Keyboard Seri Terbaru Yamaha, Korg, Roland Dan Casio Lengkap Beserta Harganya

Keyboard Seri Terbaru Yamaha, Korg, Roland Dan Casio Lengkap Beserta Harganya

Menggunakan salah satu jenis keyboard tertentu dan enggan gonta ganti jenis keyboard merupakan kebiasaan sebagian besar seorang pemain keyboard professional. Mengapa demikian ? berbagai fitur yang dimiliki oleh sebuah keybord tersebut sudah menyatu dalam diri seorang pemain keyboard. Bahkan gerakan jari tangan seolah sudah menjadi gerakan refleks dan sudah mengalir begitu saja tanpa kendali yang berarti. Walaupun demikian tidak sedikit juga keyboardiz yang mencoba tantangan baru dengan mencoba memainkan jenis keyboard seri diatasnya walaupun butuh waktu dan teknik tersendiri untuk dipelajari kembali. Oleh karena itu pabrikan alat musik keyboard arranger berfikir 1000 kali untuk menciptakan type baru walaupun selalu diiming imingi teknologi digital terbaru. Biasanya pabrikan selalu mengupgrade seri sebelumnya dengan menyematkan fitur terbaru dimasing masing kelas seperti Casio dengan seri CTK, Roland dengan seri E, Korg dengan Seri PA dan Yamaha dengan seri PSR-S maupun PSR-E. 

Tidak ada salahnya sobat ngamen untuk "tes drive" keboard seri terbaru untuk merasakan sensasinya dan sekaligus membandingkan dengan keyboard sebelumnya untuk mendapatkan fitur fitur baru. Namun sekali lagi fitur baru yang sobat butuhkan adalah fitur yang memang dibutuhkan oleh sobat sebagai pemain panggung keyboard, bukan fitur baru yang malah tidak pernah disentuh sama sekali. Sebagai contoh keyboard entry level seri PSR E223 masih sangat sederhana, kemudian dalam perkembangannya dipanggung pemain keyborad ingin memasukkan unsur lagu lagu DJ yang lebih ngebit dan agresif sehingga muncul keyboard seri PSR E443 yang sudah dilengkapi DJ Pattern sehingga bisa langsung mengkombinasikan musik keybord dengan sensasi DJ tanpa susah.

Nah, sobat ingin tantangan baru ? masing masing merk telah menyediakan seri terbaru di kelasnya. Berikut adalah adalah seri terlaris terbaru keyboard arranger lengkap beserta harganya :

1. Casio CTK 3500





Casio CTK 3500 merupakan keyboard standard terbaru di seri CTK dimana seri yang paling banyak diupgrade dari seri awal CTK 100 sampai saat ini CTK 3500 disamping seri LK, WK maupun kelas tinggi MZ-X dan CT-X. Casio CTK 3500 mempunyai bentuk seperti piano akustik dengan tombol sentuh yang responsif. Selain efek DJ musik yang telah disematkan seperti pada seri sebelumnya (CTK-2550, CTK-2500, CTK-1550, CTK-1500, LK-265, LK-190, LK-136, LK-135) juga memiliki efek roll, pitch up/down sampai pada variasi lagu pada finishingnya, disamping dilengkapi dengan 50 lagu portable bawaan yang lebih variasi. Disamping fitur utama yang biasa dimiliki oleh keyboard CTK pada umumnya, seri CTK termasuk CTK 3500 tetap dilengkapi USB port yang langsung bisa memainkan lagu lagu midi yang tidap pernah dibatasi jumlahnya seperti pada keyboard Yamaha. Keyboard CTK 3500 cocok bagi sobat yang ingin berlatih bermain keyboard namun terbatas dana. Dengan mengesampingkan kualitas suara namun fiturnya yang sangat lengkap, sobat bisa mendapatkannya dengan harga dibawah 2 juta.

2. Roland E-A7 




Roland E-A7 merupakan seri keyboard arranger Roland terbaru yang didesain tidak seperti keyboard yang menggunakan sampling suara pada umumnya, namun Roland E-A7 menyediakan space berbasis WAV untuk bisa diinput kedalam database dengan sistem teknologi yang disebut dengan Wave Expansion Memory. Teknologi ini menyediakan 128 MB ruang untuk mengimport/ memasukkan efek suara tabla, ketipung, gamelan dan berbagi efek suara yang ingin di custom bahkan bisa disimpan dalam flashdisk dalam bentuk sampling suara. Selain dilengkapi 600 style bawaan juga main menunya telah dibekali 4 intro, 4 fill, 4 main dan 4 ending dan 1 break. Satu hal kelebihan keyboard Roland dibandingkan dengan keyboard arranger lainnya adalah bar yang lebih lega sehingga bisa leluasa untuk mengolah style. Karena fitur kelebihan fitur dan designnya, sobat harus benar benar menyesuaikan dengan kebutuhan bermain musik sobat karena harga juga menyesuaikan yaitu 17 jutaan.

3. Korg PA 1000 




Keyboard Korg tidak lepas dengan seri PA. Saat ini seri terbaru adalah PA 1000 diakhir 2017 lalu. PCM Korg PA1000 4 x lipat ukuran bytenya dari pendahulunya, yaitu PA900, sekitar 300 MB compressed, setara dengan data linier 600 MB. Dengan memori yang begitu besar maka kita akan lebih leluasa untuk memasukkan loop wav sampler sesuai dengan keinginan penggunanya. Dengan begitu untuk perform bisa tampil maksimal dengan karakter musik asli daerah ataupun aliran musik tertentu yang belum ada instrumenya di internal keyboard Korg PA1000. Untuk tampilan lebih elegan lagi dari seri terdahulunya, Korg PA1000 layar seperti Korg PA4X yang bisa bisa dibuka keatas, maka pengguna bisa lebih fokus untuk mencari fasilitas yang ada didalam keyboard Korg PA1000. Berbeda dengan PA1000, PA700 layar tidak bisa unlock display, tapi tidak mengurangi sisi elegan kedua keyboard ini. Harga Korg PA 1000 adalah 25 jutaan.

4. Yamaha PSR -S975 




Bagi sobat yang setia dengan keyboard Yamaha, seri terbaru dantertinggi versi arrangernya adalah PSR-S975. Keyboard Yamaha yang biasanya tetap memasukkan fitur seri sebelumnya, juga mengadopsi fitur fitur dan teknologi terbaru. PSR-S975 mengadopsi real effect dan kualitas suara output yang sangat bagus. Selain itu kelebihan dengan seri sebelumnya PSR-S970 adalah penyimpanan yang lebih lega sehingga memberikan kebebasan pemain untuk menambah custom sampling lebih banyak. Yamaha PSR-S975 harganya 17 jutaan.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed