(20H2) Windows 10 Update Oktober 2020 Apa Saja Yang Baru ?

(20H2) Windows 10 Update Oktober 2020 Apa Saja Yang Baru ?

Microsoft telah merilis pembaruan Windows 10 pada tanggal 20 Oktober 2020. Pembaruan ini dikenal dengan istilah 20H2 yang difokuskan pada perbaikan bug dan kinerja. Disamping itu juga terdapat beberapa perubahan ​​seperti penghapusan Control Panel dan tampaknya Microsoft juga akan memaksimalkan browser Microsoft Edge yang belakangan mendapat sentuhan banyak fitur dan diklaim bisa menyaingi Google Chrome dalam hal fitur dan kinerjanya.


Sebelumnya Microsoft juga melakukan pembaruan kecil tahun lalu dengan dengan istilah 19H2 (Pembaruan November 2019) dan diikuti oleh pembaruan selanjutnya dibulan Mei 2020 dengan nama 20H1 Namun Microsoft menegaskan bahwa tidak ada rencana untuk melakukan update kecil yang diikuti dengan update besar setiap tahunnya setelah ini. Namun ternyata 20H2 menjadi rilis besar ditahun ini dengan perubahan yang cukup signifikan dan dikemas penuh fitur. Pembaruan ini seharusnya cukup stabil karena semua upaya itu dilakukan untuk memoles dan memperbaiki bug. 


Ada hal yang mengejutkan dalam pembaruan dengan nomor build 19042.572  dimana Smarphone Samsung mempunyai akses lebih dibanding brand lainnya. Nah, seperti apa saja perubahan yang dilakukan Microsoft pada Windows 10 kali ini, silahakan disimak berdasarkan catatan how to geek yang baru baru ini dirilis.



.


Microsoft Menghapus Control Panel



Windows kali ini, halaman "Sistem" di Control Panel telah dihapus. Saat kita membukanya  akan muncul  halaman Tentang di aplikasi Setelan baru. Ternyata semua informasi yang ditemukan  di Control Panel tersedia di aplikasi Pengaturan. Ada tombol "Copy" yang berfungsi untuk menyalin semua teks ke clipboard, dan  bahkan akan menemukan tombol untuk membuka setelan sistem lanjutan seperti setelan BitLocker dan Pengelola Perangkat di bagian bawah halaman. Ini hanyalah salah satu langkah dalam proses Microsoft yang panjang dan lambat untuk secara perlahan menghapus Control Panel 



Microsoft Edge Baru Sekarang otomatis sudah Terpasang (Built In) 


Microsoft merilis versi baru kali ini adalah versi pertama Windows 10 dengan browser Microsoft Edge baru berbasis Chromium yang disertakan. Bagi yang sudah pernah menginstal Microsoft Edge versi baru  juga telah tersedia untuk diunduh dari web sejak 15 Januari 2020. Namun, dengan rilis ini, ini resmi: Edge baru menggantikan Edge lama dalam versi dasar Windows 10.


Akses Aplikasi Android Ponsel Samsung Anda di PC




Microsoft sedang memperluas aplikasi "Your Phone" dengan lebih banyak fitur yang dirancang untuk "perangkat Samsung ". Jika Anda pengguna smartphone Samsung sekarang dapat mengakses aplikasi Android ponsel langsung di PC Windows 10.


Ikon dan Warna Baru Menu Start





Menu Start mendapatkan background menjadi terang atau gelap untuk menyesuaikan dengan tema Windows 10 mana pun yang akan digunakan .

Sebelumnya, menu Start menggunakan warna aksen , yang berarti tema default Windows 10 menggunakan berbagai ikon biru dengan latar belakang biru. Pergeseran ke menggunakan warna tema standar berarti ikon aplikasi baru Windows 10 terlihat lebih keren.

Namun demikian kita masih bisa mendapatkan tampilan lian yang cocok dengan tema Anda. Cukup buka Pengaturan> Personalisasi> Warna, aktifkan mode gelap (atau setidaknya aktifkan mode gelap untuk "mode Windows default Anda") dan beri tahu Windows untuk menunjukkan warna aksen di "Start, taskbar dan action center"


Alt + Tab Menampilkan Tab Browser Edge secara Default




Windows 10 sekarang menampilkan tab browser di pengalih Alt + Tab. Jika menggunakan Edge. Jika menampilkan satu thumbnail Edge untuk setiap jendela browser, kita akan melihat sejumlah tab berbeda di pengalih Alt + Tab. Namun saat menggunakan beberapa laman web sekaligus, dengan versi baru ini bisa dengan cepat menemukan dan beralih di antaranya hanya dengan Alt + Tab.

Jika tidak ingin menggunakannya cukup dengan Buka Pengaturan> Sistem> Multitasking dan Anda mengonfigurasi Alt + Tab untuk menampilkan tiga atau lima tab terbaru — atau matikan sepenuhnya dan dapatkan pengalaman Alt + Tab seperti biasa..


Peningkatan ke Situs yang Disematkan pada Taskbar di Edge




Microsoft telah membuat situs yang disematkan di taskbar. Saat Anda menyematkan situs web ke taskbar menggunakan Microsoft Edge, sekarang dapat mengklik (atau mengarahkan mouse) ikon taskbar itu untuk melihat semua tab browser  untuk situs web tersebut.



Tidak Ada Lagi Notifikasi Bantuan Fokus (Focus Assist On)





Fitur Focus Assist Windows 10 berfungsi menyembunyikan pemberitahuan saat bermain game dan menggunakan aplikasi layar penuh lainnya, termasuk multi task  lainnya bisa menyebabkan suaranya bising. Dengan menonaktifkan Focus Assist, maka tidak akan menampilkan pemberitahuan apa pun! Walaupun Microsoft menonaktifkan semua pemberitahuan Bantuan Fokus ini secara default, kita masih dapat mengaktifkannya kembali di Pengaturan.


Setting Pilihan Untuk Refresh Rate





Sekarang Anda dapat mengubah kecepatan refresh PC Anda di aplikasi Pengaturan tanpa harus membuka Control Panel lama. Untuk menemukan opsi ini, buka Pengaturan> Sistem> Tampilan> Pengaturan Tampilan Lanjutan. Anda akan melihat opsi Refresh Rate di bagian bawah jendela. Setting ini untuk menyesuaikan refresh rate monitor yang kita gunakan. Jika Anda memiliki monitor dengan kecepatan refresh yang tinggi, Anda harus meningkatkannya untuk pengalaman visual yang lebih lancar. demikian sebaliknya.


Pengalihan Mode Tablet Otomatis secara Default



Saat melepaskan keyboard pada perangkat 2-in-1, pemberitahuan muncul dan menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan mode tablet. Sekarang, Windows akan secara otomatis beralih ke pengalaman tablet baru yang ditambahkan dalam Pembaruan Mei 2020 tanpa prompt atau pemberitahuan. .Untuk pengaturan mode tablet secara otomatis caranya dengan membuka Pengaturan> Sistem> Tablet.


Diantara perubahan perubahan diatas ada perubahan kecil lainnya seperti :

Notifikasi Windows 10 versi baru menyertakan logo aplikasi sehingga Anda dapat dengan mudah melihat aplikasi mana yang membuatnya dan tombol "x" sehingga Anda dapat dengan cepat menutupnya.
Perubahan ikon taskbar default: Dalam perubahan kecil, Windows 10 akan menyesuaikan tata letak ikon taskbar default tergantung pada jenis PC . Jika Anda menautkan ponsel Android maka akan melihat ikon Ponsel Anda di taskbar. Jika kita memiliki akun Xbox Live dan menggunakan PC game, maka akan melihat ikon Xbox di taskbar. 

Cara Update Versi 20H2


Untuk menginstal pembaruan dengan cara resmi, buka Setting> Update & Security> Windows Update. Klik "Check For Update". Jika pembaruan tersedia untuk PC , ada tulisan "Feature update to Windows 10, version 20H2" kemudian Klik "Download and instal" .

Jika pembaruan tidak tersedia untuk PC Anda, mungkin jadi Microsoft mendeteksi belum kompatibel dengan  perangkat keras PC Anda. Anda bisa juga menginstal pembaruan dengan cara mendownload dan menjalankan Mocrosoft's Update Assistant Tool melalui laman Download Windows 10 dan klik "Update Now" . Cara ini memang butuh waktu lama dan bertahap dan mungkin jadi ada beberapa bug pada perangkat keras. Cara paling aman sebaiknya  menunggu pembaruan ditawarkan ke PC  melalui Pembaruan Windows seperti pada cara diatas. Demikian semoga bermanfaat.



Advertisement

Baca juga: