Update Channel Stasiun Siaran TV Digital Wilayah Surabaya Dan Sekitarnya Maret 2021

Update Channel Stasiun Siaran TV Digital Wilayah Surabaya Dan Sekitarnya Maret 2021

 Sebagai wilayah kota besar ke-2 di Indonesia, Surabaya juga menjadi barometer perkembangan tumbuhnya channel stasiun siaran TV digital. Secara perlahan namun pasti pertambahan jumlah siaran TV digital terutama di Surabaya dan sekitarnya yang terjangkau oleh stasiun pemancar atau stasiun transmisi terdekat juga terus bertambah. Terbaru MUX MNC Group telah melengkapi deretan channel TV yang telah migrasi ke siaran TV digital walaupun masih bersifat simulcast.


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa program pemerintah melalui kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) telah memutuskan bahwa seluruh stasiun TV di Indonesia yang saat ini bersiaran di platform analog untuk berpindah ke siaran TV digital paling lambat pada bulan November 2022. Migrasi ini diklaim oleh pemerintah bisa membawa perubahan kualitas siaran dan berbagai keuntungan baik oleh pemirsa TV maupun pelaku usaha penyiaran TV. Bagi pemirsa TV selain bisa mendapatkan jumlah Channel TV lebih banyak juga akan mendapatkan kualitas gambar yang jernih dan suara yang berkualitas. Satu contoh dibeberapa wilayah TRANS TV telah melengkapi teknologi suara TV digitalnya dengan standar Dolby. 

 

Sedangkan bagi pelaku usaha penyiaran tidal lagi dipusingkan dengan penyediaan infrastruktur yang mahal dan lain lain. Karena infrastrukturnya sudah dibangun oleh penyelenggara multipleksing. Penyelenggara siaran televisi cukup menyewa infrastrukturnya dari penyelenggara multipleksing. Itulah mengapa migrasi ke TV digital dianggap sebagai low cost budgeting didalam industri penyiaran televisi..


Untuk mendapatkan siaran digital juga tidak sesulit yang dibayangkan. Banyak pemirsa TV yang masih awam menganggap bahwa TV digital berbiaya mahal seperti mengganti pesawat televisi menjadi lebih baru, menggunakan antena khusus atau bahkan banyak yang menganggap TV digital menggunakan jaringan internat. Semua informasi tersebut ternyata keliru. Fakta yang benar adalah bahwa untuk mendapatkan siaran TV digital kita cukup menggunakan dekoder TV digital yang disebut dengan set top box DVBT2. Alat ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang ditangkap oleh antena TV untuk diubah menjadi sinyal analog sehingga bisa ditonton di TV lama kita. DEmikian juga kita tidak perlu membeli antena khusus, cukup menggunakan antena TV biasa kita yang lama (UHF) dan tidak ada yang berubah pengaturan antennanya. Bahkan fakta yang mencengangkan adalah bahwa TV digital tidak membutuhkan jaringan internet sama sekali.

Update Channel Stasiun Siaran TV Digital Wilayah Surabaya Dan Sekitarnya Maret 2021


Walaupun Indonesia dianggap menjadai negara yang ketinggalan menerapkan teknologi TV digital dibandingkan dengan negara tetangga kita seperti Malaysia atau Singapura, namun menurut saya hal ini tetap perlu diapresiasi. Tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan siaran TV yang berkualitas baik dari gambar maupun suaranya.


Seiring dengan peerkembangannya, warga Surabaya dan sekitarnya tentu punya banyak pilihan siaran TV Digital tidak hanya stasiun siaran TV yang berfokus pada berita saja, namun banyak pilihan channel Dakwah, Channel TV anak anak Seperti Mentari TV, Channel Belanja seperti OChannel belum lagi siaran TV Lokal yang keberadaannya tetap kita nantikan di siaran digital seperti Arek TV, JTV dan berbagai TV lokal lainnya.


Walaupun belum semua channel bermigrasi ke TV Digital, sampai dengan bulan Maret 2021 Channnel TV Digital di Surabaya dan sekitarnya  bisa kita dapatkan berjumlah  23 Channel siaran stasiun TV Digital  diantaranya :

 

  1. ANTV Digital
  2. TVONE Digital
  3. MetroTV HD
  4. MetroTV Jatim
  5. Magna TV
  6. BNTV
  7. Trans TV HD
  8. Trans7 HD
  9. CNN Indonesia
  10. CNBC Indonesia
  11. Kompas TV
  12. SCTV HD
  13. Indosiar HD
  14. OChannel HD
  15. Mentari TV HD
  16. TVRI Nasional
  17. TVRI Jatim
  18. TVRI Canal 3
  19. TVRI Sport HD
  20. RCTI
  21. MNCTV
  22. GTV
  23. iNEWS 

 

Siaran TV digital diatas bisa ditonton gratis dengan Set Top Box DVBT2 tanpa iuran apapun. Namun demikian kualitas siaran diberbagai wilayah di Surabaya dan sekitarnya bisa berbeda beda tergantung jangkauan sinyal digital, ketinggian dan sensitifitas antenna dengan stasiun pemancar maupunstasiun transmisinya. Semakin dekat jangkauannya maka kualitas siaran akan semakin baik demikian juga sebaliknya. Untuk mengetahui posisi dan jangkauan jarak  stasiun TV dengan antena penerima untuk mengukur kekuatan sinyal silahkan baca artikel ini.


Demikian  semoga bermanfaat.

 



Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------