Merk kalimba yang bagus

Merk kalimba yang bagus

 Yakin sobat ingin mencari merk kalimba yang bagus di Indonesia padahal alat musik ini bukan alat musik asli Indonesia lho. Tenang, ternyata di toko online sudah banyak yang menjualnya. Bahkan banyak model dan variasinya termasuk produk lokal yang kebanyakan tidak bermerk dengan harga lebih murah yang terbuat dari kayu solid. Kayu solid akan menjamin kualitas suara yang bagus beda dengan kalimba yang dibuat dari kayu lapis atau triplek.

Merk kalimba yang bagus

Apa itu Kalimba


Belakangan alat musik kalimba populer bagi kalangan muda dan profesional. Apasih sebenarnya kalimba itu. Dari namanya sobat ngamen pasti agak asing mendengarnya karena memang kalimba berasal dari luar negeri yaitu Afrika bagian Selatan. Kalimba pada awalnya di kenal dengan nama Mbira bagi orang orang di Zimbabwe  Kalimba adalah alat musik petik menggunakan jempol tangan atau disebut dengan piano jempol. Kenapa disebut demikian, karena alat musik ini cara memainkannya dengan memetikkan ke deretan logam beresonansi yang mempunyai nada berbeda beda dengan menggunakan kedua jempol tangan kanan dan kiri. Kalimba terdiri dari papan kayu yang ditempelkan dengan ujung-ujung logam yang memiliki ukuran yang berbeda. Ujung logam yang paling panjang terletak di bagian tengah, sedangkan bagian logam yang pendek menghasilkan nada yang tinggi diurutkan dari yang paling pendek di sisi ujung hingga ke tengah kalimba. Membuat alat musik kalimba membutuhkan kecermatan supaya hasilnya berkualitas.


Jenis Jenis Kalimba


Dalam perkembangannnya Kalimba mempunyai banyak bentuk dan jenis namun teknis pembuatannya hampir sama yaitu memanfaatkan logam yang dipetikkan yang diletakkan dekat sebuah lobang dari kayu seperti gitar agar suaranya bisa lebih keras. Bentuk kalimba pada umumnya dibedakan dari bentuk fisik seperti bulat, persegi dan jumlah tutnya ada berjumlah 7, 10, 17 dan lain lain, berikut jenis jenisnya :


1. Kalimba X8


Sesuai dengan bahannya dari tempurung kelapa derbentuk setengah bulat bola, kalimba ini berbentuk lebih kecil hanya dengan 7 tuts saja. Kalimba ini sangat sesuai untuk sobat ngamen yang baru memulai belajar kalimba harganya juga lebih murah.


2. Kalimba Andoer


Kalimba andoer terbuat dari bahan dasar kayu betula dengan tambahan baja untuk tangga nada yang berjumlah 10 kunci. Walaupun lebih banyak kuncinya dibanding kalimba X8 bentuknya lebih mungil namun suaranya lebih kuat. 


3. Kalimba Luvay


Berbahan baku dari kayu pinus, Kalimba Luvay juga sudah mempunyai 10 tuts tangga nada


4. Kalimba ADM


Berbeda dengan kalimba kalimba diatas, kalimba ADM sudah dilengkapi 17 Nada dengan bahan stainlees . sedangkan boxnya berbahan kayu utuh dari mahogany


5. Kalimba Gecko


Kalimba Gdecko mempunyai 17 tuts dengan harga lebih mahal. Walaupun demiokian tampaknya jenis gecko lebih diminati terbukti banyak beredar dipasaran


6. Kalimba Mugig


Mugig merupakan jenis alat musik kalimba yang cocok untuk pemula walaupun sudah menggunakan 17 tangga nada


7. Kalimba Donner


Variasi donner adalah alat musik kalimba yang memiliki 17 kunci dengan mode internasional standar C. Dengan begitu, kalimba donner mampu menghasilkan nada dasar tune C yang hampir mirip dengan nada piano sungguhan. 


Merk Kalimba


Selain jenis banyak merk Kalimba yang bagus beredar dipasaran, kebanyakan terbuat dari kayu utuh dan harganya pun tidak mahal tidak sampai 200 ribuan. Berikut diantara mbeberapa merk terbeik beredar di pasaran yang bisa dibeli di toko online :


1. Cowboy 


Kalimba ini mempunyai 17 key dengan material dari kayu mahogany dan metal. Jika Anda membelinya sudah dilengkapi dengan case bag, tuning tool, finger sleeves untuk kedua jempol tangan, alat pembersih.


2, Mandalika


Bentuknya mirip gecko kalimba dengan 17 key bahan dari kayu mahogany lengkap dengan manual book dan sticker nada, pouch dan hammer.


3. Paladin


Bentuk petak, 17 nada type K-17 berwarna coklat terbuat dari kayu utuh.


4. Kimi


Kalimba ini berbahan akrilik bening denagn 17 kunci tone. Dibandingkan dengan ketiga merk kalimba diatas , Kimi lebih mahal yaitu 600 ribuan.


Selain berbagai merk diatas banyak kalimba yang tidak bermerk baik produksi lokal dan impor yangbisa Anda pilih diantaranya :

  • SUN55 Kalimba 17 Keys
  • Donner DKL-17 Kalimba
  • Kerus Kalimba 17 Keys
  • Muspor Kalimba 17 Keys
  • Kimi Kalimba 17 Keys
  • Gecko Kalimba Full Paket
  • Gecko Kalimba K17M Full Paket Authentic
Harga yang ditawarkan berbagai merk kalimba diatas bervariasi antara 200 - 300 ribuan.




Penasaran ?, Diatas adalah video bagaimana kalimba dimainkan dengan 2 buah jari memmainkan lagunya Celine Dini My Heart Will Go On, suaranya sangat merdu lho , silahkan ditonton.


QA

Q :Apakah kalimba menggunakan arus listrik

Dimana tempat membeli Kalimba

bagaimana cara berlatih kalimba


Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------