2 Aplikasi Pembuat Partitur Lagu Notasi Balok Yang Sering Digunakan Komposer Lagu

2 Aplikasi Pembuat Partitur Lagu Notasi Balok Yang Sering Digunakan Komposer Lagu

 Bagi sobat ngamen yang punya hobi dan terbiasa menulis atau membuat lagu menggunakan not balok secara tradisional atau menggunakan kertas dan alat tulis, dengan semakin berkembangnya teknologi aplikasi baik berbasis Android maupun lainnya akan sangat bermanfaat karena bisa menyelesaikan pekerjaan menulis nada  lagu atau composing lagu semakin cepat rapi dan mudah. Tinggal sekarang bagaimana sobat ngamen mempelajari tutorialnya dan menyesuaikan dengan masing masing jenis pekerjaan menulis lagu yang sobat tulis.


Membuat partitur lagu mungkin sebagian sobat masih asing dengan pekerjaan ini. Namun bagi komposer lagu membuat partitur adalah hal biasa dalam bagian dari mencipta sebuah lagu baru. Jika sobat baru mengenalnya partitur merupakan istilah umum yang mendiskripsikan tentang kertas musik atau standar notasi musik. Notasi musik adalah sistem penulisan karya musik. Dalam notasi musik, nada dilambangkan dengan not (walaupun kadang penggunaan istilah nada dan not saling dipertukarkan). Tulisan musik biasa disebut partitur.


2 Aplikasi Pembuat Partitur Lagu Notasi Balok Yang Sering Digunakan Komposer Lagu



Partitur adalah tulisan yang digunakan untuk menyampaikan atau menyimpan nada-nada oleh musisi. Partitur disebut juga dengan tulisan musik. Tujuan pembuatan lembaran musik atau partitur, adalah sebagai sarana, atau catatan panduan untuk bermain musik.


Notasi musik standar saat ini adalah notasi balok, yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk setiap nada menunjukkan ketinggian nada dan durasi nada tersebut. Tinggi nada digambarkan secara vertikal, sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horizontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.


Notasi balok adalah adalah sistem penulisan karya musik atau lagu yang dituangkan dalam bentuk gambar. Gambar-gambar yang melambangkan bunyi dituliskan dalam not balok sesuai dengan tinggi rendah dan sifat bunyi yang dilambangkan. Dalam materi not balok dikenal beberapa istilah, seperti paranada, tanda kunci, birama, garis birama, bar, dan garis penutup.


Selain menggunakan aplikasi notasi balok sebagian pemusik dan pencipta lagu juga menuangkannya dalam bentuk aplikasi notasi angka. Namun diartikel kali ini saya hanya akan berbagi aplikasi yang bisa digunakan untuk menulis lembaran musik menggunakan not balok :


1. Musescore


2 Aplikasi Pembuat Partitur Lagu Notasi Balok Yang Sering Digunakan Komposer Lagu :Musescore Ngamen blog


Musescore adalah aplikasi berbasis wondows dan belakangan dikembangkan berbasis  Android.  Menurut beberapa pengguna musescore lebih mudah mengaplikasikan notasi berbasis windows. Selain itu aplikasi yang open source sobat juga punya full akses tanpa dibatasi dan bersifat gratis. Untuk menggunakan musescore berbasis windows sobat cukup dengan mendownload dilaman musescore dot org dan menginstalnya. Versi terbaru sampai artikel ini ditulis yaitu 3.5.2 yang sudah support Windows 10 baik yang 32 bit maupun 64 bit.


Setelah diinstal sobat langsung bisa menggunakannya tanpa registrasi. Untuk memulai menulis komposisi Klik Pilihan “Create New Score, kemudian tulis Judul, Sub-judul, komposer, lirik dan lain lain. Lalu tentukan alat musik yang akan dipakai, buat tanda kunci, tentukan birama dan sobat sudah bisa memulia menulis lagu dengan not balok. Setelah selesai menulis sobat bisa exprt filenya dalam bentuk pdf. Untuk mempelajari fitur fiturnya di aplikasi terbaru sobat bisa menonton tutorialnya di laman Youtube ini.




2. Sibelius 7


2 Aplikasi Pembuat Partitur Lagu Notasi Balok Yang Sering Digunakan Komposer Lagu : sibelius 7 Ngamen blog


Sibelius 7 adalah aplikasi kedua yang bisa sobat gunakan untuk menulis partitur not balok. Asal usul sibelus sendiri mempunyai sejarah panjang. Pada tahun 1986 Ben dan Jonathan Finn, saudara kembar yang berasal dari Britania Raya, memulai membuat perancangan program Sibelius untuk Acorn Archimedes. Penamaan Sibelius berasal dari nama seorang komposer Finlandia, Jean Sibelius, yang merupakan salah satu komposer favorit mereka. Alasan mengapa mereka menciptakan program tersebut karena mereka adalah mahasiswa musik yang kurang menyukai proses menulis dengan tangan.Oleh karena itu mereka membuat sebuah program yang dapat mempermudah penulisan musik.


Ben dan Jonathan Finn menjual produk mereka secara luas pada bulan April tahun 1993, dengan memori yang masih kecil, hanya kurang dari 1 MB, untuk sistem operas RISC. Pengguna pertama program Sibelius adalah Richard Emsley, komposer Inggris, yang menggunakannya sebelum rilis dan merekomendasikan Sibelius untuk dipakai oleh para musikus lainnya. Partitur yang pertama kali dicetak adalah Antara, oleh George Benjamin. Pengguna awal lainnya yang cukup dikenal kalangan masyarakat adalah John Rutter, dirigen Michael Tilson Thomas, dan penerbit Music Sales. Sejak itu, Sibelius dengan cepat mendominasi pasar Inggris.


Pada tahun 1998, versi pertama untuk Windows dirilis, yaitu Sibelius 1.0.[2] Versi untuk Mac baru dirilis sebulan kemudian. Sibelius semakin dikenal banyak orang hingga membuka cabang di Amerika Serikat pada akhir tahun 1996, dan meraih kesuksesannya pada tahun 1999, dengan perubahan menjadi Sibelius 1.2.


Pada bulan Agustus 2006, Sibelius Software Ltd. diambil alih oleh Avid (perusahaan Amerika yang bergerak di bidang software dan hardware untuk produksi audio dan video).[3] Avid terus merilis versi-versi Sibelius sebagai satu-satunya produk yang dapat menulis not balok serta mengintegrasikannya dengan beberapa software yang ada.



Jika sobat sudah profesional dalam menulis not terutama yang biasa digunakan dalam penulisan, menggubah maupun mengedit musik klasik paduan suara maupun modern. Aplikasi ini sama berbasis windows yang sering digunakan namun sayangnya berbayar. Namun bagi sobat yang sering mendapatkan gratisannya bisa juga kok mencarinya di internet. Menurut wikipedia selain piano dan gitar, banyak sekali jenis musik yang dapat didengar melalui gubahan Sibelius 7 yaitu alat gesek, alat tiup kayu, brass, perkusi, gitar, piano, vocal dan lain lain. Untuk tutorial lengkapnya sobat bisa download di laman ini, sedangkan untuk memahami fitur fiturnya bisa membuka link youtube ini.



Sumber artikel :

wikipedia

senibudayakudotcom

Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------