Mengenal Netrilis, Situs Distributor Musik Online Indonesia

Mengenal Netrilis, Situs Distributor Musik Online Indonesia

Dizaman serba canggih saat ini hampir semua pemilik smartphone hal yang wajib untuk memasang aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox, Deezer, Google Play Music, iTunes dan banyak lagi streaming musik lainnya. Hal ini merupakan angin segar bagi musisi Indonesia baik yang bernaung di dalam satu bendera label maupun pemusik indie untuk memasarkan atau mempromosikan single terbaru atau yang favorit ke berbagai palikasi streaming diatas. Salah satu distributor musik yang saat ini bisa sobat gunakan untuk menayangkan lagu adalah Netrilis.


Sejak 2015 Netrilis aktif mendistribusikan berbagai lagu ciptaan musisi Indonesia. Sebagai contoh sobat bisa cek di Spotify banyak sekali lagu di playlist Katalog Netrilis. com. Hal ini membuktikan banyak musisi yang mempercayakan Netrilis untuk menayangkan lagu lagunya.

Dikutip dari situs Netrilis .com, distributor asli Indonesia yang bermarkas di Jogjakarta ini memberikan wadah bagi band atau penyanyi solo untuk merilis karyanya secara mandiri baik melalui rilis digital (melalui aplikasi music store) maupun  rilis fisik (berbentuk CD). Melalui sebuah kerjasama saling menguntungkan, Netrilis menawarkan revenue yang menjanjikan di setiap lagu yang diunduh atau diputar di aplikasi streaming. 

Musik akan dikatalogkan di 2 tipe stores, yaitu Download (seperti iTunes, Amazon, dll) dan Streaming (Spotify, Deezer, Apple Music, dll). Untuk tipe Download berarti sobat akan mendapatkan revenue ketika lagunya dibeli (for listening) / didownload. Sedang untuk tipe Streaming; artist akan mendapatkan revenue setiap lagunya diputar (oleh member premium).

Stores menerapkan dan menyesuaikan tarif download yang berbeda untuk setiap regional, nilai yang tampil pada stores adalah nilai before cut. Misalnya iTunes (USA) menawarkan $5 s/d $9 per album dan 60 - 70 cent per single sebelum dipotong berkisar 10% oleh Apple.

Nilai penghasilan sangat relatif, misalnya Spotify; akan membayar artist setiap lagu yang (oleh premium member) dengan nilai yang tidak tetap, yaitu $0.00.. (tergantung regional, currency dan durasi lagu diputar). Dimana dapat dikira-kira +/- $0.006 s/d $0.008 per stream. 

Untuk itu semua, Netrilis menawarkan 2 jenis tarif untuk distribusi digital selengkapnya sebagai berikut :

LAYANAN

NETRILIS PLUS

NETRILIS PRO

Hak Cipta100% Artist100% Artist
Royalty75% Artist75% Artist
Bentuk KerjasamaNon-Exclusive
tidak mengikat Artist
Non-Exclusive
tidak mengikat Artist
Format RilisHigh Qualitfy MP3
44.1khz, 320kbps
High Qualitfy WAV
44.1khz, 16bit
StoresiTunes, Spotify, Deezer, Amazon, iHeartRadio, Napster, Netease, Tidal, Shazam,
etc
iTunes, Spotify, Deezer, Amazon, iHeartRadio, Napster, Netease, Tidal, Shazam,
Google Play Music, Kanjian, 8tracks, 7digital, Line Music, Facebook + Instagram Music, etc
Youtube ©Yes,
Rp.15.000/track
Yes,
Free
Facebook RightsNoYes,
Free
Digital Collective RightsNoYes,
Free
Bisa Custom LabelYes
Rp.25.000/rilis
No
Bisa Rilis Cover VersionYesNo
Metadata CreditsTitle, Artist, © Copyright, ℗ LabelTitle, Artist, © Copyright, ℗ Label, Producer, Composer
Proses Avaiable di Stores± 2 Minggu s/d 1 Bulan± 1 Minggu s/d 2 Minggu
Masa EdarLifetime / seterusnya,
selama tidak ada perubahan dari stores
Lifetime / seterusnya,
selama tidak ada perubahan dari stores
Biaya TahunanTidak Ada / GratisTidak Ada / Gratis
Royalty75% Artist75% Artist
TarifRp.50.000/trackRp.75.000/track
Nah, jika sobat ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana bentuk kerjasama menguntungkan dengan netrilis sobat langsung bisa kunjungi situsnya di netrilis. com dan jika sudah setuju langsung bisa mengisi formnya dengan cara klik menu Submission.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed