6 Hal Yang harus Diperhatikan Sebelum Membeli Headphone Bluetooth Gaming

6 Hal Yang harus Diperhatikan Sebelum Membeli Headphone Bluetooth Gaming

 Bermain game menggunakan efek suara yang realistis menjadi dambaan bagi para maniac game. Oleh karena itu memilih headset atau headphone yang cocok merupakan salah satu cara agar tantangan demi tantangan saat bermain games bisa memuaskan. Headphone yang mahal belum tentu sesuai untuk bermain games berkualitas, sebaliknya headphone ayng biasa biasa saja bisa lebih pas untuk digunakan untuk bermain berbagai games kesayangan.


Bermain games membutuhkan konsentrasi tinggi, dengan menggunakan headphone akan mengurangi gangguan gangguan orang lain disekitar kita yang bisa jadi akan membuyarkan konsentrasi. Tidak hanya grafis yang oke punya saja yang akan menambah puas bermain games, suara yang sudah difilter melalui mesin yang ada didalamnya juga akan mempengaruhi konsentrasi bermain games.


6 Hal Yang harus Diperhatikan Sebelum Membeli Headphone Bluetooth Gaming




Membeli headphone bluetooth sebenarnya tidak saja digunakan hanya untuk kebutuhan bermain games, Anda tentu akan memanfatkannya untuk kebutuhan pribadi mendengarkan musik, berkomunikasi dengan teman atau mendengarkan radio yang tentu akan punya persamaan kegunaan yaitu mendengarkan suara output yang berasal dari perangkat lain terutama desktop komputer, smartphone atau tablet maupun laptop.


Sangat disayangkan jika perangkat yang sudah Anda beli akhirnya tidak digunakan karena ketidaktahuan kita dalam memilih headphone yang cocok. Bukan berarti kita harus mencoba nya baru kita beli, namun setidaknya dari membaca spesifikasi dan fiturnya kita sudah mengerti seperti apa kecanggihan headphone yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita dalam bermain games. Apalagi biasanya saat ini kita sering membeli melalui toko toko online, kita harus mengetahui betul hal detil headphone sebelum memasukkan kedalam keranjang.


 Enam hal berikut ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih headphone bluetooth untuk bermain games kesayangan Anda sebelum benar benar membelinya :


1. Nyaman digunakan


Bagi penggemar games, duduk didepan layar dengan telinga tertutup headphone berjam jam sudah hal yang biasa. Bayangkan jika telinga Anda ditutup dengan headphone dengan keras atau busa yang menutup telinga menekan daun telinga kita lebih keras. Tentu hal ini akan membuat daun telinga akan sakit dan terasa ngilu, walaupun kadang saat bermain games tidak dirasakan. Baru akan terasa setelah usai bermain games. Walaupun tidak berdampak serius jika hal ini berlangsung terus menerus dan sepanjang waktu bisa jadi akan mempengaruhi kesehatan telinga kita. Belum lagi suara yang dikeluarkan dari speaker headphone yang jika tidak diperhatikan penggunaannya akan merusak gendang telinag kita. Oleh karena itu selain memperhatikan petunjuk penggunaan headphone yang benar juga perhatikan kenyamanannya. 



2. Pastikan PC/laptop untuk bermain games sudah dilengkapi fitur Bluetooth


Perangkat bluetooth akan berfungsi mentransfer data jika kedua perangkat yang akan dihubungkan kedua duanya mempunyai bluetooth. Oleh karena itu PC atau laptop Anda harus mempunyai bluetooth. Jika perangkat Anda tidak terdeteksi perangkat bluetooth, jangan buru buru membeli bluetooth usb / bluetooth external karena bisa jadi didalam laptop/ PC Anda sudah ada perangkat bluetooth namun belum terdeteksi drivernya. Oleh karena itu seeblum memutuskan membeli buetooth external, update dulu driver dilaptop atau PC Anda, jika masih saja belum terdeteksi Bluetooth, barulah bisa membeli bluetooth. Memastikan perangkat mempunyai bluetooth atau tidak harus dilakukan sebelum memutuskan membeli bluetooth. 


2. Fitur Kecanggihan suara


Saat ini kecanggihan suara headphone semakin menakjubkahn. Suara realistis yang keluar dari sumber suara benar benar memukau pengguna. Anmda bisa saja menggunakan Headphone namun terasa tidak menggunakan bahkan seolah olah Anda berada dalam ruangan teather yang besar dengan desain suara yang tidak bisa dieteksi derasal dari mana sumbernya. Suara seolah olah berasal dari segala arah. Tidak ltu saja, dengan teknologi yang semakin canggih, Headphone bisa mendeteksi kapan suara bisa keras dan kapan saatnya suara bisa pelan dan berbagai kecanggihan lainnya. Nah fitur fitur ini sering dikenal dengan fitur kecerdasan buatan (AI), AAC dan fitur surround sound yang diproduksi dari Dolby Atmos, DTS, SDDS dan lain lain. Pastikan setidaknya perangakt Headphone Anda punya filter suara diatas. atau salah satu diantaranya.



4. Sensitivitas Microphone


Tidak hanya mendengarkan suara, jika Anda bermain games online, Anda bisa saling terhubung dengan pemain lainnya untuk berkomunikasi. Fungsi microfon akan berguna jika anda mulai berkomunikasi dengan orang lain tersebut. sensitifitas mikrofon adalah patokan/ukuran dari seberapa besar output listrik yang dapat diproduksi untuk sound pressure input yang diberikan. Ini adalah cara efektif untuk membandingkan mic. Sebagian besar manufaktur mengetes dengan memberikan suara level 1 Pascal atau setara 94dB. Biasanya mic dengan output voltase lebih tinggi disebut ebih sensitif dibanding mic dengan output lebih rendah. Cara lain untuk mengetes performa mic adalah dengan Sound Pressure Level (SPL) maksimal. Biasanya dinilai dalam decibel (dBs) dan volume maksimal yang bisa di-handle mic tanpa terjadi distorsi. Biasanya ini dilakukan pada mic condenser (karena tidak timbul distorsi pada mic dynamic). Secara teori memungkinkan bagi lempeng koil menggetarkan mic dan terdistorsi, tapi tidak pernah terjadi saat dilakukan pengetesan tersebut pada mic dynamic.



5. Pengalaman Pengguna : Merk, Ketahanan, Dan Harga


Review sangat dibutuhkan untuk mengetahui headphone sebelum membelinya. 3 Hal penting yang harus diketahui oleh pengguna baru headphone bluetooth adalah Merk, ketahanan dan harga. Banyak orang yang menyarankan merk tertentu untuk mengetahui keawetannya, Ada yang menyarankan harga yang mahal tentu akan berbanding lurus dengan kualitas dan ketahanannya. Namun semuanya kembali kepada pengalaman pengguna, semakin banyak pengguna merk tertentu yang mereview kelebihan dan kekurangannya akan semakin baik untuk mengetahui bagaimana plus minus headphone bluetooth. Oleh karena itu banyak banyak mencari informasi reviw produk diinternet terutama untuk pengguna langsung.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli headphone bluetooth untuk bermain games.


Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------