Cara Memutar Midi Karaoke Menggunakan Soundfont Jernih Tidak Putus Putus

Cara Memutar Midi Karaoke Menggunakan Soundfont Jernih Tidak Putus Putus

Jika sobat Ngamen setia dengan artikel artikel lama saya, mungkin masih ingat dengan tutorial memutar file midi menggunakan aplikasi VanBosco karaoke yang sangat jernih dan mirip dengan suara asli terutama kendang dangdutnya. Jika tidak ingat silahkan baca di sini atau artikel yang ini. Nah, setelah sekian lama tutorial ini saya coba kembali ternyata hasilnya kurang maksimal suara yang dihasilkan putus putus. Berbagai cara saya coba dengan mengubah ubah angka latencynya juga tidak berpengaruh sama sekali.


Cara Memutar Midi Karaoke Menggunakan Soundfont Jernih Tidak Putus Putus



Diartikel kali ini saya akan coba kembali mengulas artikel ini agar suara yang dihasilkan lebih bagus lagi dari tutorial sebelumnya. Namun bagi sobat yang baru membaca tulisan ini, saya ingin membagi kembali tutorial ini dari awal.


Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal, saya menggunakan laptop berspesifikasi processor i5 dengan RAM 4 GB dengan OS Windows 10 versi terbaru 32 bit. Sedangkan untuk perangkat lunaknya yang harus dipersiapkan aplikasi VanBosco karaoke, Aplikasi CoolSoft VirtualMIDISynth Versi 2.10.1.0 (terbaru), berbagai jenis soundfont gratisan saja seperti SGM V2, maslikandotcom3.sf2, SULE SF2016 V.00.sf2, Kech Music PRO V3 FULL DJ, Gm Sound Std Ultimate.sf2. Silahkan didownload semua dari internet karena blog ini tidak lagi menyediakan link downloadnya.


Untuk instalasinya sobat bisa mengikuti tahapan tahapan yang saya lakukan berikut ini :

  1. Pertama yang harus diinstal adalah aplikasi VanBosco karaoke. Jika tidak bisa diinstal di Windows 10, cukup dengan klik kanan file installernya kemudian run as administrator dan ikuti perintah selanjutnya.
  2. Selanjutnya instal aplikasi CoolSoft VirtrualMIDI Synth Versi 2.10.1.0 atau bagi yang menginstal versi lama silahkan diupdate ke versi terbaru
  3. Untuk menghubungkan VanBosco karaoke dengan Collsoft Midi, Klik Tanda Not balok VanBosco di sebelah kiri atas>Setup>Midi> Output Device ubah menjadi CoolSoft VirtualMIDI Synth, atau kalau tidak muncul pilih Virtual MidiSynth#1
  4. Untuk menghubungkan Coolsoft dengan soundfont, Cari di tray icon kanan bawah, jika tidak muncul sobat bisa cari file eksekusinya (.exe) di menu start atau jika tidak muncul di menu start bisa dicari di drive c > Program Files> Cari folder Coolsoft.

Cara Memutar Midi Karaoke Menggunakan Soundfont Jernih Tidak Putus Putus


Klik kanan pilih Konfigurasi >Soundfont> Klik tanda tambah masukkan semua soundfont yang sudah didownload. Untuk hasil terbaik sobat bisa geser geser ke atas atau ke bawah masing masing soundfont dengan mengkilk tanda panah atas atau bawah untuk menurunkannya. (Instalasi saya seperti pada tampilan gambar dibawah ini).

Cara Memutar Midi Karaoke Menggunakan Soundfont Jernih Tidak Putus Putus

Untuk setting latency saya menggunakan angka 231, sobat bisa kotak katik untuk menghasilkan suara midi paling pas. Caranya Konfigurasi > pilihan Opsi . Disini juga sobat bisa setting untuk Output Device, jika sobat menggunakan aplikasi penjernih suara tambahan seperti DFX AudioEnhancer atau SRS Audio Sand Box akan muncul dibagian ini. Untuk artikel kedua aplikasi ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Cara Memutar Midi Karaoke Menggunakan Soundfont Jernih Tidak Putus Putus

Klik, Terapkan (apply)> OK dan Restart Komputer untuk hasil lebih baik.


Nah, dengan konfigurasi seperti ini sobat bisa memutar midi karaoke kesukaan di VanBosco yang biasanya suaranya kurang bagus bisa lebih jernih, menggelegar dan musik yang lebih real. 


Kesimpulan saya dari percobaan yang saya lakukan, yang membuat putus putus musik karaokenya adalah 3 hal yaitu Aplikasi CoolsoftMIDI Synth tidak diupdate yang terbaru, RAM yang rendah (saran saya minimal 4 GB), dan file soundfont (.sf) yang tidak cocok.

Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat



Advertisement

Baca juga: