Cara Konversi Halaman Web HTML Menjadi PDF

Cara Konversi Halaman Web HTML Menjadi PDF

Ngamen Blog - Mengkonversi atau mengubah format suatu file kedalam bentuk lainnya sangat diperlukan untuk berbagai hal dalam menuntaskan pekerjaan baik offline maupun online. Saat ini banyak sekali aplikasi online yang memudahkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan kantor baik berbentuk gambar maupun berbentuk audio/video. JIka file dalam bentuk audio atau video kita mengenal MP3, MP4, AVI dan lain lain yang bisa kita konversi, ada juga file berbentuk tulisan atau gambar seperti JPG, PNG, GIF, PDF dan lain lain. Sehingga dari sini kita mengenal aplikasi konversi yang bisa dilakukan seperti mengubah file gambar (JPG) ke PDF, PNG ke PDF atau sebaliknya. Dari kesekian banyak jenis dan  bentuk file yang akan di convert, salah satunya mungkin Anda membutuhkan halaman situs tertentu yang nantinya bisa diubah ke dalam file PDF. Biasanya kita mengkonversi suatu file bisa dilakukan dengan cara online  melalui situs yang menyediakan langsung dengan memasukkan file yang akan dikonversi dan setelah diproses langsung didownload atau offline dengan cara mendownload aplikasi converter kita install dan fila yang akan di konversi bisa dilakukan tanpa menggunakan jaringan internet. Masing masing punya kelebihan dan kekurangan.


Namun trik yang satu ini akan menggunakan browser Google Chrome dan Microsoft Edge untuk mengubah halaman situs berekstensi html ke dalam bentuk PDF. Tentu halaman situs yang bisa dikonversi dan disimpan ke PDF hanyalah yang dibuka melalui kedua browser tersebut. Cara ini langsung bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur yang ada dibrowser tersebut dan hanya bisa dilakukan melalui laptop , berikut caranya :


1. Menggunakan Browser Chrome


  •  Bukalah halaman situs yang akan disimpan dalam bentuk PDF
  • Tekan CTRL + P untuk menampilkan layar yang akan di cetak (print).
  • Save As menjadi PDF
  • Klik SAVE



Kita juga bisa mengatur semua halaman atau halaman tertentu saja yang akan kita ubah ke PDF. Memilih ALL akan menngkonvert seluruh halaman yang ada dilayar dan custom untuk memilih halaman tertentu. Untuk pengaturan lainnya bisa klik more setting yang mengatur margin, ukuran kertas dan lain lain.

2. Menggunakan Microsoft Edge


Seperti kita ketahui bahwa browser milik microsoft ini telah memperbarui dengan berbagai kelebihannya pada januari 2020 lalu. Tapi hanya Anda pengguna Windows 10 yang bisa memasang The New Edge di laptopnya. Dikhabarkan Edge kali ini berbasis Chromium dan fitur fiturnya ternyata juga mengadopsi dari Google Chrome. Nah, terbukti salah satunya adalah fitur yang bisa mengubah halaman web menhadi PDF. Caranya juga sama :

  • Jika belum memasang Microsoft Edge silahkan download di laman Microsoft
  • Buka situs yang akan di ubah ke PDF
  • Klik File, Klik menu atau langsung bisa  CTRL +P untuk memunculkan lalaman PRINT
  • Klik SAVE As PDF dan Klik SAVE

Pengaturan savingnya juga sama dengan Chrome ada tombol All, More Setting dan lain lain.

Satu hal yang juga bisa kita manfaatkan dari fitur kedua browser ini adalah mengubah halaman situs menjadi file XPS document Writer (Save As XPS). XPS  adalah singkatan dari XML Paper Specification adalah file alternatif untuk PDF. Walaupun XPS tampaknya tidak ada dukungan (tidak lebih terkenal) dibanding file PDF, satu hal yang membuat saya lebih suka dengan XPS adalah filenya lebih simpel dan ringan sehingga jika dibandingkan dengan PDF dengan  jumlah halaman yang sama XPS lebih sedikit kapasitas penyimpanan filenya.

Demikian semoga bermanfaat
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed