5 Fakta Negatif Ini Bisa Mengurungkan  Anda Mendownload  Lagu Bajakan  Beserta Solusinya

5 Fakta Negatif Ini Bisa Mengurungkan Anda Mendownload Lagu Bajakan Beserta Solusinya

Mendownload lagu baru rilis dari internet baik berbentuk file mp3 maupun mp4 terkadang menjadi keharusan bagi sobat ngamen. Lagu yang barusan sobat dengar melalui media masa atau media sosial apalagi terus trending di dunia maya, menjadi satu keharusan untuk didownload agar tidak ketinggalan beritanya. Sepintas memang tidak ada masalah dengan mendownload lagu namun semakin sulitnya Anda mendapatkan file lagu lagu dengan suara berkualitas tinggi saat ini, akan dimanfaatkan oleh orang oarng yang tidak bertanggungjawab untuk "memudahkan " mendapatkan file lagu tersebut dengan berbagai jebakan. Yang lebih bahaya lagi adalah si pembuat jebakan bahkan tidak menyadari bahwa aksinya berakibat buruk sangat luas bahkan bisa jadi merugikan dirinya sendiri padahal niatnya hanya mengumpulkan recehan dengan memanfaatkan salah klik bagi pendownload lagu yang kurang faham untuk klik link lagu yang benar.




5 fakta berikut ini bisa mengurungkan niat Anda untuk mendownload lagu bajakan terutama berhubngan dengan semakin canggihnya malware, spyware bloatware bahkan ransomware saat ini yang dengan mudahnya menempel pada komputer Anda semakin sulit untuk dibasmi.

Sebelum mengetahui fakta yang sebenarya ada baiknya sobat mengetahui jenis jenis virus saat ini diantaranya :

1. Malware (Malicious Software)


Malware adalah sebuah perangkaat lunak atau kode yang dibuat dengan tujuan jahat. Walaupun sebenarnya hanya sebuah program komputer biasa, namun Malware dirancang untuk merugikan orang lain. Malware mampu mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), bahkan mampu menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer.


2. Virus Komputer


Virus komputer adalah Malware yang menginjangkiti sebuah komputer atas bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan/ menjalankan dirinya – biasanya pemilik komputer itu sendiri. Virus tidak bisa otomatis menyebar kekomputer tanpa ada tindakan oleh penggunanya. Biasanya virus dibuat mirip program lain yang sering digunakan oleh pemilik komputer sehingga pemilik komputer itu terpancing untuk klik virus tersebut. Beberapa program komputer yang sering ditiru oleh virus adalah program .JPG, .doc, atau folder yang yang bila diklik akan mengaktifkan virus dan menyebar. Bahkan gambar p*rn* bisa menjadi pancingan untuk klik, atau bentuk lain yang dapat menarik perhatian si pemilik komputer untuk melakukan klik sehingga bisa mengaktifkan virus tersebut.


3. Worm Komputer


Worm adalah sebenarnya merupakan malware yang lebih bahaya karena mampu mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya bantuan dari siapapun. Jika worm sudah berhasil masuk dalam sebuah komputer atau jaringan komputer maka secara otomatis akan dapat berpindah ke komputer lain dan tidak bisa dicegah oleh pemilik komputer lain yang ada di dalam jaringan tersebut.

Namun demikian Worm hanya dapat menginfeksi sebuah komputer jika dada celah keamanan (vulnerability) sebuah software yang ada di dalam komputer tersebut, misalnya: windows office, Adobe, atau software terkenal lainnya yang sering menjadi targetnya. 


4. Spyware


Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer namun spyware bisa berkembang dan mampu memata matai data data penting dalam komputer seperti dokumen kartu kredit, dan data pribadi lainnya. dalam aksinya spyware layaknya menampilkan iklan atau mesin pencari yang menempel di browser. Apa yang kita ketikkan di browse spyware akan terbaca olehnya dan direkam untuk dikirim kepembuatnya.


5. Trojan


Walaupun saat ini masih berjenis virus konvensional, namun keberadaannya tidak boleh lengah. Trojan adalah program yang dibuat seperti program komputer pada umumnya dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.


6. Ransomware


Nah yang paling membahayakan adalah jenis virus yang satu ini. Sebenarya ransomware merupakan spyware yang ditingkatkan ekfeknya. Korban yang terjangkiti ransomware mengincar data penting dalam komputer dan setelah dikendalikan oleh pembajak, maka ia kan minta tebusan dengan mengikuti perintah dan jika tidak dituruti maka resiko kerusakan sistem jaringan, data dicuri dan lain lain akan berada ditangan orang jahat. Masih ingat dengan ransomware wannacy menghebohkan dunia beberapa tahun lalu dimana KOMINFO berkali kali merilis panduan untuk membasminya.


 Nah, setelah tahu jenis jenis virus diatas, berikut fakta yang dihadapi oleh pendownload lagu dan seharusnya saat ini sobat sudah menyadarinya :

1. Komputer Rentan terserang virus dan malware


Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa dengan semakin canggihnya virus online komputer maka mendownload lagu seperti sebuah aktifitas memasukkan virus kedalam komputer secara tidak sengaja. Mungkin sobat baru menyadari saat buka folder saja butuh waktu 1 menit apalagi buka browser. Atau saat buka browser banyak iklan iklan gak jelas nempel disana sini atau kita berharap tampilan google di google chrome atau mozilla namun yang muncul mesin pencari seperti V9, Search manager dan lain lain. 

Selain itu virus bisa juga diinjeksikan langsung melalui file kompres bersama dengan file lagu, atau membohongi pendownload seolah olah file lagu namun setelah didownload ternyata virus dan langsung menjangkiti komputer. Walaupun ini cara cara yang sudah lama, namun semakin canggihnya virus virus konvensional saat ini bisa menjadi wabah yang tidak saja menjangkiti komputer sendiri namun bisa berakibat kepada komputer lainnya melalui flash disk atau jaringan.

2. Melewati banyak shortlink 


Coba sobat bisa membandingkan sulitnya mendownload lagu lima tahun lalu dengan sekarang ini. pasti jauh lebih sulit sekarang. Salah satu halangannya adalah link berliku yang diciptakan oleh pemrogram (shortlink). bayangkan sobat sebenarnya untuk download lagu cukup dari situs utama ke alamat situs download. Namun jalan linknya diperpanjang melewati 2,3 bahkan sampai 5 shortlink dan setiap shortlink selalu menciptakan jebakan malware yang membahayakan jika tidak jeli dengan link yang sebenarnya. Tujuan pemilik link sebenarnya sederhana, ingin memperoleh recehan dari jumlah klik. Namun beresiko bagi pendownload lagu.

3. Muncul Pop Up dan Pop Under


Jebakan berikutnya saat download lagu adalah munculnya popunder. Pop Under adalah sebenarnya iklan yang tidak kita inginkan akan muncul secara otomatis dibalik browser utama ketika kita mengklik apapun dan dimanapun. Sedangkan Pop Up adalah iklan yang muncul namun menutupi browser utama. Iklan yang muncul dengan memanfaatkan fitur dari browser tersebut sebenarnya cukup bisa kita hilangkan dengan klik tanda X di sebelah kanan atas, namun kadang kita tidak menyadarinya sampai sampai browser bisa dipenuhi sampai lupuhan popup dan popuder.

3. Kualitas lagu berasal dari rekaman kualitas rendah


Setelah melewati jalan berliku untuk menemukan link download lagu sebenarya. Perjuangan tidak sampai disitu. Kekecewaan demi kekecewaan terus menghantui diantaranya file yang kita download tidak sesuai dengan yang diharapkan, kualitas lagu yang rendah, dikompres dengan file file lainnya, dan bahkan link kosong yang tidak ada filenya.

4. Melanggar hak cipta


Ditengah masih maraknya pelanggaran hak cipta, maka membungkam pergerakan malware dan virus komputer masih isapan jempol belaka, Beda dengan di negara Eropa seperti di Jerman yang menghargai betul hasil karya orang lain. Di Jerman aturan penggunaan komputer dan internet sangat ketat terutama pelanggaran copyright, seperti artikel yang ditulis di pursuingmydreams.com. Hati nurani sebenarnya juga berkata bahwa lagu tersebut merupakan ciptaan orang lain dan pendownload telah mencurinya. Namun kadang kebanyakan orang tidak memperdulikannya. Namun demikian jelas sebenarnya mendownload lagu disitus sembarangan adalah illegal dan melanggar undang undang.

5. Mempercepat Kerusakan Perangkat Komputer


Kerusakan komputer atau perangkat biasanya diakibatkan oleh perlakuan kita sendiri kepada perangkat seperti tidak pernah menjada keseharan perangkat. Membiarkan komputer terbebani sistem yang berat akibat overload RAM dan CPU akibat virus dan malware yang menjangkitinya bertahun tahun . Hal ini akan merusak perangkat keras komputer karena panas processornya.


Nah dari sekian fakta diatas, untuk menangani solusinya sebenarnya kembali kepada penggunanya. Prinsipnya adalah jangan pernah mencari sesuatu yang gratisan di internet padahal sebenarnya sesuatu tersebut umumnya harus kita bayar seperti halnya lagu lagu baru yang kita download. Berkaitan dengan lagu, berikut solusi yang bisa sobat lakukan :

1. Jangan download lagu tapi disarankan untuk dengarkan online. Banyak situs situs penyedia streaming online lagu yang tidak terlalu menguras kuota bahkan bisa diputar offline seperti Spotify, Soundcloud, Joox dan bahkan Youtube sendiri telah menyediakan fitur hemat kuota dengan sobat bisa memilih jenis resolusi tampilannya.

2. Jika terpaksa download, gunakan situs legal untuk menghindari virus. Saat ini banyak situs situs resmi walaupun gratisan seperti BeSonic, jamendo, NoiseTrade, Musopen dan lain lain. Namun kadang lagu lagu yang tersedia juga terbatas.

3. Jika sudah terjangkiti dengan level sedang bisa menggunakan tool antivirus untuk membersihkan, pengalaman saya cukup menggunakan avast free antivirus untuk membasmi virus konvensional, sedangkan untuk malware bisa menggunakan malwarebytes (antivirus default windows 10) ditambah dengan aplikasi penberantas iklan di browser Spyhunter, semua bisa sobat dapatkan secara gratis. Namun sudah level berat harus dengan instal ulang perangkat dan jangan kembali melakukan download di internet agar tidak mengulangi kasus yang sama.

4. Update sistem terbaru ke windows 10. Menurut berbagai pendapat, windows 10 lebih bagus daripada windows 7 dan 8 dari segi kerentanan. Untuk itu update windows ke Windows 10 terbaru untuk menghindari bersarangnya ramsomware yang merupakan jenis virus berbahaya bagi komputer. Untuk mengurangi beban RAM dan CPUnya sobat bisa disable beberapa fitur di windows 10 agar tetap ringan dan tidak panas processornya.

Nah, bagaimana sobat namsih juga ingin download lagu sembarangan di internet setelah mengetahui resiko sebenarnya. Silahkan berfikir ulang , karena resiko dan akibat selalu menghantuinya.
Advertisement

Baca juga:

This Is The Newest Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed