Abiem Ngesti, Pedangdut Cilik Dengan Style Rhome Irama

Abiem Ngesti, Pedangdut Cilik Dengan Style Rhome Irama

Jika sobat Ngamen seumur dengan saya pasti tidak asing dengan lirik lagu yang satu ini " akulah pangeran dangdut , yang akan mengguncang dunia, lewat lagu yang kunyanyikan, lewat musik yang kumainkan, setelah aku besar nanti, akan jadi Si Raja Dangdut". Ya beliau adalah Abiem Ngesti, penanyi dangdut cilik super ganteng di era tahun 90-an. Namun ditengah karirnya yang melejit sebagai penyanyi cilik, Abiem Ngesti dipanggil oleh Sang Maha Kuasa dalam musibah kecelakaan di Jalan Tol Cikampek pada tanggal 19 Agustus 1995 saat umurnya sangat belia 16 tahun. Namun karakter lagu, style menyanyinya sampai saat ini tetap menginspirasi semua orang termasuk penggemarnya.

Abiem Ngesti merupakan sebuah fenomena baru dalam perkembangan musik dangdut Indonesia pada masa itu. Ia digadang gadang akan menggantikan style dan gaya panggung Rhoma Irama yang tampak gagah perkasa dipanggung dangdut. Selain style dan gaya, lirik - lirik lagu lagu Abiem Ngesti menggambarkan sebuah keoptimisan, membangun spirit dan percintaan gaya anak muda. Saat Rhoma Irama sedang asyik dengan "pertentangan" aliran Musik Dangdut dan Musik Rock baik dalam karakter panggung maupun dalam filmnya, Abiem Ngesti justru mengambil kesempatan untuk menjadi inspirasi lagu lagunya. Dengarkanlah hampir semua lagu lagunya yang terkenal termasuk Pangeran Dangdut dan Dahsyat diselingi dengan gaya ngerock yang meniru style Rhoma Irama yang selalu membawa gitar saat beraksi dipanggung.

Tak hanya sebatas musik Rock dangdut yang ia geluti, beberapa lagu juga diselingi dengan berbagai unsur musik Dangdut, Rap dan unsur tradisional dalam lagu "Gadis Baliku". Ditengah perhelatan piala dunia tahun 1994 ia menciptakan lagu ini untuk uphoria pertandingan sepak bola terbesar sejagad ini. Lagu Gadis Baliku menjadi titik puncak pencapaian estetis tertinggi di sepanjang karier nya, sebelum kepergian untuk selamanya. Karena selain lagu ini dicipta sendiri, juga mengandung pesan sangat visioner kedepan. Video klip yang dibuat di Tanah Lot Bali sangat memukau tentang kesadaran sosial dan budaya Indonesia.

Selain beberapa lagu yang terkenal diatas ternyata di usia yang sangat belia, Abiem Ngesti juga telah menghasilkan puluhan lagu lainnya seperti Ini Dangdut, Rocker Dangdut, Bandar Dangdut, Sekarang Dangdut, Sonia, Gempa, Ku Genggam dunia, Amir Asongan, Ini jaman Uang, Astaghfirullah, Leila dan lain lain. 

Prestasi yang ditorehkan Abiem Ngesti juga sangat dahsyat sedahsyat lagunya seperti mendapatkan penghargaan HDX Award dan nominasi BASF Award dari lagu Pangeran dangdut, Klip dahsyat mendapatkan penghargaan Anugerah Dangdut TPI 2015 bahkan lagu Ini Dangdut menjadi theme song film Holywood Blackhat.

Nah kangen dengan aksi panggung Abiem Ngesti ? silahkan tonton videnya diatas dalam lagu Pangeran Dangdut :

Dikutip dari Wikipedia dan berbagai sumber lainnya.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed