Solusi Mencari Kebutuhan Koneksi Internet Yang Tepat Untuk Smart TV

Solusi Mencari Kebutuhan Koneksi Internet Yang Tepat Untuk Smart TV

 Perilaku menonton TV saat ini tidak lagi hanya memanfaatkan channel analog maupun digital yang tidak membutihkan jaringan internet, namun lebih dari itu dengan semakin berkembangnya teknologi TV yang sudah menggunakan streaming, akses games online, sosial media dan berbagai hiuran lainnya menuntut penggunaan kebutiuhan internet menjadi penting dan sudah menjadi keharusan apalagi dimasa pandemi Covid19 yang menuntut semua orang agar beraktivitas dirumah. Kebutuhan internet tentu secara otomatis akan meningkatkan  pengeluaran kebutuhan ekstra sehari hari selain kebutuhan untuk mobilitas atau kebutuhan untuk akses smartphone. Hal ini bisa menjadi masalah  jika kita tidak bisa secara detil seberapa besar kebutuhan akses internet kita setiap bulannya. Oleh karena itu diartikel kali ini saya akan mencoba menulis artikel yang bisa menjadi solusi sobat ngamen untuk "berbelanja" koneksi internet murah, berkualitas dan sesuai kebutuhan. 


Solusi Mencari Kebutuhan Koneksi Internet Yang Tepat Untuk Smart TV



Mungkin beberapa diantara kita belum memahami jika kita punya Smart TV belum tentu butuh akses internet menggunakan jaringan fiber optic dengan kecepatan sampai puluhan mbps. Sebenarnya yang kita butuhkan adalah kestabilan kecepatan ketimbang kecepatan yang ngebut namun dalam kondisi tertentu sering macet. Oleh karena itu kecepatan yang stabil adalah kuncinya. Walau menggunakan jaringan 4G jika kondisinya stabil tentu akan lebih bagus ketimbang jaringan fiber optic namun tidak ada jaminan kestabilan kecepatan.


Sebenarnya saya sendiri sangat menyarankan menggunakan jaringan fiber optik jika harganya murah. Namun menurut saya jaringan fiber optic masih tergolong mahal menurut kantong saya. Jaringan internet menggunakan kartu seluler masih tergolong murah. Keuntungan lainnya jika kita tidak punya dut untuk membeli paket tidak ada sanksi atau denda , tidak seperti kita berlangganan internet di fiber optic. Coba kita bayangkan paket Indihome termurah adalah Rp 325.000 per bulan belum ppn dan harus dibayar tepat waktu, sementara menggunakan jaringan 4G, misalnya saya sendiri menggunakan kartu 3 dengan kuota gede yaitu Rp 117.000 perbulan dengan mendapatkan 117 GB, saya rasa sudah lebih dari cukup sebulan untuk menonton Netflix, Youtube, Streaming TV dan lain lain di jam jam istirahat bersama keluarga.. 


Dari sisi kebutuhan kecepatan jaringan 4G menurut saya sudah lebih dari cukup. Contohnya video  720p sudah tampak bening dan jelas, kebutuhan kecepatannya pun cukup dengan 3- 5 mbps saja. di resolusi: 1280x720 (sumber : Google.com). Bahkan dari pengalaman dilapangan kecepatan dibawah itupun masih bisa mengakses video streaming walaupun di Netflix secara otomatis resolusinya menjadi lebih rendah.


Kekurangan jaringan menggunakan kartu seluler memang terlihat disaat cuaca lagi tidak bersahabat, mati listrik atau disaat jam jam banyak orang mengakses internet seperti akhir pekan. Hal ini ditambah lagi pas disaat waktu menonton kita bersama keluarga terjadi penurunan kecepatan. Pengalaman saya untuk jam jam akses ful atau keadaan cuaca yang buruk lebih bauk menggunakan jaringan kartu Telkomsel, namun disaat keadaan normal kembali bisa menggunakan jaringan yang lebih murah.


Kesimpulan :


Kebutuhan kecepatan internet  5 mbps menurut saya paling pas untuk akses Smart TV dan cukup bisa disupply dari daringan 4G dengan catatan jangan digunakan untuk mengakses atau untuk kebutuhan berinternet lainnya secara bersama sama. Dengan cara ini penghematan anggaran internet untuk kebutuhan streaming TV lebih murah dibandingkan dengan berlangganan internet fiber optik. 

Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------