10 Fitur Tersembunyi Spotify Lengkap Dengan Cara Menggunakannya

10 Fitur Tersembunyi Spotify Lengkap Dengan Cara Menggunakannya

Spotify merupakan layanan musik streaming asal Swedia, yang bermula di tahun 2008. Keberadaan Spotify di Indonesia populer 8 tahun kemudian yaitu tahun 2016. Walaupun termasuk layanan baru, Spotify langsung menjadi salah satu aplikasi streaming paling populer di Indonesia.Spotify memiliki layanan freemium yang mengharuskan pengggunanya berlangganan agar dapat menikmati musik tanpa iklan.

Dari segi tampilan Spotify memiliki tampilan simple,tampilan simple membuat Spotify jadi lebih mudah digunakan dan lebih ringan dibandingkan aplikasi streaming lainnya.


Selain itu kualitas streaming musik Spotify ada tiga macam yaitu normal (96kbps), High  (160kbps) dan extreme (320kbps),perbedaan ketiganya adalah dari segi bitrate dimana semakin tinggi angka bitrate maka semakin baik kualitas dari musik tersebut.

Soal koleksi musik Spotify menyediakan jutaan musik untuk diputar  dengan banyak fitur menarik, fitur menarik spotify salah satunya adalah  playlist berdasarkan genre dan mood yang sangat variatif. Tersedia genre rock,pop hingga indie, dan tersedia mood seperti Game on, Kopikustik dan Semangat Pagi

Spotify dapat digunakan dengan aplikasi pada PC dan smartphone. Selain itu spotify juga dapat digunakan tanpa aplikasi pada PC yaitu dengan web player pada browser.

Biaya berlangganan spotify adalah Rp.49.990 setiap bulan, tersedia juga paket family yang dapat digunakan untuk 5 orang seharga Rp.79.000 setiap bulan, Spotify juga punya harga khusus pelajar dengan Rp.24.990 setiap bulan. Dan Rp 599.880 selama satu tahun. Keuntungan berlangganan spotify adalah dapat memutar dan “skip” lagu tanpa batasan , mendownload musik spotify tanpa batasan dan menikmati musik tanpa gangguan iklan.

Bicara Spotify sepertinya taka ada habisnya. Nah daripada terus penasaran, sobat Ngamen pasti ingin tahu memanfaatkan Spotify semaksimal mungkin untuk kebutuhan mendengarkan musik streaming sehari hari, berikut diantaranya :

1. Membuat Playlist dengan AI


Membuat playlist di Spotify rasanya kurang keren kalau tidak memanfaatkan fitur AI. Fitur yang disematkanSpotify ini diberi nama "assisted playlisting" yang fitur yang merekomendasikan nama playlist paling cocok untuk daftar lagu di Spotify sobat Ngamen dengan dibantu kecerdasan buatan / Artificial Intelligence. 

Cara memfungsikan disaat sobat membuat playlist baru, Spotify akan langsung menganalisa kata yang sobat gunakan sebagai judul playlist untuk memberi rekomendasi lagu. Kemudian ketika sobat memasukkan lagu ke dalam playlist, aplikasinya akan langsung memberikan rekomendasi yang lebih spesifik lagi setelah mempelajari selera musik yang sobat sukai.

2. Membuat Playlist Bersama sama


Disaat sobat berkumpul bersama teman teman dalam satu event sambil dengerin musik bersama, Spotify punya fitur collaborative playlist yang berfungsi untuk memasukkan lagu lagu pilihan teman teman sobat dalam satu playlist. Caranya sangat mudah cukup klik kanan playlist mana saja kemudian pilih opsi Collaborative Playlist. Setelah opsi ini diklik, teman-teman yang telah kalian beri akses bisa menambahkan atau menghapus lagu yang mereka inginkan. Kalau sobat sudah merasa bosan dengan selera musik teman kalian yang jelek, kalian cukup nonaktifkan saja fitur ini.

3. Mengembalikan Playlist yang Terhapus


Ketika sobat tidak sengaja menghapus sebuah playlist, tak usah khawatir karena Spotify punya fitur yang memungkinkan sobat untuk mengembalikan playlist yang sudah terhapus dengan cara yang sangat mudah. Cukup dengan login ke akun sobat di situs Spotify, kemudian masuk ke halaman profil. Di situ sobat akan menemukan tab Recover playlists yang ada di sisi kiri layar. Tinggal pilih playlist yang ingin sobat pulihkan, klik Restore dan playlist  akan kembali seperti semula.

4. Memfilter Tahun Lagu


Kadang kala group band atau musisi memiliki beberapa tahun tertentu di mana kualitas musik mereka sedang menurun. Jika sobat tidak ingin mendengarkan periode ini, kalian bisa menggunakan "year" untuk mengubah hasil pencarian.

Contohnya sobat hanya ingin mendengar musik Black Sabbath dari tahun 1970 sampai 1975 saja, cobat cukup search Black Sabbath di bar pencarian Spotify dan tambahkan "year:1970-1975" dibelakangnya tanpa spasi. Nah, di hasil pencarian akan muncul lagu dan album Black Sabbath yang dirilis hanya antara tahun 1970 dan 1975 saja dan tahun yang lain tidak ditampilkan.

5. Keyboard Shortcut


Disaat sobat Ngamen ingin memakai aplikasi Spotify di PC, tips ini akan sangat membantu. Sobat bisa dengan mudahnya mengontrol Spotify dengan beberapa tombol di keyboard. Contohnya untuk memainkan atau mem-pause suatu lagu sobat dapat memakai tombol Space, untuk pindah ke lagu berikutnya sobat bisa tekan Ctrl+ tombol panah kanan di Windows atau Ctrl+Cmd+Right di Mac. Berikut selengkapnya :

FungsiWindowsMac
Buat playlist baruCtrl-NCmd-N
PotongCtrl-XCmd-X
SalinCtrl-CCmd-C
Salin (link alternatif)Ctrl-Alt-CCmd-Alt-C
TempelCtrl-VCmd-V
HapusDelDel, Backspace
Pilih semuaCtrl-ACmd-A
Play/pauseSpaceSpace
UlangCtrl+RCmd-R
ShuffleCtrl+SCmd-S
Lagu berikutnyaCtrl-KananCtrl-Cmd-Kanan
Lagu sebelumnyaCtrl-KiriCtrl-Cmd-Kiri
Perbesar volumeCtrl-AtasCmd-Atas
Perkecil volumeCtrl-BawahCmd-Bawah
MuteCtrl-Shift-BawahCmd-Shift-Bawah
Volume maksCtrl-Shift-AtasCmd-Shift-Atas
Tunjukkan bantuanF1Cmd-Shift-?
Filter (di Lagu dan Playlist)Ctrl-FCmd-F
Fokus ke bidang cariCtrl-LCmd-Alt-F, Cmd-L
Kembali Alt-KiriCmd-Alt-Kiri, Cmd-[
Maju Alt-KananCmd-Alt-Kanan, Cmd-]
Putar baris terpilihEnterEnter
PreferensiCtrl-PCmd-,
Keluar sebagai pengguna aktifCtrl-Shift-WCmd-Shift-W
KeluarAlt-F4Cmd-Q
Sembunyikan jendela-Cmd-H
Sembunyikan jendela aplikasi lainnya-Cmd-Alt-H
Tutup jendela-Cmd-W
Perkecil jendela-Cmd-M
Pulihkan dari perkecil-Cmd-Alt-1

6. Tampilkan di Google Maps dan Waze


Fitur ini sangat cocok jika sobat ingin mendengarkan musik ditengah perjalanan. Caranya mudah saja, pastikan smartphone kalian memiliki aplikasi Spotify dan Waze. Setelah itu buka Waze dan klik search bar di bawah, kemudian ikon Settings. Setelah itu tap Spotify dan tap toggle Connect Spotify. Nantinya kalian akan melihat logo Spotify di sudut kanan atas yang bisa kalian klik untuk membuka menu Spotify di dalam Waze.

Sedangkan untuk Google Maps kalian bisa akses menu Settings kemudian Navigation. Kalau kalian menggunakan Android, pilih opsi Show media playback controls atau jika kalian menggunakan iOS pilih opsi Music playback controls. Setelah itu pilih Spotify dan kalian akan bisa mengakses musik Spotify di bagian bawah layar.

7. Fitur Irit Paket Data


Fitur Data Saver cocok bagi sobat yang ingin mengirit pulsa internet bahkan spotify bisa menghemat kuota sampai 75% seperti yang di klaimnya. Caranya cukup sederhanadengan memanfaatkan cache data dari lagu yang baru dimainkan di smartphone kalian. Untuk mengaktifkannya kalian cukup mengakses Settings di aplikasi mobile Spotify dan cari opsi Data Saver di bagian paling atas.

8. Dengarkan di Web


Diosaat menggunakan komputer kantor yang tidak bisa diinstal software, sobat tetap bisa mendengarkan Spotify lewat komputer tersebut kok. Caranya dengan membuka play.spotify.com dan sobat bisa mendengarkan lagu tanpa menginstal aplikasi Spotify.

9. Menambahkan Musik yang Tidak Ada di Database Spotify


Jika sobat ingin menambahkan musik yang tidak ada di Spotify, caranya cukup buka aplikasi desktop Spotify kemudian pilih menu Preferences. Scroll down hingga kalian menemukan opsi Add a Source dan pilih folder tempat musik kalian. Setelah musik ini dimasukkan, kalian bisa melihatnya di bagian Local Files yang ada di sidebar sebelah kiri.

10. Sembunyikan Lagu yang Memalukan


Tidak ingin selera musik sobat yang cenderung "aneh" diketahui orang banyak? Jangan khawatir, sobat bisa sembunyikan di Spotify dengan mengaktifkan fitur Private Session. Cari menu Settings, lalu pilih opsi Private Session. Jika fitur ini aktif, tidak ada yang bisa melihat musik apa yang baru saja sobat putar. Fitur ini akan terus aktif kecuali sobat tidak menggunakan Spotify selama enam jam.

Demikian semoga fitur tersembunyi ini bisa memaksimalkan menikmati musik kesukaan sobat di spotify.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed