Mengenal Mesin Dryer  Laundry Dan cara menggunakannya

Mengenal Mesin Dryer Laundry Dan cara menggunakannya

 Mesin pengering pakaian atau dryer adalah mesin laundry yang berfungsi untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci tuntas jadi tidak melalui proses penjemuran yang rawan tertukar dengan pelanggan lain. Ada dua jenis yang umum dipakai di laundry kiloan yakni dryer konversi dan dryer pabrikan. Dryer konversi merupakan hasil modifikasi dari yang asalnya pengering listrik diubah menjadi gas dan ini tanpa sepengetahuan dari pabrikan. Sedangkan dryer pabrikan memang dikhususkan untuk pengering pakaian kelas komersial.

Mengenal Mesin Dryer  Laundry Dan cara menggunakannya


Hampir semua jenis mesin cuci yang dijual di pasaran sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur dryer alias pengering. Namun, pengering pada mesin cuci tidak bisa mengeringkan pakaian 100%. Jika ingin kering total harus dijemur lagi. Namun seiring berjalannya waktu saat ini sudah diciptakan mesin pengring yang bisa menegringkan pakaian sampai 100%.  


Cara kerja mesin pengering cukup sederhana. Pengering akan mengeluarkan udara panas sehingga ruang di dalam tabung memanas. Tabung akan terus berputar mengacak-acak cucian, seperti halnya pada mesin cuci bukaan depan, hingga pakaian menjadi kering. Beberapa mesin pengering dilengkapi fitur cool air yang berfungsi untuk mengangin-anginkan bantal atau selimut supaya lebih empuk dan mengembang.


Mesin pengering baju juga dilengkapi timer sehingga dapat menentukan lama pengeringan. Beberapa mesin pengering modern bahkan sudah dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi ketika pakaian telah kering.



Cara menggunakan mesin pengering seperti pada tahapan tahapan berikut ini :

  • Pada saat pakaian telah selesai dicuci di mesin cuci, pindahkan cucian ke dalam tabung pemeras jika  memakai mesin cuci dua tabung. Untuk mempersingkat waktu pengeringan, gunakan kecepatan tertinggi pada saat proses spinning di mesin cuci. Hal ini untuk memastikan bahwa air yang terkandung di dalam cucian telah terbuang sebanyak mungkin.
  • Pilihlah pengaturan pengeringan yang Ibu inginkan, kemudian tinggal menunggu selama 30 menit hingga satu jam sampai mesin pengering menyelesaikan tugasnya.
  • Jangan lupa untuk mengecek label perawatan pada pakaian yang akan sikeringkan guna memastikan bahwa pakaian tersebut dapat dikeringkan menggunakan mesin pengering baju.
  • Hindari memasukkan terlalu banyak pakaian ke dalam pengering. Hal ini akan menyebabkan pakaian tidak memiliki ruang untuk mengembang sehingga membuatnya kusut. Selain itu, hindari mencampur pakaian berukuran besar dengan yang berukuran kecil agar semua pakaian kering secara merata.
  • Kalau pakaian bewarna hitam atau berwarna gelap lainnya, sebaiknya jangan dikeringkan menggunakan mesin pengering karena dapat membuat ketajaman warnanya berkurang.


Walaupun mesin pengering ini sangat praktis digunakan bagi orang orang sibuk namun dibanding dengan mesin cuci biasa harganya lebih mahal, membutuhkan daya listrik lebih besar dan resiko kerusakannya juga lebih rentan.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------