Cara Mengatasi Download Playstore Bermasalah

Cara Mengatasi Download Playstore Bermasalah

Bagi sobat Ngamen aktifitas mendownload aplikasi melalui Google Playstore saat ini merupakan hal yang biasa dilakukan. Berbagai aplikasi yang sobat butuhkan untuk membantu aktifitas sehari hari harus terinstal dengan sempurna di gadget Android kesayangan sobat. Namun kadang kala kita dijengkelkan dengan kegagalan saat instal aplikasi seperti download game, aplikasi, musik atau film yang diakibatkan karena tidak bisa dibuka atau tidak bisa loading. Selain itu juga error saat selesai didownload kadang akan dibuka atau proses download dan aplikasi macet saat update.


Berbagai permasalahan diatas ternyata bisa dengan mudah diatasi sesuai dengan tutorial yang telah dibagikan oleh Google Play Help sendiri berikut diantaranya :

1. Pastikan Jaringan Internet Cepat dan Stabil 


Untuk cara ini sobat bisa memastikannya dengan cara cek kecepatan internet jaringan sobat. Pastikan bahwa sobat berada di jaringan 3G atau 4G atau lebih baik sobat menggunakan koneksi WiFi . Jika sudah pasti jaringan sobat kencang silahkan unduh kembali aplikasi yang sobat inginkan. 

2. Bersihkan Cache dan Data Play Store


Pada tahap ini bisa dilakukan dengan cara Buka menu pengaturan atau setting di smartphone , lalu temukan menu Apps & Notifications. Scroll ke bawah dan cari Google Play Store, kemudian klik Storage atau penyimpanan dan klik Clear Cache. Setelah itu, klik Clear Data. Setelah selesai, buka Play Store dan unduh kembali aplikasi yang ingin di download.

3. Hidupkan Ulang atau Restart Smartphone


Nah, ditahap ketiga jika setelah membersihkan cache namun masih tidak bisa juga mengunduh aplikasi, coba restart smartphone . Caranya dengan menekan lama tombol power dan pilih opsi Restart atau Power off. Smartphone kalian akan otomatis menyala kembali. Jika tidak, tekan tombol power sekali lagi.


4. Cek Memori Internal dan SD Card


Jika tempat penyimpanan di memori internal tidak mencukupi, bisa menyebabkan proses download dan instal berhenti. Selain itu, SD card juga bisa menyebabkan masalah jika tidak diatur secara benar. Silahkan sobat cabut SD card dari slotnya dan pasang kembali untuk menyelesaikan masalah.


5. Bersihkan Cache dan Data Play Services


Cara ke lima sobat bisa melakukannya dengan buka aplikasi Settings atau Pengaturan di smartphone dan cari menu Apps & Notifications. Scroll ke bawah dan untuk menemukan Google Play Services.
lalu Klik Clear Cache kemudian klik Clear Storage. Setelah itu klik Clear All Data dan Klik OK. Setelah selesai buka kembali aplikasi Google Play, tunggu lima menit dan coba ulangi download aplikasi.


6. Uninstall dan Reinstall Update Play Store


Pastikan smartphone kalian terhubung dengan internet yang stabil. Masuk ke aplikasi Settings dan pilih menu Apps & Notifications. Scroll ke bawah dan cari Google Play Store. Klik tiga titik vertikal di sisi kanan atas dan pilih Uninstall Updates. Jika ditanya apakah kalian ingin mengubah aplikasi Play Store ke versi awal pilih OK. Buka kembali aplikasi Google Play dan coba unduh aplikasi kalian lagi.

7. Cek Update Android


Android versi terbaru bisa membantu aplikasi seperti Google Play untuk bekerja dengan optimal, jadi selalu perbarui smartphone kalian dengan sistem Android terbaru. Cara mengecek update sistem Android berbeda-beda di tiap smartphone tapi kalian bisa mencoba cara berikut.

Masuk ke aplikasi Settings, scroll ke bawah dan klik menu System > Advanced > System Update. Cek jika ada update terbaru yang tersedia, dan langsung unduh jika kalian terhubung dengan internet.

8. Hapus Akun Google


Cara lainnya yang bisa kalian coba adalah dengan menghapus dan menambahkan kembali akun Google. Untuk menghapus akun Google caranya dengan membuka aplikasi Settings dan masuk ke menu Accounts. Klik akun yang ingin dihapus dan pilih opsi Remove Account.

Untuk menambahkan akun Google caranya masuk ke aplikasi Settings dan klik menu Accounts > Add Accounts > Google. Kemudian ikuti instruksi untuk menambahkan akun.

Setelah itu buka aplikasi Play Store dan buka menu yang ada di sisi kiri atas. Lihat nama dan alamat email dari akun yang kalian gunakan di bagian atas layar. Klik tanda panah ke bawah dan pilih akun yang ingin kalian gunakan. Setelah selesai ulangi lagi download kalian.

9. Factory Reset Atau Reset Pabrik


Jika semua cara di atas sudah dicoba dan masih tidak berhasil menyelesaikan masalah Google Play, cara terakhir yang bisa kalian coba adalah Factory Reset. Tapi, patut dicatat bahwa cara ini akan menghapus semua data yang di smartphone kalian sehingga disarankan untuk mem-backup semua data terlebih dahulu.

Untuk melakukan Factory Reset pilih aplikasi Settings, kemudian cari menu Backup & Reset dan pilih Factory Data Reset. Setelah proses ini selesai, smartphone kalian akan menjadi seperti baru lagi dan aplikasi Google Play akan berjalan dengan normal tanpa masalah
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed