Apa Beda Headset, Headphone, Earphone Dan Handsfree

Apa Beda Headset, Headphone, Earphone Dan Handsfree

Tahukah sobat alat atau device yang nempel atau  yang menutup daun telinga saat dengerin musik ?. Ternyata walaupun punya fungsi yang hampir sama namun punya bentuk yang berbeda beda ada yang besar dan ada yang kecil.  Fungsinya adalah sebagai output suara lagu yang dihasilkan dari perangkat smartphone, Saat kita colokkan ke output di smartphone maka suara apapun tidak lagi terdengar di ponsel kita. Suara akan berpindah ke perangkat yang kita colokkan dan yang ujungnya nempel di telinga.


Ada 4 jenis device bentuk output yang berbeda beda ini juga punya nama yang berbeda beda pula. Walaupun terdapat empat jenis ,namun secara umum digolongkan dalam dua jenis yaitu  yang menyumbat lobang telinga atau yang menutup daun telinga. Sobat ingin menggunakan yang mana tinggal pilih saja. yang menutup daun telinga berbentuk lebih besar dibanding dengan yang menyumbat lobang telinga. Dari kedua jenis tersebut terbagi masing masing menjadi 2, dimana yang menutup daun telinga disebut Headset dan Headphone. Sedangkan sedangkan yang menyumbat daun telinga ada Earphone dan Handsfree. Walaupun kedua duanya mirip namun tetap ada perbedaan, apa itu perbedaannya ? , berikut ulasan selengkapnya :

1. Headset



Headset berbentuk besar menutup penuh daun telinga, perhatikan gambar diatas baik baik. Alat ini dilengkapi dengan mic kecil yang menempel di dekat mulut. Biasanya lebih cocok perangkat ini dihubungkan dengan PC atau personal computer untuk berkomunikasi seperti chatting dan video call karena sesungguhnya Headset selain perangkat output juga perangkat input untuk berkomunikasi 2 arah.

2. Headphone


Berbeda dengan headset, walaupun sama sama menutup daun telinga, headphone tidak punya mic untuk komunikasi. Fungsinya hanya mendengarkan suara saja. Cocok bagi sobat yang suka main games online, mendengarkan musik dengan kualitas suara yang lebih bagus. Headphone jarang digunakan untuk mobile bagi pengguna android karena kurang simple dan tampak mencolok. Namun demikian bagi penggemar musik banyak yang memanfaatkan untuk menggunakannya dari berbagai perangkat seperti PC, Laptop, Android Phone, iPhone dan lain lain. Semakin canggih teknologi, saat ini headphone sudah tidak dilengkapi dengan kabel pendukung (nirkabel).

3. Earphone


Earphone berbentuk lebih simple dan kecil. Cocok untuk mobile. Earphone pada awalnya hanya perangkat output saja, namun saat perkembangan alat komunikasi Smartphone, earphone juga berfungsi sebagai alat komunikasi. Selain dua speaker kecil yang menyumbat kedua lobang telinga, earphone juga dilengkapi dengan mic yang berfungsi untuk komunikasi melalui ponsel.

4. Handsfree


Secara bahasa handsfree adalah tanpa dipegang tangan, maksudnya adalah tanpa harus menggunakan tangan untuk mengangkan smartphone dll, sobat sudah bisa berkomunikasi. Handsfree bentuknya dan fungsinya sama dengan Earphone, namun keberadaannya semakin canggih. Jika Earphone masih menggunakan kabel, hansfree digunakan tanpa kabel dan terhubung dengan teknologi bluetooth. Semakin canggihnya handsfree saat ini cukup dibuat alat kecil yang menempel hanya di satu sisi telinga saja.

Nah, bagaimana sobat masih bingung dengan sebutan headset, headphone, earphone dan handsfree ? Saya yakin sudah jelas dan jangan salah sebut lagi ya ?


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed