5 Fakta Tentang Keyboard Technics KN Series

5 Fakta Tentang Keyboard Technics KN Series

Tulisan artikel kali ini saya buat karena sulitnya saya mencari informasi tentang sejarah keyboard Technics, perusahaan yang memproduksi dan berbagai hal lainnya tentang eksistensi keyboard musik ini yang menurut saya unik. Beberapa forum keyboard musik lokal maupun internasional yang saya cari banyak sekali membahas tentang keyboard Technics terutana seri KN. Sebagian besar adalah membahas tentang tips, trik termasuk troubleshootingnya. Hal ini membuktikan bahwa Keyboard Technics masih sangat diminati pemusik keyboard baik didalam negeri maupu internasional. 

5 Fakta Tentang Keyboard Technics KN Series


Tidak sedikit seri KN yang diproduksi oleh Keyboard Technics dipasaran seperti KN 1000, KN 1200, KN 930, KN 920, KN 2000, KN 3000, KN 5000, KN 1500, KN 1600, KN 1400, KN 3500, KN 6000, KN 6500, KN 7000, KN 2400, KN 2600. Seri keyboard ini hampir semua keyboard lawas bahkan sebagian sudah diproduksi puluhan tahun yang lalu namun masih saja bayak beredar dipasaran. 


Nah, untuk mengobati rasa penasaran sobat Ngamen, setidaknya ada 5 fakta tentang keyboard technics yang saya peroleh dari berbagai forum yang membahas keyboard , berikut diantaranya :


1. Tidak ada dukungan situsnya


Pada umumnya jika kita mencari sebuah produk apalagi produk elektronik dengan brand terkenal pasti ada dukungan situsnya. Situs ini selain menginformasikan produk produk terbaru termasuk harga, biasanya juga menginformasikan troubleshoot dan berbagai hal seputar produk tersebut. Keyboard Technic KN tidak menyediakan situs dan dukungannya sehingga pengguna terutama pemula tidak mempunyai akses informasi tentang keyboard KN. Informasi yang valid biasanya hanya diperoleh dari mulut kemulut atau pengalaman pengguna setia keyboard KN.


2. Keyboard lama tidak diproduksi lagi harga menjadi mahal


Walaupun masih banyak peminat entah kenapa Technics tidak lagi memproduksi keyboard keyboard ini, setidaknya menambah fitur atau menyesuaikan fitur menjadi kekinian. Ternyata tidak demikian yang terjadi sehingga berakibat semakin langka. Disinilah berlaku hukum ekonomi supply dan demand. Barang yang langka akan memicu harga semakin tinggi apalagi keyboard ini masih saja dicari oleh pemusik keyboard baik untuk aksi panggung atau untuk kebutuhan keyboard musik rumahan atau bahkan di gereja. Dipasaran KN 7000 bahkan dijual dengan harga 29 juta.


3. Pengguna setia


Banyak pemain keyboard KN tidak mau beralih ke merk keyboard yang lain dengan berbagai alasan mulai dari kebiasaan menggunakan atau memainkan keyboard, suara yang realistis atau bahkan fitur yang tidak ada pada keyboard manapun. Alasan inilah pengguna setia walaupun sudah mencoba berbagai merk keyboard lainnya, namun biasanya tetap kembali ke keyboard KN.


4. Dangduter Mania


Bagi penggemar keyboard dangdut, keyboard melayu, keyboard qosidahan, atau keyboard musik daerah lainnya sudah tak asing menggunakan keyboard seri KN ini terutama untuk keyboard panggung solo. Terbukti banyaknya koleksi style lagu dangdut atau etnik yang diciptakan oleh para pemusik mania ini. Style style ini khusus dimainkan bagi pemusik yang kurang memahami dalam  mengiringi sebuah lagu secara manual terutama lagu lagu yang sulit dimainkan. bahkan untuk koleksi style terbaru juga banyak diperjual belikan di toko  toko online.


5. Keyboard Rombakan


Anda pengguna keyboard KN tentu sudah biasa jika keyboard Anda mungkin sudah diganti motherboardnya, displaynya, tuts, instal ulang softwarenya,  atau merombak penyimpanan yang biasanya penyimpanan jadul Floppy disk menjadi Usb atau SD card untuk penyimpanan stylenya. Bahkan ada beberapa yang lebih ekstrim jika kerusannya lebih parah seperti mengganti casingnya. Ditoko toko online pun juga tersedia part part keyboard KN dijual dan banyak yang laku. Hal ini membuktikan bahwa keyboard KN walaupun sudah rombakan juga masih banyak peminat.


Kesimpulan :


Membeli keyboard yang baik bukan berarti yang terbaru dan punya fitur kekinian yang lengkap. Keyboard jadul dengan berbagai fitur lama namun jika kualitas suara yang dihasilkan sangat realistis dengan suara aslinya tetap menjadi incaran penikmat musik keyboard.  Keyboard Technics KN Series telah membuktikan bahwa keyboard lama tidak kalah saing dengan keyboard jenis baru, bahkan beberapa jenis seperti KN 7000 telah dianggap menjadi keyboard legendaris para pemain keyboard panggung mania.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------