Penyebab USB Modem Wifi Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Penyebab USB Modem Wifi Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Modem USB adalah pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan koneksi internet dengan menggunakan device dengan harga murah dibandingkan dengan koneksi internet melalui router wifi yang sudah dilengkapi dengan fitur canggih termasuk filter daya yang bisa menstabilkan penggunaan konsumsi daya untuk memaksimalkan dan menstabilkan jaringan dan kecepatan didalamnya. Berbeda dengan USB modem yang besarnya kurang lebih sebesar jempol tangan, tentu fitur dan fasilitasnya juga terbatas.



3 Penyebab USB Modem Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya


Sebelum membeli modem USB seharusnya sobat harus tahu bahwa salah satu kendala yang sering terjadi adalah cepat panas. Modem cepat panas berpengaruh tidak hanya mengurangi umur modem tetapi juga bisa merusak komponen didalamnya. Setidaknya ada 4 penyebab mengapa modem bisa cepat panas :

.

 1. Suhu


Meletakkan modem di tempat yang kurang sirkulasi atau Anda sedang menggunakan modem di suhu yang panas bisa menja di salah satu penyebab modem bisa overheat. Cara ini tergolong mudah untuk mengatasinya cukup dengan meletakkan ditempat yang dingin atau meletakkan kipas yang bisa mengurangi sumber panas yang keluar dari modem.


2. Merk Modem


Penyebab kedua adalah merk modem. Ada merk modem yang colok langsung panas ada juga yang dicolok lama cuma hangat saja. Nah, untuk mengetahui modem merk apa yang bagus dan tahan panas atau tidak, saya menggunakan cara melihat review penjualan modem di toko online. Jika komentarnya banyak yang positif maka menurut saya modem tersebut bagus. Salah satu yang sudah saya coba adalah modem Wifi USB merk ACCESSGO yang sudah saya review pada artikel sebelumnya.


3. Daya yang dibutuhkan


Kuat arus dan tegangan colokan USB. Biasanya orang menggunakan modem tidak banyak yang mempertimbangkan penggunaan daya untuk sumber tegangannya. Penggunaan charger HP untuk colokan modem seharusnya memperhatikan ukuran input dan aoutput arusnya. Biasanya modem stabil di kuat arus 1 Ampere. sehingga jika berlebih maka modem akan terasa panas. Demikian juga jika daya yang dibutuhkan berkurang maka biasanya modem akan restart sendiri. Kadang juga modem terlalu mendapatkan beban daya berlebihan juga menyebabkan restart sendiri atau sinyalnya lemah sehingga kecepatannya berkurang. Anda bisa coba coba menggunakan charger HP yang pas untuk colokan modem. Misalnya gunakan dulu HP dengan arus 1 Ampere (1000mA) , jika tidak kita gunakan 2 Ampere dan seterusnya. Tentukan colokan charger HP yang pas sebelum menggunakannya berulang ulang dengan waktu yang lama.


3. Beban output / koneksi


Jika Anda tidak percaya dengan jumlah koneksi mempengaruhi panas tidaknya modem, coba sesekali hubungkan dengan 6 user sekaligus dan bandingkan dengan terhubung dengan hanya 1 user saja. Tentu modem akan lebih panas jika terhubung dengan 6 user. Hal ini disebabkan karena beban yang harus ditanggung chips untuk mentransfer data bisa mengakibatkan over kapasitas jika modem hanya tidak support koneksi dengan kecepatan tinggi. Cara menatasinya adalah sesuaikan dengan kapasitas kecepatannya. Umpama  modem dengan kecepatan 150 mbps umpamanya cukup di akses oleh maksimal orang saja. Berbeda dengan modem yang sudah support sampai 500 mbps bisa diakses sampai 10 pengguna.

Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------