Senar Gitar Akustik Terbaik

Senar Gitar Akustik Terbaik

 Memilih senar gitar akustik terbaik secara kasat mata ternyata agak sulit karena memlilih performa senar saat di pasang pada gitar harus dicoba terlebih dahulu. Percobaan dipastikan untuk memilih jenis senar yang cocok stabil saat digunakan bermain gitar. Demikian juga memilih senar yang keras saat melakukan pemetikan gitar bisa mengganggu kesehatan jari atau kuku Anda demikian juga jika senar gitar yang terlalu lembut atau lembek dentingan suaranya juga kurang maksimal. 

Senar Gitar Akustik Terbaik


Sebelum kita memilih senar gitar akustik terbaik, mungkin sebagian sobat ngamen belum mengetahui apa itu senar gitar.  Gitar sebagai alat musik petik mempunyai elemen penting untuk bisa dimainkan yaitu senar atau dalam bahasa inggris di sebit dengan string. Senar atau string merupakan semacam tali yang diikatkan pada ujung dan pangkal gitar. String berjumlah 6 tali pada setiap gitar dan mempunyai ukuran yang berbeda beda mulai dari kecil sampai besar. Kenapa dibuat berbeda , agar suara yang dihasilkan juga berbeda sehingga harmonisasi suara akan tercipta dari setiap petikan gitar untuk menghasilkan akord akor yang nantinya bisa selaras dalam mengiringi sebiah lagu.


Senar gitar secara periodik harus selalu diganti apalagi gitar sering dimainkan apalagi pelapis senar kadang sudah terkelupas. namun kadang pemain gitar membiarkannya sampai senar gitar putus sendiri baru diganti. Semuanya berkaitan dengan kebutuhan, jika Anda seorang performer gitar tentu kualitas suara gitar di panggung dengan suara yang dihasilkan harus selalu fit hal ini butuh selalu menjaga kesehatan gitar termasuk mengganti senar walaupun belum saatnya putus. Namun jika gitar akustik Anda hanya digunakan untuk kebutuhan sehari hari, menyanyi bersama teman teman dirumah sedang lagi nyantai, tentu tidak ada masalah jika string diganti pada saat putus saja.


Tidak sulit untuk mengganti senar gitar bagi yang sering memainkannya, namun bagi pemula mengganti senar gitar membituhkan panduan sederhana agar senar yang sudah dililitkan pada kaitan gitar tidak cepat putus. Terlepasdari tingkat kesulitannya, kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang gitaris, baik yang pemula maupun yang sudah pro bermain gitar. Sebelum memasang senar baru, senar yang akan diganti harus dilepaskan dulu dari pin pada bridge. SEnar sebenarnya bisa diganti secara keseluruhan yang berjumlah 5 ( 1 set) bisa juga diganti sesuai kebutuhan namun kelebihan mengganti senar secara keseluruhan bisa sekaligus mebersihkan bagian lain yang kotor seperti neck atau bahkan ruangan didalam gitar.


Langkah awal untuk untuk melepas senar gitar akustik adalah dengan memutar alat stelan peregang yang ada di headstock. dengan tujuan agar senar bisa dilepas dengan mudah. Cara melepas pin dari bridge jika mengalami kesulitan bisa menggunakan alat seperti tang jepit untuk menarik pin atau juka merasa mudah cukup mendorongnya dari dalam dengan menggunakan koin atau benda keras lainnya agar terlepas dari bridge. Dengan cara ini sobat ngamen bisa dengan mudah melepaskan senar satu persatu dari bridge.


Setelah senat lama terlepas tinggal mengganti senar gitar yang baru, namun sebelumnya seperti yang saya sampaikan tadi bagian bagian yang tidak terjangkau disaat senar terpasang sebaiknya harus dibersihkan dari debu dan kerak yang bisa menggangu suara dan performa gitar. Cara membersihkannya cukup dengan menggunakan kain lap basah dan lembut. Ingat membersihkan gitar jangan sampai merusak body atau pelapis catnya. Setelah di lap basah kemudian di lap kering dan saatnya mengganti senar gitar akustik kesayangan sobat.


Cara mengganti senar gitar saya yakin sudah bisa melakukannya jika cara melepaskan senar gitar yang lama sudah berhasil. Namun yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa senar berada di lobang bridge dengan benar, senar terpasang dan tertahan sempurna oleh pin pada bridge gitar. Cara paling mudah cukup dengan melihat ukuran senar yang paling kecil dipasang paling bawah , demikian seterusnya sampai yang paling besar berada diatas. atau metode yang umumdigunakan banyak orang yaitu urutan 1,6,2,5,3,4 dari urutan paling bawah. Setelah senar sudah terpasang sempurna, sobat bisa mengencangkan senar dengan memutar alat pemutar pada bagian Headstock namun jangan terlalu kencang jika terlalu panjang potong denga  tang potong kawat secukupnya. Sisa senar pada bagian headstock gitar yang sudah dipotong sebaiknya dirapikan dengan memasukkannya kedalam bagian alat pemutar  Setelah selesai mengencangkan saatnya untuk stem gitar atau istilah lain disebut dengan tuning gitar. Bagi pemula aplikasi stem Gitar di Android ini bisa menjadi solusi terbaik. 


Berdasarkan pengalaman pengguna gitar akustik merk aatu brand sanagt mempengaruhi kualitas senar gitar. Senar gitar akustik terbaik memiliki dua macam jenis, string dan nylon. Kedua jenis senar gitar akustik tersebut digunakan tergantung dengan keperluan bermusik yang dimainkan. Kedua jenis senar gitar akustik tersebut juga memiliki keunggulannya masing-masing. 


1. D'addario


D'addario termasuk merk populer bagi pengguna gitar akustik. Ditoko online senar gitar merk ini paling laris dibeli pemusik gitar akustik.Ada 3 type senar gitar D'addario diantaranya EZ920, EZ900 dan EZ910.  satu set berisi 6 senar dengan harga 20 ribuan


2. Elixir


Senar gitar Elixir punya varian extra light, custom light, light dan medium baik untuk  gitar akustik bisa juga untuk akustik elektrik.Yang membedakan masing masing varian adalah ketebalannya, semakin tebal maka suara akan semakin keras, namun kelemahannya jari bisa sakit saat memetiknya.


3. Fender 


Senar gitar fender buatan lokal dengan warna tembaga. Sering disebut dengan fender bronze 009. 1 set 6 buah dengan harga 10 ribuan.


4. Orphee 


Senar gitar merk orphe ini juga cocok untuk gitar akustik sobat ngamen, 1 set 6 senar dijual dengan harga 18 ribuan. Beberapa yang sering dibeli gitaris sepeeti type QA 150 dan TX620.


5. Pyramid


Untuk harga lebih murah merk pyramid bisa menjadi pilihan, namun tentu berbanding lurus dengan kualitas.


Demikian senar gitar akustik terbaik review blog Ngamen. Apakah gitar kesayangan Anda sudah mengguanakan merk senar seperti diatas.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------