Cara Mengembalikan Fungsi Flashdisk Seperti Semula Setelah Digunakan Untuk Instal Windows

Cara Mengembalikan Fungsi Flashdisk Seperti Semula Setelah Digunakan Untuk Instal Windows

Menggunakan flashdisk untuk instal windows adalah cara praktis dan murah saat ini yang biasa kita gunakan disamping mudah membuat bootablenya juga tidak rentan file file installernya yang rusak atau corrupt seperti menginstal menggunakan CD installer. Kemampuan flashdisk yang bisa digunakan untuk menyimpan file sementara dan berkali kali bisa diformat membuat flashdisk bisa berfungsi ganda selain bisa digunakan sebagai installer juga bisa untuk menyimpan file seperti biasa. Namun demikian kekurangan jika dibandingkan dengan CD adalah mudahnya flashdisk disusupi virus. Jika flashdisk yang awalnya sudah bervirus kemudian kita gunakan untuk instal windows, tentu windows hasil instalan juga rentan mengandung virus, beda dengan menggunakan CD installer yang memang sudah diburning dulu sebelum digunakan untuk menginstal.

Cara Mengembalikan Fungsi Flashdisk Seperti Semula Setelah Digunakan Untuk Instal Windows


Selain itu mengubah flashdisk penyimpan menjadi flashdisk installer dan mengembalikannya lagi menjadi flasdisk penyimpan lagi dengan normal harus di format khusus agar bootablenya bisa hilang. Namun jika sobat Ngamen ingin menggunakan langsung flashdisk imstaller sekaligus menjadi penyimpan juga tetap bisa kok dengan membuat folder khusus di installernya, tapi yang sering saya alami sendiri disaat restart dan tidak saya sadari boot langsung dari flashdish. Selain itu jika kita buka flashdisk installer tersebut di windows XP ternyata flashdisk tidak dikenali sama sekali dan minta diformat kembali. Nah, ketidak praktisan inilah membuat niat saya untuk mengembalikan fungsi flashdisk dari yang biasa digunakan untuk instal windows menjadi flashdisk penyimpan biasa.


Mengembalikan fungsi flashdisk penyimpan dari installer tidak bisa diformat flashdisknya melalui windows, sobat harus memformatnya melalui command prompt. Hal ini juga lebih aman untuk membuang virus virus yang bersarang di flashdisk. Cara ini juga berhasil baik untuk flasdisk installer yang diformat menggunakan sistem diskpart maupun melalui aplikasi rufus. 


Nah, untuk membersihkan sekaligus format thumb drive USB dan mengembalikan fungsi flashdisk seperti semula gunakan langkah-langkah berikut ini :


  1. Buka menu Start.
  2. Cari Command Prompt Klik kiri pilih opsi Run as administrator.
  3. Ketik perintah diskpart untuk membuka  Diskpart tool dan tekan Enter.
  4. Ketik perintah list disk untuk melihat daftar drive yang tersedia dan tekan Enter.
  5. Ketik perintah select disk DISK-NUMBER untuk memilih flash drive dan tekan Enter. Dalam perintah, pastikan untuk mengganti DISK-NUMBER untuk nomor yang benar yang mewakili drive yang kamu format jangan salah disk. Contoh: select disk 1
  6. Ketik perintah Clean untuk menghapus semua partisi dan tekan Enter.
  7. Ketik perintah create partition primary untuk membuat partisi utama dan tekan Enter.
  8. Ketik perintah format fs=FILE-SYSTEM label=NAMA LABEL quick untuk melakukan format cepat dan tekan Enter. Pada perintah ini, pastikan untuk mengganti NTFS untuk sistem file pilihan sobat, NAMA LABEL untuk nama yang ingin kamu berikan pada perangkat, dan jika tidak menentukan opsi quick, maka format penuh akan dilakukan, contoh format fs=NTFS label=NGAMEN BLOG quick
  9. Ketik perintah assign untuk menetapkan huruf drive dan tekan Enter.
  10. Sobat dapat menambahkan letter = e pada perintah untuk menetapkan E sebagai huruf drive. Jika tidak, sistem akan menetapkan surat secara otomatis.
  11. Ketik perintah exit untuk mengakhiri diskpart dan tekan Enter.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini akan menghapus informasi apa pun di flash drive USB. Demikian semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca juga: