Denger Lagu Pake Headset Atau Earphone , Begini Cara Yang Benar

Denger Lagu Pake Headset Atau Earphone , Begini Cara Yang Benar

Mendengarkan musik menggunakan perangkat device yang dihubungkan langsung dengan telinga sudah menjadi tren saat ini. Di zaman yang serba individualis sudah menjadi kebiasaan bahwa menikmati musik bersama sama sudah semakin jarang terjadi. Masing pribadi sudah mempunyai selera musik yang berbeda beda bahkan dalam satu anggota keluarga sekalipun. Akibatnya saat menikmati musik tertentu belum tentu orang lain punya selera yang sama dengan genre musik tersebut. Disinilah peran perangkat device menikmati musik yang langsung terhubung dengan telinga tanda mengganggu orang lain bahkan berada di samping kita sekalipun. Namun dari berbagai kelebihan menggunakan alat ini ketelinga, banyak hal yang harus diperhatikan agar kebersihan dan kesehatan telinga tetap bisa terjaga.


Jika sobat pecinta musik dengan cara mendengarkannya melalui headset atau earphone, berikut tata cara yang benar dalam menggunakannya yang dihimpun dari beberapa sumber :


  1. Jangan terlalu lama mendengarkan lagu melalui headset maksimal 60 menit setiap harinya. Gunakan 60 menit waktu mendengar musik terbagi dalam beberapa sesi, jangan habisakan dalam satu sesi.
  2. Volume jangan terlalu keras maksimal yang disarankan 50% atau setengah dari volume maksimal dan batas volume adalah 85 dB.
  3. Khusus earphone yang menggunakan kabel, kaitkan kabel ke daun telinga agar tidak jatuh, perhatikan gambar diatas
  4. Jangan mendengarkan musik menggunakan headset sambil tidur tiduran, akan membahayakan sel rambut halus dalam telinga. Selain itu jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu lama akan menurinkan kualitas pendengaran dan merusak otak.
  5. Demi kebersihan dan kesehatan telinga dan resiko penularan penyakit dan pertumbuhan bakteri, jangan meminjamkan kepada orang lain atau meminjamnya kepada orang lain.
  6. Bersihkan headset anda secara rutin, bahkan jika berbentuk earphone karet penyumbat atau busa penyumbat tetap dalam keadaan bersih.
  7. Saat mendengarkan musik di tempat yang bising, usahakan untuk berhenti dan menjauh dari kebisingan untuk mengistirahatkan telinga.
  8. Jangan menggunakan headset atau earphone pada saat berada di jalan raya apalagi sedang menyeberang jalan apalagi menyetir atau mengendarai sepeda motor.. Menggunakan headset di kawasan umum bisa Anda gunakan saat tidak aktif seperti sedang menunggu, itupun juga harus tetap menjaga kewaspadaan dengan lingkungan sekitar dari bahawa diri yang mengancam.
Menggunakan earphone dan headset dengan benar akan berdampak bagi perilaku sehari hari sobat terutama saat mendengarkan musik. Kepedulian diri dalam menjaga kesehatan telinga baik yang diluar maupun bagian dalam juga sangat penting akibat resiko menggunakan headset atau earphone yang salah.

Nah, masih belum peduli dengan cara menggunakan headset atau earphone yang benar sobat ?, kini saatnya untuk memulai dan membiasakan diri.



Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed