Aplikasi Radio Streaming Untuk PC Dan Android Gratis Rekomendasi Blog Ngamen

Aplikasi Radio Streaming Untuk PC Dan Android Gratis Rekomendasi Blog Ngamen

Jika sobat Ngamen berada ditempat yang jauh dengan stasiun radio kesayangan sobat dan tidak bisa terjangkau dengan siaran radio konvensional, tentu pilihan paling pas adalah streaming dengan memanfaatkan jaringan internet. Demikian juga jika sobat ingin mengetahui perkembangan dunia musik dengan berbagai macam genre di seluruh dunia cara paling pas adalah mendengarkan siaran radio online streaming yang jangkauannya tidak terbatas keseluruh penjuru dunia. Oleh karena itu banyak aplikasi streaming musik online yang menambahkan fitur radio streaming didalamnya.

Banyak sekali kelebihan memanfaatkan fitur radio streaming walaupun butuh kuota internet untuk aksesnya. Kualitas suara yang lebih bagus dengan jutaan stasun radio seluruh dunia dapat diakses dengan gratis. Selain itu bisa kita nikmati dimana saja dan kapan saja bisa menggunakan laptop / PC maupun melalui smartphone Android. Bisa memilih stasiun radio dengan memilihnya by genre, by country atau jenis filter lainnya. Demikian juga radio lokal seluruh penjuru Indonesia bisa diakses tanpa batas selagi masih ada jaringan internet dan kuota internet. Kelebihan lainnya kuota internet yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Saya pernah menghitung selama 1 jam akses radio tidak sampai 100 mb kuota yang dibutuhkan, demikian juga  kecepatan internet juga tidak telalu cepat, jaringan 3G pun sudah mampu untuk mendengarkan radio tanpa putus putus.

Sebagai penggemar musik sambil ngeblog saya selalu mendengarkan radio online baik melalui ponsel Android maupun laptop. Beberapa aplikasi pernah saya coba untuk mencari yang terbaik menurut kategori saya termasuk aplikasi radio yng cukup terkenal yaitu TuneIn. Standar aplikasi yang ingin saya pilih adalah tidak terlalu memakan ruang penyimpanan, tidak ditambah dengan fitur lainnya (cukup radio saja), station radio streamingnya tidak banyak yang mati dan jumlah stasiun radio di Indonesia lebih lengkap. Dari kategori diatas untuk aplikasi berbasis PC pilihan saya adalah RadioSure dan untuk aplikasi Android saya pilih Replaio Radio. Nah, dari kedua aplikasi tersebut saya akan review di artikel kali ini :

Radio Sure


RadioSura adalah salah satu aplikasi internet radio berbasis windows favorit saya. Alasannya adalah selain aplikasi installernya  hanya 6 mb, kita bisa menghapus station radio yang streamingnya mati dan bisa menambahkan link streaming radio yang belum ada di RadioSure. Cukup dengan versi gratis saja sudah cukup untuk menggunakan kapanpun kita inginkan. Kita bisa memilih stasiun radio yang kita inginkan melalui filter by language, by country, by genre dan by title. Selain itu RadioSure secara  otomatis stasiun radio terupdate sendiri dengan jumlah lebih kurang 30.000 stasiun radio di seluruh dunia. Yang paling saya sukai juga adalah fitur merekam lagu dengan format mp3 walaupun dengan versi gratisan. Tampilan yang ringan, responsif dan mudah difahami bagi orang awam sekalipun. 

Stasiun radio lokal juga sangat lengkap bahkan bisa kita tambahkan sesuai selera kita. Cara menambahkannya pun tidak sulit. Mungkin yang sulit adalah berburu link di situs situs radio online yang akan kita copy intuk kita pastekan di link streaming RadioSure. Mengapa demikian ?, Link yang kita pasang bisa jadi tidak berfungsi. Kita butuh trial error dan bersabar untuk mencari link streaming yang berfungsi dengan cara menghapus dan menambah sampai mendapatkan link yang hidup semua. Skin atau tampilannya juga bisa diganti ganti sesuai selera. Nah, sobat silahkan coba RadioSure.

Replaio Radio


Jika sobat ingin menikmati streaming radio berbasis Android coba gunakan aplikasi Replaio Radio. Aplikasi yang satu ini sangat ringan karena aplikasinya hanya 5 mb dan bisa dipasang pada smartphone yang minim RAM maupun penyimpanannya. Fiturnya sangat lengkap mulai theme, background tampilan, kualitas streaming. Sobat juga bisa setting autoplay otomatis disaat earphone dicolok dan berhenti otomatis setelah dicabut. Sobat juga bisa mengintegrasikan Replaio Radio dengan Spotify dan Last.fm yaitu radio internet berbasis sosial media yang menjadi rekomendasi banyak musik saat ini yang berbasis di Inggris.

Walaupun stasiun lokal di Indonesia tidak sebanyak RadioSure namun semua link streamingnya hidup dan semua bisa diputar dengan baik. Walaupun sedikit namun hampir setiap kota di Indonesia terdapat stasiun radio di Replaio. Fitur gratisannya cukup bisa menghibur dengan streaming yang sangat ringan dan hampir tidak putus putus walaupun dengan kecepatan internetyang minim sekalipun. Jika sobat ingin menikmati berbagai fitur lengkapnya bisa menggunakan versi Pro.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed