4 Pengaturan Agar Kualitas Suara Spotify Jauh Lebih Jernih

4 Pengaturan Agar Kualitas Suara Spotify Jauh Lebih Jernih

 Beberapa tahun yang lalu saya pernah menulis artikel yang sama namun hanya pengaturan suara untuk Spotify versi Android dan iOS. Di artikel kali ini sobat ngamen bisa lebih banyak mengeksplore pengaturan suara yang lain termasuk versi desktop. Memaksimalkan fitur fitur setelan suara yang lebih bagus di spotify selayaknya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pengalaman bermusik yang mengesankan. Namun, banyak pengguna Spotify masih belum tahu cara memanfaatkan fitur ini. Spotify memungkinkan sobat bisa menyesuaikan berbagai pengaturan, dari volume hingga transisi yang mendukung AI, untuk mempersonalisasi hiburan sobat..

4 Pengaturan Agar Kualitas Suara Spotify Jauh Lebih Jernih


Setidaknya ada 4 pengaturan yang bisa sobat lakukan agar suara musik yang keluar dari output device sobat bisa menghasilkan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tanpa pengaturan sama sekali, berikut yang bisa sobat lakukan : 


1. Normalisasi Tingkat Volume Suara


Saat kita memutar lagu spotify dengan volume suaranya lebih keras dari volume lagu sebelumnya, dengan mengaktifkan fitur normalisasi maka suara akan seimbang dan sama. Dengan Normalisasi, Spotify menyesuaikan level volume suara yang tiba tiba lemah atau sebaliknya tidak akan tidak terjadi.

4 Pengaturan Agar Kualitas Suara Spotify Jauh Lebih Jernih


Caranya cukup mudah dengan membuka Home> Setting> Normalize. Kemudian, Anda dapat memilih Level Volume yang secara otomatis menyesuaikan semua trek Spotify dengan kekuatan suara yang sobat inginkan. Ada 3 pilihan opsi  Loud, Normal, dan Quiet.


2. Kontrol Kualitas Audio


Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa sebenarnya dapat menyesuaikan pengaturan Spotify untuk setiap jenis sesi mendengarkan mulai dari streaming Wi-Fi, streaming data, hingga download. Spotify memberi 5 pilihan untuk mengubah kualitas audio diantaranya: otomatis, rendah, normal, tinggi, dan sangat tinggi. Otomatis adalah kualitas audio default, dimana kualitas audio bergantung pada seberapa stabil koneksi internet sobat. Dengan cara ini, Spotify akan memilih kualitas level tertinggi tanpa mengganggu saat memutar lagu.


Perkiraan untuk setiap jenis kualitas audio di Spotify adalah 24kbit / dtk untuk rendah, 96kbit / dtk untuk normal, 160kbit / dtk untuk tinggi, dan 320kbit / dtk untuk sangat tinggi. Opsi kualitas audio yang sangat tinggi hanya tersedia di Spotify Premium.


Untuk mengakses pengaturan Kualitas Audio di iOS dan Android, buka Beranda> Pengaturan> Kualitas Audio, dan sesuaikan kualitas streaming sesuai keinginan Anda.


Untuk Desktop, pilih Settings dan gulir ke bawah ke Music Quality. Di bawah Kualitas streaming, Sobat dapat mengklik pengaturan pilihannya.


3. Equalizer


Equalizer bisa memilih rentang volume spektrum audio dengan 3 pilihan: Rendah, Sedang, dan Tinggi. Menyesuaikan frekuensi akan membantu menyempurnakan jenis musik favorit sobat agar terdengar terbaik. masing masing platform punya sensasi sendiri dalam pengaturan dan cara mengatur equalizernya..

4 Pengaturan Agar Kualitas Suara Spotify Jauh Lebih Jernih



Untuk mengaktifkan Equalizer versii iOS. Buka Beranda> Pengaturan> Kualitas Audio> Equalizer dan nyalakan. Ketuk salah satu preset yang tersedia untuk Anda atau sesuaikan dengan menggeser titik-titik panelnya.

Bagi pengguna Android, opsi untuk menyamakan di Spotify mungkin bergantung pada produsen perangkat Anda. Untuk mengetahui apakah perangkat dapat menanganinya, cukup dengan memeriksa opsi di Beranda> Pengaturan> Kualitas Audio. Jika sobat menemukan kata Equalize dan mengetuknya, perangkat Anda akan mengarah ke panel kontrol equalizer.

Kadang di Android sobat mendapatkan peringatan yang mengatakan bahwa equalizer dapat mengubah volume secara tidak terduga dan menonaktifkannya jika hal ini terjadi sobat dapat menggunakan sumber audio yang kompatibel seperti headphone atau speaker, opsi untuk menggunakan Dolby Atmos, upscaler UHQ, dan Adapt Sound akan muncul secara optomatis.


Sayangnya, opsi ini tidak tersedia untuk semua perangkat. Untuk pengguna Mac, aplikasi macOS Spotify tidak memiliki equalizer. Sedangkan untuk pengguna Windows, akses pemerataan berbeda-beda untuk tiap perangkat. Untungnya, ada banyak opsi equalizer pihak ketiga yang tersedia untuk diunduh, banyak di antaranya gratis.

Terakhir, sobat bisa jadi tidak dapat menggunakan pengaturan ini saat tersambung ke perangkat audio eksternal seperti speaker atau earphone. Untuk mengetahui apakah perangkat sobat ngamen memiliki equalizer built-in, sobat bisa memeriksanya secara manual


4. Crossfade, Gapless Dan Automix


Crossfade berfungsi untuk menghilangkan jeda antar lagu sehingga musik seolah tidak pernah berhenti.  Untuk menyesuaikan pengaturan crossfade Anda di iOS, buka Beranda> Pengaturan> Putar. Gulir ke bawah hingga Anda melihat Crossfade dan seret penggeser ke tingkat pilihan Anda. Untuk Android, sobat dapat membuka Beranda> Pengaturan> Crossfade dan geser ke aktif. Pengguna desktop juga dapat memperbarui Crossfade dengan memilih Settings> Show Advanced Settings> Playback. Kemudian, klik lagu Crossfade dan sesuaikan panjang crossfade yang sobat inginkan.


Tepat dibawah Crossfade ada tombol Gapless yang berfungsi untuk memendekkan transisi antar lagu, sehingga jedanya tak terlalu lama. Gapless Playback bisa diaktifkan dengan mengakses Settings, lalu cari kolom Playback, dan sentuh toggle Gapless Playback sampai berwarna hijau.


Terakhir, Automix adalah fitur kecerdasan buatan Spotify untuk transisi yang mulus. Menggunakan beberapa metode seperti crossfading, skipping, looping, atau bahkan menambahkan efek transisi, dengan AI ini bahkan tidak akan menyadari perubahan tracknya sekalipun. Posisinya tepat dibawah gapless.

4 Pengaturan Agar Kualitas Suara Spotify Jauh Lebih Jernih



Setelah memilih pengaturan terbaik diantara pilihan diatas, Sobat sekarang dapat melanjutkan untuk mendengarkan sensasi pengaturan audio spotify dengan lebih baik dipadu dengan lantunan musik dan lagu kesayangan sobat ngamen semua.


Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------