Channel TV Digital Medan Terbaru Pertengahan April 2021, Mux Viva ANTV Dan TVOne Mulai Mengudara

Channel TV Digital Medan Terbaru Pertengahan April 2021, Mux Viva ANTV Dan TVOne Mulai Mengudara

 Kabar terbaru TV digital di wilayah kota Medan dan sekitarnya di pertengahan bulan April 2021 ini bertambah lagi dengan hadirnya Channel Viva group yaitu ANTV dan TVOne. sehingga sampai artikel ini ditulis jumlah siaran digital di Kota Medan dan sekitarnya sudah 22 Channel. 


Dalam artikel sebelumya Channel TV Digital Medan di bulan Februari 2021,  jumlah stasiun TV yang telah bersiaran di Channel Digital sudah mencapai 20 stasiun TV walaupun beberapa diantaranya masih belum muncul gambarnya seperti Inspira TV dan Test Card di MUX Metro TV.

 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sejak diberlakukannya undang-undang tentang ASO atau mematikan siaran tv analog, semua stasiun siaran TV akan bermigrasi atau pindah ke siaran tv digital paling lambat bulan November 2022. Berbagai persiapan juga telah dilakukan dimana informasi progres terbaru dimana PT. MNCN,  PT. Surya Citra Media dan PT Transmedia Corpora (Transcorp) telah dinyatakan lulus administrasi oleh Kominfo sebagai penyelenggara multipleksing di 22 provinsi selain 6 perusahaan lainnya sehingga total perusahaan yang telah lulus berjumlah 9 dari 13 perusahaan yang telah mendaftar.

 

Channel TV Digital Medan Terbaru Pertengahan April 2021, Mux Viva Mulai Mengudara

Ke sembilan perusahaan penyiaran swasta yang telah memenuhi syarat administrasi ini selanjutnya akan menuju ke tahapan evaluasi bisnis dan teknis. Ke 9 LPS tersebut diantaranya MetroTV yang tertarik dengan 19 objek seleksi, Trans7 berminat pada 10 objek seleksi, TransTv berminat pada 12 objek seleksi, Indosiar berminat pada 12 objek seleksi, SCTV berminat pada 10 objek seleksi, RCTI berminat pada 22 objek seleksi, TVOne berminat pada 3 objek seleksi, ANTV berminat pada 6 objek seleksi, dan NTV berminat pada 6 objek seleksi. Kemudian pengumuman hasil evaluasi teknis dan bisnis ini akan diumumkan oleh pemerintah pada tanggal 26 April mendatang.


Dengan makin dekatnya batas waktu yang ditetapkan oleh pemerintah tentunya berbagai siaran TV digital akan bermunculan termasuk stasiun tv yang baru maupun tv lokal.

 

Di kota Medan sendiri dengan ditambahnya 2 stasiun siaran tv digital maka total seluruh siaran tv yang sudah beralih ke tv digital berjumlah 22 channel, berikut urutan selengkapnya :

  1. TVRI Nasional
  2. TVRI Canal 3
  3. TVRI SPORT HD
  4. TVRI Sumut
  5. Nusantara TV
  6. Inspira TV (Gambar masih gelap)
  7. DAAI TV
  8. Kompas TV
  9. Trans TV HD
  10. Trans7 HD
  11. CNN Indonesia HD
  12. CNBC Indonesia
  13. OChannel HD
  14. Mentari TV HD
  15. SCTV HD
  16. Indosiar HD
  17. MetroTV HD
  18. Magna Channel 
  19. BNTV
  20. Test Card
  21. ANTV
  22. TVOne
Dari sekian banyak stasiun TV yang telah melakukan simulcast di kota Medan praktis tinggal MNC Group (MNC TV, RCTI, Global TV dan iNews TV) demikian juga NET TV juga belum bersiaran digital di Kota Medan. Kita tunggu kehadirannya semoga akan segera mengudara dan kita bisa secepatnya menikmati siaran dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dengan adanya TV Digital di Kota Medan.

Selain itu mengingat siaran digital ini masih tahap percobaan, kadang kadang channel channel ini bisa hilang begitu saja tanpa sebab. Seperti Channel Viva group ini yang beberapa hari belakangan muncul dan menghilang.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------