5 Aplikasi Stem Gitar Terbaik Tanpa Ribet Versi Android Dan Online

5 Aplikasi Stem Gitar Terbaik Tanpa Ribet Versi Android Dan Online

Sobat Ngamen hobbi main gitar ?, Nah kalau selama ini sobat mengandalkan insting atau kebiasaan stem gitar dengan menggunakan garputala atau meniru suara gitar teman atau gitar lainnya yang sudah ready, kini sudah banyak cara untuk setting gitar tanpa ribet , mudah difahami dan bisa dilakukan dengan cepat kapanpun dan dimanapun. Setting gitar atau istilah yang umum kita gunakan adalah menyetem gitar merupakan teknik mengatur suara dentingan masing masing elemen senar pada berbagai jenis gitar sesuai dengan standar bunyi yang dikeluarkan agar saat dimainkan bunyi gitar terdengar serasi baik saat bermain melodi maupun akord atau kunci gitar.


Pada artikel kali ini Blog Ngamen akan berbagi aplikasi stem gitar baik yang versi Android maupun yang langsung dari situs online. Untuk urutan 1 sampai 3 adalah aplikasi berbasis Android sedangkan urutan 4 dan 5 berbasis situs atau online. Sobat tinggal memilih mana yang paling cocok. Untuk itu berikut review kelima aplikasi selengkapnya :

1. Guitar Tuner By UX



Aplikasi pertama yang bisa sobat gunakan berbasis Android adalah Guitar Tuner yang diciptakan oleh UX Apps. Aplikasi ini sangat simpel dan mudah digunakan cocok untuk pemula. Dengan mengantongi bintang 4.4 , sebagian besar pengguna aplikasi merasa puas. Bagi saya sendiri menggunakan Guitar Tuner paling pas untuk jenis Smartphone android yang minim penyimpanan. File aplikasi ini hanya 3,6 MB.  Cara menggunakannya juga sangat mudah setelah sobat instal aplikasi lalu alktifkan gambar mic dibagian bawah. Selanjutnya sobat tinggal mensetting senar satu demi satu sesuai dengan posisi masing masing . Jika sudah pas pada posisinya gambar huruf akan berubah menjadi warna hijau. Posisi terlalu ketinggian atau kerendahan juga dintunjukkan oleh batas yang muncul di masing masing senar sobat tinggal menyesuaikannya dengan memutar mutar stelan gitar sampai diposisi paling pas.

2. Guitar Tuner PRO by PitcLab



Bagi sobat yang ingin stem gitar yang lebih profesional namun masih mudah digunakan paling cocok menggunakan aplikasi ini. Selain berfungsi untuk stem gitar akustik, Guitar Tuner PRO juga bisa stem gitar listrik. Caranya juga sangat mudah. Setelah aplikasi sobat download, buka dan sobat akan melihat gambar lubang gitar beserta senarnya. Lalu ambil gitar dan petik senar nomor 1 (paling bawah). Jika sobat melihat tulisan “TUNE UP”, sampai muncul tulisan “IN TUNE” yang berarti nadanya sudah pas. Sebaliknya jika muncul tulisan “TUNE DOWN”, kendurkan senarnya hingga muncul tulisan “IN TUNE”. Lakukan hal yang sama pada senar nomor 2, 3, 4, 5, dan 6. Saya tidak tahu mengapa aplikasi ini tidak tersedia di Playstore namun perkiraan saya aplikasi ini adalah versi berbayar namun sudah bisa didapat secara gratis.

3. Penyetem Guitar by Pro Guitar



Aplikasi yang dirancang oleh Pro Guitar ini sebenarnya sistemnya hampir sama dengan Guitar Tuner. Setelah sobat instal , buka dan aktifkan mic lalu stel sesuai dengan senar masing masing. Indikator akan berwarna hijau jika petikan gitar nadanya sudah pas. yang membuat nilai lebih aplikasi ini juga bisa menyetem alat musik petik lainnya seperti ukulele, bass, banjor atau gitar dengan model lainnya.

4. Fender.  com



Nah, aplikasi keempat ini cocok bagi sobat yang langsung ingin menyamakan petikan senar gitar yang akan di stem dengan suara yang keluar dari aplikasi ini. Sobat cukup cukup membuka situs fender.  com dan pilih jenis gitar yang akan di stem. Ada 4 pilihan jenis gitar yang bisa sobat gunakan untuk di stem diantaranya gitar akustik, gitar elektrik, bas dan ukulele. Klik salah satu menu tersebut dan sobat langsung bisa bunyikan petikannya dan cocokkna dengan suara atau bunti petikan gitar sobat. Kelemahan jenis ini sobat tidak bisa stem gitar ditempat yang ramai apalagi saat diatas panggung.

5. Gieson. com



Aplikasi terakhir yang bisa sobat gunakan secara online adalah gieson. com. Pada prinsipnya cara menggunakannya sama dengan fender. com namun sobat harus mengaktifkan powernya sebelum menggunakan. Ada 2 pilihan jenis stem yaitu dengan auto advance atau single. Auto advance jika kita aktifkan maka secara otomatis masing masing senar akan terpetik sendiri dengan ritme yang jarang jarang. Namun jika kita pilih single maka satu persatu kita harus petik senar untuk bisa disesuaikan dengan suara gitar kita. Ada 3  jenis gitar yang bisa di stem diantaranya gitar akustik, elektrik dan gitar metal. Sedangkan jika kita ingin menyelaraskan bunyi bunyian lainnya seperti seruling atau atlat musik lainnya sobat bisa pilih menu TONE.

Sekali lagi sobat tinggal pilih metode stem gitar paling cocok menurut sobat, namun sebaiknya jika sobat stem diatas panggung lebih cocok menggunakan aplikasi Android ketimbang yang online.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed