Alasan Mengapa Kamu Harus Update software Terbaru

Alasan Mengapa Kamu Harus Update software Terbaru

Update software bisa jadi menjadi dilema disatu sisi kita harus menutup celah keamanan dan update fitur terbau namun disisi lain kita sering mendengar keluhan tentang melambatnya perangkat karena kompatibilitasnya atau kurangnya memori bahkan penyimpanan yang sangat minim. Bagi pengguna perangkat terutama yang kita bahas adalah aplikasi berbasis Windows, harus tahu bahwa mementingkan mengupdate software merupakan salah satu cara menjaga keamanan dunia online yang saat ini sering menjadi ajang pencurian data oleh hacker. Hal ini jauh lebih penting daripada sekedar menambah memori atau mengupgrade perangkat keras yang Anda punya saat ini.

Mengupdate aplikasi juga butuh kesabaran. Kita membutuhkan waktu untuk menginstal, memindahkan (atau menghapus) fitur yang akan kita gunakan — dan terkadang fitur tersebut bahkan merusak perangkat jika kita melakukannya tidak dengan benar. Oleh karena itu lakukanlah dengan hati hati dan melalui tautan yang disarankan, bukan dari situs lain atau aplikasi pihak ketiga.. 




Sistem operasi dan aplikasi yang kita gunakan setiap hari hampir pasti memiliki kelemahan keamanan di dalamnya. Perangkat lunak itu dirancang oleh manusia dan merancangnya juga sangat rumit, sehingga kekurangannya juga sering ditemukan. Hal inilah yang membuat perangkat lunak sering diupdate dengan versi terbaru. .

Jika kita selalu melakukan pembaruan secara rutin bahkan banyak aplikasi dapat melakukannya secara otomatis, kita akan mendapatkan pembaruan keamanan dari berbagai bug. Jika tetap menggunakan versi lama dan tidak didukung dari aplikasi yang tidak mendapatkan pembaruan terbaru, itu juga menjadi masalah — Anda perlu meningkatkan ke versi terbaru yang didukung dari aplikasi yang mendapatkannya.

Contohnya jika saat ini menjalankan Word 2000 di Windows XP, ada masalah yang mengintai. Ada bertahun-tahun kelemahan keamanan yang diketahui yang dapat digunakan untukmenyerang perangkat kita  bahkan hanya mengunduh dan membuka file DOC bisa berbahaya.


Apa Risikonya jika kita tidak mengupdate perangkat lunak ?



Ada banyak jenis kelemahan keamanan, tetapi sangat umum terjadi bug yang membiarkan file yang tampak file biasa biasa saja menyusupi perangkat lunak. Seperti misalnya file gambar JPEG atau file musik MP3 yang dibuat secara khusus dapat mengeksploitasi cacat yang diketahui dalam aplikasi untuk menjalankan malware. Masalah di browser web dapat membuat situs web berbahaya melewati keamanan  dan menginstal malware. Masalah sistem operasi dapat membuat viruys berkompromi dan mengambil alih sistem Operasi.

Dengan mendapatkan akses ke komputer, penyerang dapat menginstal malware, melakukan serangan ransomware yang menyandera file sampai banyak fakta terjadi seperti dengan membayar tebusan, menempatkan keylogger di sistem yang mengirimkan kata sandi dan nomor kartu kredit  ke penjahat, atau menangkap data pribadi dan menggunakannya untuk pencurian identitas. RAT bahkan dapat bersembunyi di background dan mengambil foto yang membahayakan di webcam.

Anda dapat melindungi diri sendiri dengan memastikan perangkat lunak terupdate.. Pastikan  menggunakan aplikasi yang masih didukung dengan pembaruan keamanan, dan pastikan aplikasi tersebut disetel untuk memasang pembaruan tersebut secara otomatis, jika memungkinkan.

Apakah Hanya Browser Web dan Sistem Operasi saja yang diserang ?


Kerentanan di browser web dapat membuat halaman web berbahaya mengontrol PC Anda atau menginstal malware. Demikian pula, celah keamanan dalam sistem operasi cukup berbahaya dan dapat membuat worm dan malware lain melewati keamanan perangkat.

Namun ini bukan hanya tentang browser web dan sistem operasi. Aplikasi lain di komputer Anda juga dapat memiliki lubang keamanan. Sebagai contoh:

Microsoft Office memiliki banyak kelemahan keamanan, dan tidak hanya di Microsoft Outlook atau makro saja. Mungkin Anda masih punya File Word 2000 namun sebaiknya Anda harus menyalinnya ke versi lebih baru karena memiliki kelemahan keamanan yang dapat dieksploitasi . Biasanya file berbahaya ini terjadi saat kita mengunduh dan membuka file DOC berbahaya atau mungkin bahkan menyalin-menempelkan file gambar berbahaya ke dalamnya. Downloadlah file doc yang didukung Microsoft Office 2010 didukung dengan pembaruan keamanan yang lebih baik.

Selain file doc juga tool kompres dan pengarsipan  seperti WinRAR, 7-Zip, dan WinZip memiliki kelemahan keamanan. Jika Anda mengunduh dan membuka arsip berbahaya, itu dapat menginstal malware di PC Anda. Perbaikan keamanan di versi yang lebih baru dari alat pengarsipan file memperbaiki masalah ini.

Demikian juga Photoshop dan aplikasi gambar lainnya memiliki berbagai kelemahan keamanan yang dapat mengakibatkan malware menyerang sistem Anda jika Anda membuka file gambar berbahaya.

Pemutar media seperti pemutar media VLC sumber terbuka populer, iTunes Apple, dan Spotify memiliki bug yang dapat membuat PC Anda diambil alih saata membuka file musik atau video yang berbahaya.

Ini hanyalah beberapa contoh. Jika ada aplikasi di sistem Anda yang berkomunikasi dengan internet atau membuka semua jenis file yang diunduh dari internet (bahkan file gambar, teks, musik, atau video), aplikasi ini berpotensi rentan terhadap beberapa jenis serangan.

Dengan menginstal pembaruan saat tersedia dan memastikan Anda masih menggunakan versi yang didukung dari perangkat lunak yang mendapatkan pembaruan — misalnya, bukan versi Microsoft Office atau Adobe Photoshop yang terlalu lama — Anda telah memastikan perangkat lunak Anda tidak t rentan terhadap lubang keamanan yang diketahui.

Dari fakta diatas apakah  Anda Selalu Membutuhkan Perangkat Lunak Versi Terbaru ?


Tidak Juga, Pembaruan tetap diperlukan, namun peningkatan langsung ke versi utama baru tidak selalu diperlukan. Jangan menggunakan perangkat lunak lama yang tidak lagi mendapatkan pembaruan, banyak perusahaan dan pengembang mendukung perangkat lunak versi lama namun dukungan pembaruan terutama keaman software tersebut masih selalu didapatkan. . Sebagai contoh:

Windows 8.1 Masih Pilihan: Meskipun Windows 7 dan Windows XP tidak lagi didukung, Microsoft masih mendukung Windows 8.1 dengan pembaruan keamanan hingga 10 Januari 2023.

Microsoft Office Mendapat Pembaruan Bertahun-tahun: Anda tidak perlu membayar Microsoft 365 atau membeli versi terbaru Office setiap kali keluar. Jika Anda memiliki Office 2016, misalnya, masih didukung dengan pembaruan keamanan hingga 14 Oktober 2024.

macOS Memberi Anda Beberapa Tahun: Apple tidak memiliki kebijakan dukungan tertulis resmi, tetapi perusahaan umumnya mendukung tiga versi terbaru macOS dengan pembaruan keamanan. Jadi, bahkan setelah versi baru macOS keluar, Anda mungkin memiliki waktu sekitar dua tahun untuk tetap menggunakan versi Anda saat ini, jika Anda mau.

Firefox ESR Menawarkan Pembaruan Browser yang Lebih Lambat: Jika Anda menginginkan browser yang lebih jarang berubah, Mozilla menawarkan “Extended Support Release (ESR)” dari Firefox. Versi standar Firefox mendapat pembaruan besar setiap empat minggu, tetapi versi ESR mendapat pembaruan besar setiap 42 minggu. Namun, Mozilla terus memperbarui versi ESR dengan pembaruan keamanan.
Opsi di atas didukung dengan pembaruan keamanan.



Tapi perhatikan Kasus ini .....



Jika Anda memiliki perangkat Komputer dengan Windows versi lama dan tidak pernah diupdate windowsnya, lalu didalamnya juga ada perangkat lunak browser, pemutar lagu, pemutar video, aplikasi perkantoran yang tidak pernah diupdate juga, disaat komputer Anda terhubung ke Internet maka akan nampak sepert baik baik saja, bahkan disaat Anda mendownload file file dari internet sekalipun. Hal in terjadi karena celah keamanan dalam perangkat tidak mampu membendungnya dan mengalir begitu saja. Tidak ada notifikasi apapun yang memberitahu pengguna bahwa sebenarnya komputer sudah terjangkiti malware atau bahkan ransomware yang berakibat komputer Anda dikuasai oleh peretas dengan menguncinya. Biasanya terjadi setelah komputer di restart.

Pada akhirnya, penting untuk difahami bahwa jika Anda ingin menjalankan perangkat lunak lama,  Anda harus menjalankan perangkat lunak yang masih didukung dengan pembaruan, jika tidak jangan pernah "RUN" di aplikasi lama tersebut dan sebaiknya cari penggantinya yang lebih baru.


Advertisement

Baca juga: