7 Sumber Penghasilan Seorang Musisi, Nomor 1 Paling Menjanjikan

7 Sumber Penghasilan Seorang Musisi, Nomor 1 Paling Menjanjikan

Menghasilkan karya musik berupa lagu ciptaan sendiri tidak cukup untuk dinikmati sendiri atau orang orang di sekitar kita. Jika sobat punya potensi dan bakat untuk menjadi musisi maupun artis penyanyi sesuai dengan kreasi sendiri tanpa terikat dengan label musik manapun sobat punya kesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Istilah umum yang biasa disebut dengan musisi Indie. Setelah sobat melakukan promosi atau branding musik baik dari panggung ke panggung atau melalui Youtube atau jaringan media sosial, saatnya sobat untuk menjual hasil karya sendiri menjadi penghasilan. Layaknya berwirausaha pada umumnya, sobat harus jeli melihat peluang  dan selera musik pendengar. Feedback apresiasi positif maupun komentar negatif yang sobat dapatkan dari hasil promosi musik bisa menjadi tolok ukur seberapa populer lagu hasil karya sobat. Hal ini tak terlepas dari media promosi baik secara langsung ke audiens maupun melalui media elektronik, media sosial dan berbagai cara lainnya. Banyak cara seorang pemusik mendapatkan penghasilan dari lagunya dan setidaknya 7 cara ini bisa sobat lakukan untuk mengalirnya pundi pundi penghasilan seorang pemusik :

1. Youtuber


Jangan remehkan penyanyi yang memanfaatkan media youtube untuk mengenalkan lagunya kepada publik. Jika lagu lagu yang sobat nyanyikan bisa berada dihati pendengar, maka penghasilan akan didapatkan bahkan bisa jadi lebih besar adri penghasilan saat manggung offair. Setidaknya 6 musisi ini bisa menjadi inspiratsi bahwa musisi youtube bisa menjadi alternatif cara untuk branding yang paling jitu. Ada Sabyan Gambus, yang mengantongi 4,1 juta subscriber dari akun Adsensenya group ini bisa mendapatkan penghasilan 3,2 - 51 milyar per tahunnya. Hanin Diya, Finalis Rising Star Indonesia Ini bisa mengantongi 588 juta hingga 9,4 milyar pertahun dari modal 1,9 juta subscriber, Ixora/Wayan  terkenal karena cover drum untuk sejumlah lagu populer dalam dan luar negeri. Channel YouTube Ixora diikuti 1,2 juta subscribers dan diperkirakan bisa menghasilkan Rp 579 juta hingga 9,2 miliar dalam setahun. Nathan Fingerstyle, youtuber pemain gitar dengan 1,2 subscriber, Brian Immanuel dengan 1,1 juta subscriber, Heiakim musik dengan 799 ribu subscriber. Masih meremehkan youtuber musik ?

2. Ngamen 


Hal sederhana dan yang paling mudah dilakukan adalah dengan Ngamen. Anggapan mengamen adalah mengemis harus dibuang jauh jauh karena sobat bukanlah peminta minta namun menjual jasa dengan memperdengarkan karya musik. Oleh karena itu walaupun dengan cara sederhana skill bermain gitar harus ditingkatkan. Janganlah apresiasi penikmat musik bukan karena rasa kasihan namun memang ada sesuatu yang bisa dinikmati dan jerih payah bermain musik dengan gitar dibayar dengan uang. Tempat tempat yang strategis seperti lampu merah, terminal, dalam bis umum, tempat wisata atau restoran bisa sobat pilih untuk mengamen. Virgiawan Listanto (Iwan Fals) merupakan musikus yang merintis kariernya dari mengamen.

3. Manggung menjadi homeband di sebuah cafe


Jika sobat tergabung dalam satu grup band, sobat bisa manggung kafe atau restoran restoran besar yang menyediakan live musik minimal 1 minggu sekali. Kebanyakan Cafe atau restoran mengadakannya ketika akhir pekan. Ada juga yang mengadakan live music-nya saat weekdays. Untuk sekali manggung, biasanya homeband akan mendapatkan pemasukan 100 ribu sampe 1,5 juta setengah per orang setiap kali manggung. Tergantung cafenya, kalau tempat atau dikota yang kecil ya kemungkinan pendapatannya kamu kecil.Tapi kalau kamu mainnya bagus dan rapi, sobat akan dapat tempat yang lebih besar, crowd yang asik, dan biasanya honornya juga lebih lumayan


4. Manggung menjadi session Player


Mungkin sobat belum tahu apa yang dimaksud session player. Nah, session player itu adalah pemain band yang biasanya mengiringi penyanyi solo ketika manggung. Biasanya yang menggunakan jasa Session Player adalah musisi solo yang butuh band sebagai pengiring ketika manggung contohnya seperti Raisa, Tulus, Isyana Sarasvati, mereka menggunakan Session Player. Pendapatannya tergantung, bisa mulai dari 750 ribu sampai bisa 4 juta kalau misalnya artisnya sudah sangat terkenal.kalau misalkan artisnya dapet manggung selama 10 kali, berarti tinggal diakumulasikan. Kalau misal honornya 750ribu berarti 7,5 juta/orang untuk sebulan. kalau misalnya 2 juta, berarti 20 juta perbulan. Ada juga session player yang bekerja dengan komposer seperti Erwin Gutawa, Dian HP, Andi Rianto, dan lain-lain. Disana pendapatannya lumayan juga, tapi effortnya juga harus lebih besar. Karena harus bisa membaca not. Biasanya latihannya itu bukan ngulik, biasanya ngasih not.kalau mau menjadi session player seperti ini, sobat harus mengupgrade skill untuk bisa membaca not.

5. Manggung menjadi panggung keyboard atau organ tunggal di hajatan


Jika sobat ingin menggeluti menyanyi di panggung keyboard, sobat harus rela untuk naik turun panggung dari stu tempat ke tempat lainnya. Jika masih bersifat lokal sobat masih berkeliling dalam satu kota, namin jika band musik keyboard sudah terkenal sobat bisa manggung sampai luar provinsi. Namun banyak juga penyanyi keyboard menjadi penyanyi panggung sebagai sampingan , untuk itu bisa ambil di akhir pekan saja atau dihari saat dimana pekerjaan utama lagi off. Bagi sobat yang memilih jalur ini biasanya ingin berkarid di musik dangdut atau musik daerah atau lagu lagu qosidah. Saran bagi teman teman pemusik panggung keyboard untuk memilih group musik yang mengutamakan kualitas suara dan tidak mengumbar sensualitas dan goyangan yang justru akan mengurangi kredibilitas penyanyi walaupun disi lain bisa meningkatkan popularitas dan tentunya penghasilan.


6. Upload Lagu di Streaming Musik Online


Jika sobat sudah mampu branding dan sudah terkenal karena berbagai hal seperti salah satunya menjadi pemenang kontes menanyi di berbagai ajang lomba di televisi, tidak sulit untuk merilis karya karya sobat di aplikasi streaming seperti Spotify, Joox, Deezer dan lain lain. Penghasilan penyanyi penyanyi internasional berasal dari penghasilan royalti dari situs situs ini walaupun sebagian besar pengasilannya masihdidapat dari berbagai tur. Sebutlah U2, misalnya, menghasilkan US$54,4 juta (Rp 825,3 miliar) dan menjadi penampil musik dengan bayaran termahal di tahun 2017, menurut laporan Money Makers tahunan dari Billboard. Dari total pendapatan mereka, sekitar 95% atau US$52 juta berasal dari tur, sementara kurang dari 4% diraup dari streaming dan penjualan album. Ada Garth Brooks, penampil musik termahal kedua dalam daftar tersebut, memperoleh sekitar 89% penghasilannya dari tur. Sementara itu, Metallica yang menduduki posisi ketiga sebagai musisi termahal mendapatkan 71% penghasilannya lewat tur dan sisanya berasal dari situs streaming. Jika sobat ingin mencobanya silahkan baca artikel cara menampilkan lagu di Spotify, Joox, iTunes dan lain lain.

7. Kerjasama Pihak ketiga untuk promosi


Mungkin sobat masih ingat saat membeli produk ayam goreng KFC disuruh membeli CD lagu .Atau sobat sering mendengar lagu saat menelepon. Nah, cara cara seperti ini bisa sobat gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari penjualan produk fisik seperti CD maupun produk digital seperti contohnya RBT dengan memanfaatkan pihak ketiga Di posisi ini sumber penghasilan itu bisa lebar banget. Sobat bisa dapetin penghasilan selain dari manggung off-air, on-air, Lalu ada juga ada tawaran-tawaran lain entah menjadi model iklan, lagunya di pakai jingle, atau ada produk-produk yang mau bekerjasama dengan kamu. Banyak banget yang bisa kamu dapetin.Tapi ini adalah level yang cukup panjang, gak semua orang mampu buat sampai situ. Butuh sabar, butuh tekun, konsisten dan lain-lain. selain juga nasib yang baik, promosi yang baik, dan positioning yang tepat.


Selain yang disebutkan diatas, masih banyak kesempatan terbuka lebar untuk mencari penghasilan dari pengalaman dan kemampuan bermusik sobat seperti menjadi Arranger, song writer, pembuat jingle dan lain-lain. Tentu semakin banyak keahlian sobat dalam bermusik akan semakin banyak penghasilan yang sobat dapatkan. Selamat berkarya, berkreasi untuk mendapatkan penghasilan dari karya musik berkualitas dari sobat Ngamen.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed