Pingin Lagu Anda Muncul Di Spotify, Joox, iTunes, Deezer, Google Play Music Dan Streaming Musik Digital Lainnya ? Begini Caranya

Pingin Lagu Anda Muncul Di Spotify, Joox, iTunes, Deezer, Google Play Music Dan Streaming Musik Digital Lainnya ? Begini Caranya

Sobat yang saat ini yang ingin menjadi musisi namun belum memiliki label musik apapun sobat gak usah pusing. Seorang musisi indie seperti sobat sebenarnya masih banyak cara untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah dengan cara memasukkannya dalam aplikasi streaming musik yang dizaman serba online ini hampir semua orang diseluruh dunia selalu mengaksesnya. Namun sayang Spotify, Joox dan iTunes bukan aplikasi audio sharing yang dengan bebas kita mengupload karya kita kemudian langsung bisa dinikmati semua orang. Mengapa demikian, website streaming musik digital punya cara sendiri untuk menilai seberapa harga karya yang pantas untuk dibayar kepada para musisi, tapi tahap ini dilakukan melalui mitra kerjasama dengan pihak ketiga. Pihak ketiga ini merupakan distributor musik yang bisa kita manfaatkan jasanya dengan biaya tertentu untuk memasang, merilis dan menayangkan lagu kita di situs atau aplikasi streaming Layaknya berjualan kita harus butuh modal untuk memasarkan produk kita.


Namun sebelum kita menjual produk lagu  kita ke distributor, sobat alangkah baiknya mengecek popularitas distributor distributor lagu melalui berbagai situs seperti Labelbase, Listenbylabel, Spotify Search by label, Dan Discogs. Disitu akan tampak berapa jumlah yang memfavoritkan berbagai distributor musik dari lagu yang tayang di berbagai aplikasi streaming. Beberapa mitra distributor atau label digital berikut yang biasa gunakan untuk memajang lagu lagu di berbagai aplikasi streaming digital termasuk spotify, Joox dan iTunes diantaranya adalah :

Netrilis


Netrilis merupakan distributor musik asal Indonesia, yaitu di Yogyakarta. Sejak 2015 Netrilis aktif dalam mendistribusikan musik indie Indonesia dengan tarif Netrilis plus 50 ribu rupiah per lagu dan Netrilis Pro 75 ribu rupiah per track lagu . Jika sobat berniat untuk menjual lagu melalui Netrilis sobat bisa membaca artikel INI

CD Baby


CD Baby merupakan salah satu distributor musik digital tertua, dimulai di tahun 1998 oleh Derek Sivers dan berkantor di Woodstock, New York. Selain mendistribusikan musik ke toko musik digital seperti Apple Music, Deezer, Spotify, dll, CD Baby juga punya toko musik sendiri yang diberi nama CD baby Store. Sobat dapat menggunakan jasanya mulai dari $9.95/tahun untuk 1 lagu.

TuneCore


Distributor musik ketiga bernama TuneCore. Sobat bisa mempromosikan lagu sobat di lebih dari 150 aplikasi musik digital di seluruh dunia dengan tarif  mulai dari  $9.99/tahun perlagu. Distributor yang bermarkas di Broklyn NewYork ini sudah berdiri sejak tahun 2005.


Setelah sobat mengupload lagu tinggal pantau di akun distributor musik atau langsung cek di toko musik yang tayang berapa jumlah pendownload atau stream lagu sobat, dari situ sobat akan tahu jumlah royalti yang akan dibayar dari disributor. Semangat terus untuk berkarya menciptakan lagu lagu berkualitas dan disukai oleh pendengar musik online.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed