. Selain keyboard, MIDI Controller juga dapat berwujud pad atau instrument lain seperti tiup maupun perkusi. Agar MIDI Controller dapat dioperasikan, diperlukan alat tambahan berupa kabel USB yang menghubungkan antara MIDI Controller dengan kompter/laptop. Biasanya Kabel USB tersebut tipe-nya sama dengan kabel USB yang digunakan untuk printer.


Berdasarkan fungsinya secara umum Midi Controller dibagi kedalam beberapa bagian berikut diantaranya :

Tradisional Midi Controller


Yang termasuk dalam jenis ini adalah Keyboard Midi Controller. Keyboard ini tidak dilengkapi dengan tone generator. Jadi jika sedang tidak melakukan fungsinya, keyboard ini tidak dapat berbunyi.Sebuah intelligent keyboard atau juga synthesizer dan bahkan guitar synthesizer,bisa saja melakukan fungsi sebagai midi controller.Hanya saja, kemudahan manipulasi parameter dan juga detail kemampuan edit bunyi,memiliki “keterbatasan”.jika dibandingkan dengan Midi Controller yang sejati.

Real Time Midi Controller


Yaitu Drum Machine dan sampler. Perangkat ini memungkinkan untuk dapat leluasa melakukan transmisi,control dan manipulasi data MIDI sembari perform on stage. Hal yang sangat rumit jika dilakukan dengan midi controller yang tradisional.


Midi Converter


Adalah sebuah piranti yang fungsinya mengkontrol transmisi dari signal analog ke digital untuk kemudian di interaksikan dalam sistem MIDI.Untuk mudahnya,sebuah midi converter,adalah midi controller yang
fungsinya mengubah instrument non elektrik seperti piano akustik misalnya,agar dapat berkomunikasi dalam sistem MIDI.

Sequencer


Sebuah sequencer sebetulnya juga sebuah midi controller.Hanya saja sequencer mengkontrol transmisi data Midi sebagai sebuah sekuens atau pola-pola musik,sebagai sebuah kumpulan data yang sudah tersusun.



Dalam produksi musik, midi controller dibebani dengan fungsi pengaturan parameter yang bisa sangat rumit. Midi controller tidak sekedar berurusan dengan bunyi,melainkan dengan parameter editing bunyi.Pitch bend,modulation wheel,kadar sustain dalam injakan pedal,merupakan hal yang cukup rumit dan kesemuanya harus dapat diatur dengan detail oleh sebuah midi controller.


Bagi pemusik digital, dengan adanya Midi Controller sangat membantu salah satunya dalam proses produksi sebuah musik berbasis midi. Mulai dari menciptakan tone dengan beragam sumber bunyi, mengeditnya, mixing dan tahap tahap seperti mengaransmen musik. Selain itu juga berfungsi dalam transmisi, pengontrolam dan memanipulasi MIDI disaat beraksi dipanggung.


Ditoko Online Midi Controller juga sudah bisa dibeli seperti Shopee, Lazada, Tokopedia maupun Bukapak, Berikut beberapa merk dan Typenya :

  • M-Audio Keystation Mini 32
  • Novation Launchkey Mini
  • Worlde Panda MINI 25-Kunci Ultra-Portable USB
  • Keyboard CASIO CTK3500
  • Samson Carbon 49 USB Keyboard MIDI Controller
  • Alesis QX25
  • M-Audio Axiom AIR 49
  • AKAI LPK25
  • Selft Digital Roll Up Soft Keyboard Piano 61 Key with Midi Function

Sobat bisa mencari harga dan spesifikasi yang sesuai.

 

Kesimpulan :

 

Midi Controller sesuai dengan namanya adalah perangkat yang tidak digunakan untuk memainkan alat musik seperti Keyboard Player pada umumnya, namun sebagai alat pengontrol untuk memproduksi sebuah nada musik terutama musik MIDI ( Music Instrument Digital Interface). Sebuah format musik yang dihasilkan dari nada nada yang berasal dari banyak macam interface.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------