Haruskah Password Diganti Secara Berkala ?

Haruskah Password Diganti Secara Berkala ?

Kata sandi atau password merupakan deretan huruf, angka atau karakter lainnya yang biasa kita gunakan untuk mendaftar sebuah akun. Di zaman serba online saat ini memiliki sebuah akun sudah menjadi kebutuhan utama dalam mengakses segala hal baik hal yang sangat penting sampai yang biasa biasa saja. Setiap akun yang kita miliki pasti membutuhkan kata sandi yang bersifat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh siapapun juga. Karena jika password atau kata sandi sudah diketahui oleh orang lain maka bisa dimanfaatkan  untuk menguasai akun kita untuk hal hal diluar kendali pemilik akun  atau biasa disebut dengan dibajak. Hal inilah yang bisa menimbulkan masalah dengan akun kita tanpa kita sadari.




Semakin banyak aktifitas kita didunia online maka secara otomatis akan semakin banyak akun dan password yang harus kita simpan dan harus diingat oleh pemilik akun. Sebagi contoh saya yakin saat ini Anda paling tidak mempunyai akun facebook dan akun email, akun mobile banking, akun instagram, dan berbagai macam akun lainnya yang tentu saja butuh password  dan harus diingat dikala akunt ersebut meminta mengirimkan password ulang. Bayangkan jika Anda punya 20 akun saja maka 20 jenis password yang harus Anda manage agar tidak lupa password. Mungkin banyak cara yang bisa Anda buat agar password tidak gampang lupa, Namun yang saya maksud adalah beban mengingat password setiap akun akankah ditambah lagi dengan mengubahnya secara berkala ?


Nah, diartikel kali ini mudah mudahan sedikit bisa menjadi pencerahan sobat Ngamen apakah password yang kita punya harus diubah secara berkala atau tidak.seperti yang dilansir oleh how to geek.


Secara teori mengubah password secara berkala sesuatu hal yang memang direkomendasikan karena memastikan seseorang kesulitan dan tidak dapat memperoleh password dan menggunakannya secara ilegal dan terus menerus. Sebaliknya jika tidak diubah password, maka orang lain dengan mudah bisa mendapatkan password dengan berbagai cara dan trik canggih untuk menguasai akun Anda. 


Mengubah Password VS Strong Password


Jika melihat beban mengingat setiap ganti password yang begitu banyak maka ada kecenderungan untuk membuat password yang mudah diingat setiap kali menggantinya misalnya yang paling umum adalah password tanggal lahir atau tanggal perkawinan dengan tujuan tidak lupa password. Kecenderungan inilah yang bisa jadi menjadi celah lemahnya password walaupun tetap diganti secara berkala. Coba pertimbangkan baik baik, lebih baik menggunakan 15 - 20 karakter password yang sulit (strong password)  setahun atau 2 tahun sekali diganti atau 5 - 10 karakter dengan 2 -3 bulan ganti password. Kalau saya disuruh buat pilihan, maka akan memilih opsi pertama. Buat password sesulit mungkin dengan jumlah karakter lebih banyak dan terdiri dari tidak hanya huruf dan angka saja namun karakter karakter yang lain sepanjang masih ada di tombol keyboard.



Pahami Tanda Tanda Akun Dibajak



Jika hacker mendapatkan akses ke akun Anda, kemungkinan besar mereka akan langsung menggunakan aksesnya untuk menyebabkan kerusakan. Jika hacke mendapatkan akses ke akun mobile banking, ia akan masuk dan mencoba mentransfer uang daripada hanya duduk dan menunggu. Jika hacker mendapatkan akses ke akun belanja online, mereka akan masuk dan mencoba memesan produk dengan informasi kartu kredit milik Anda. Jika mereka mendapatkan akses ke email, kemungkinan besar mereka akan menggunakannya untuk spam dan phishing.. Jika mereka mendapatkan akses ke akun Facebook, mereka mungkin akan langsung mencoba mengirim spam atau menipu teman Facebook Anda. Penyerang biasa tidak akan menyimpan sandi Anda untuk waktu yang lama. Disaat akun sudah diambil alih, mereka langsung mengganti password dan tidak akan menyimpan password Anda berlama lama. Jika sudah terjadi tidak ada yang bisa kita perbuat kecuali menyesalinya. Untuk menjaga agar semua tidak terjadi penting bagi kita untuk memahami tanda tanda akun kita dibajak seseorang. Jangan biarkan email yang masuk dibiarkan begitu saja. Secara berkala bacalah semua email, mungkin jadi ada peringatan akun Anda di retas seseorang dan diminta untuk mengubah password. 


Mengubah Password Masih Diperlukan Untuk Hal Hal  Ini


Bukan berarti mengganti password secara berkala bukan hal yang tidak penting untuk kasus kasus yang bisa jadi pernah anda alami berikut ini :

  1. Anda masih menggunakan satu kata sandi untuk banyak akun. Mungkin ini karena alasan agar mudah diingat, namun akibat yang membahayakan password password tersebut menjadi sangat lemah (weak) dan mudah untuk di tebak oleh peretas.
  2. Anda pernah membagikan password kepada orang lain sebelumnya dengan alasan penting misalnya membeli dan menggunakan akun Netflix secara bersama sama, 
  3. Anda pernah mengakses akun menggunakan komputer publik atau di warnet. Apalagi menyimpannya dibrowser tersebut.
  4. Aktifitas download menggunakan email dibrowser penuh adware dan plugin mencurigakan
  5. Surfing internet dengan login email di komputer bervirus
  6. Pernah mengakses situs atau aplikasi palsu dengan email.

 Nah, ternyata mengganti password  butuh kejelian dan kepedulian kita sendiri sebagai pemilik akun, kapan saatnya kita menggantinya dan kapan saatnya kita sudah merasa nyaman dengan password tersebut. Namun jika Anda merasa tidak terbebani dengan sistem keamanan password maksimum mengapa tidak dikombinasikan dengan membuat pasword yang unik dan sulit di hack setiap kali melakukan penggantian password secara berkala. Namun jika hal itu membuat Anda merasa lebih menyulitkan untuk mengingat semua password terbaru, maka cukuplah dengan mengubah password dengan karakter yang lebih sulit dengan jumlah yang lebih banyak. Semua tergantung Anda.

Advertisement

Baca juga: