3 Jenis keyboard Arranger Yang Cocok Untuk Musik Arab Gambus Atau Qosidah Dengan Harga Murah

3 Jenis keyboard Arranger Yang Cocok Untuk Musik Arab Gambus Atau Qosidah Dengan Harga Murah

Disaat musik qosidah dan musik gambus kembali menjadi trend musik yang biasa ditampilkan di tempat tempat umum seperti acara khusus keagamaan atau pesta kawinan, alat musik keyboard arranger menjadi pilihan utama. Kenapa ? hanya dengan satu alat musik seorang penyanyi sudah bisa melantunkan lagu lagu qosidah atau sholawatan diatas panggung. Tidak perlu banyak orang untuk menjadi pengiring sebuah lagu. 

Tidak hanya dipanggung terbuka, grup grup musik religi atau musik qosidah yang sudah profesional maupun yang masil meniti karir juga sangat membutuhkan alat musik keyboard khusus yang didesain untuk mengiringi lagu lagu gambus. Baik untuk keperluan show off air, onair maupun online seperti untuk memainkan lagu lagu yang khusus untuk menciptakan konten youtube dengan lagu lagu karaoke online atau untuk mengiringi lagu lagu saat bersantai dirumah atau tempat tempat pendidikan Islam atau pondok pesantren.


Casio AT3 /AT5 Oriental



Dua jenis keyboard Casio ini mengusung tones dan rhytm lagu lagu timur tengah lebih banyak yaitu 54 untuk variasi tones seperti oud, qanun dan nay dan 83 jenis untuk variasi rhytm musik yang tergabung dalam 820 tones dan 250 rhytm yang tersedia. Yang membedakan AT3 dan AT5 adalah jumlah tutsnya. AT3 berjumlah 61 tuts sedangkan AT5 berjumlah 76 tuts. JIka sobat ngamen punya pengalaman memainkan keyboard Casio AT3 maupun Casio AT5 silahkan berkomentar dibawah. Namun menurut saya keyboard ini lebih cocok untuk mengisi waktu bermain gambus dirumah ketimbang untuk beraksi di panggung. Dijagad online Casio AT3 dijual dengan harga 4 jutaan sedangkan AT5 dijual dengan harga 8 jutaan.

Korg PA 50



Walaupun sudah hampir 15 tahun lalu Korg PA 50 lahir ternyata kehebatannya masih tidak lekang oleh waktu terutama untuk memainkan musik gambus. Selain suara yang menakjubkan juga tempat penyimpanan style yang menggunakan penyimpanan eksternal SD card sehingga mampu menyimpan lebih banyak dan mudah untuk diganti ganti. Banyak grup grup musik gambus yang masih mempertahankan keyboard lawas jenis ini walaupun seri terbaru dengan sampling musik timur tengah yang lebih relistis. Saat ini Korg PA50 bekas di situs OLX masih dijual dengan harga 5 - 7 jutaan. Tidak ada keyboard baru untuk jenis ini.

Yamaha PSR-S OR 700



Yamaha PSR-S OR 700 merupakan  seri S 700 yang dilengkapi style lebih banyak untuk lagu lagu gambus timur tengah. Ratusan style khas timur tengah yang sangat realistis dengan fitur mega voice membuat keyboard ini lebih terkenal ketimbang induknya seri S700 walaupun dijual dengan harga lebih mahal. Tidak hanya itu style lagu lagu Rock, Dance, Jazz, Latin, Iran, Turki, dan Mediterania juga disematkan pada fitur ini. walaupun sudah diluncurkan hampir 10 tahun lalu harga keyboard Yamaha PSR-S OR 700 saat ini masih di kisaran 6 - 7 jutaan. Tidak ada keyboard baru untuk jenis ini. 

Demikian semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed