Ramadhan Enaknya Belajar Nyanyi Lagu Gambus, Nih Channelnya !

Ramadhan Enaknya Belajar Nyanyi Lagu Gambus, Nih Channelnya !

Marhaban Ya Ramadhan. Bulan Ramadhan hampir tiba dan sudah saatnya kembali untuk melaksanakan rukun Islam ke tiga yaitu nenunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan. Selain terus meningkatkan ibadah ibadah sunat lainnya, tidak ada salahnya di saat senggang waktu sambil menunggu berbuka puasa diisi dengan menyanyi  lagu lagu gambus.

Gambus merupakan aliran lagu yang berasal dari arab atau secara umum dari negeri timur tengah . Ada beberapa literatur menyebut berasal dari mesir atau Turki. Lirik lagu gambus Di artikel ini saya tidak menulis tentang sejarah Gambus. Namun ingin mengajak sobat Ngamen untuk mencintai salah satu lagu lagu bernuansa religi Islam. Liriknya berbahasa arab, bitnya cepat suara mendayu dayu dan cengkoknya kental sekali itulah beberapa ciri lagu gambus.

Sejak munculnya Group Musik Sabyan Gambus, sepertinya lagu lagu gambus kembali bergeliat. Sabyan Gambus bisa memikat pecinta gambus karena dikemas dengan musik modern dan unsur alat musik seperti mandolin, biola dan rebana tidak dominan. Bagi sebagian pecinta gambus klasik sepertinya kurang pas jika ketiga alat musik ini digantikan oleh alat musik modern bernama Keyboard.

Apapun ceritanya, menurut saya sebuah lagu jika di aransmen apik dengan satu alat musik keyboard modern dan tidak sama sekali menghilangkan unsur gambus aslinya, maka hal seperti ini patut di apresiasi. Salah satu Channel yang mampu mengolahnya dengan baik adalah Channel Haneef La Secara tidak sengaja saya mendapatkan channel ini beberapa waktu lalu saat mencari lagu lagu gambus kesukaan saya. Dan ternyata hampir semua lagu lagu kesukaan saya ada disini seperti Ya Ward, Killil Asyqin, Ghoniyya Mughonni, Sukaro, Lil Inab dan banyak lagi yang lain.

Bagi pecinta lagu gambus rasanya gak sempurna kalau sobat belum pernah berkunjung ke Channel Ini. Saya sendiri mendapatkannya beberapa hari lalu saat mencari cari karaoke lagu gambus dan sholawatan. Lagunya enak enak dan sangat cocok bagi sobat yang suka nyanyi lagu gambus. Karaoke lagu gambus tergolong sulit untuk diaransemen dan membutuhkan arranger lagu yang mumpuni dan profesional dibidangnya.

Selamat berpuasa sambil menikmati dan menyanyi lagu lagu gambus kesukaan sobat ngamen, semoga bisa terhibur.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed