Belajar Bermain Drum Secara Otodidak

Belajar Bermain Drum Secara Otodidak

Pandai bermain alat musik drum bisa menjadi cita cita sobat ngamen yang menyukai musik khususnya jika ingin bergabung dalam group band. Cita cita ini bisa sobat latih sedini mungkin bahkan tidak sedikit anak anak umur dibawah 10 tahun sudah mahir memainkan drum dengan berlatih secara kontinyu. 

Menguasai alat musik drum bisa menjadi live skill sobat ngamen untuk menjadi bagian dari kompetensi dalam bermain musik.  Setidaknya ada 3 tahapan yang biasa sobat gunakan untuk melatih bermain drum sendiri, berikut 3 tahapan yang bisa anda lalui sendiri :

1. Mengenal berbagai elemen peralatan drum


Sebelum berlatih lebih jauh tentang cara berlatih main, sobat harus mengenal berbagi elemen jenis drum dan jenis cymbal. Masing masing alat meliliki perbedaan tergantung merk, ukuran, tongkat dan stem. Setiap perbedaan akan mempengaruhi bunyi dan suara drum. namun secara umum bagian bagian dalam drum tetap sama.


Dari gambar diatas elemen elemen drum dan cymbal bisa dijelaskan sebagai berikut :

1. Drum Tom Tom : Pada umumnya ada 3 jenis drum tom tom yaitu high tom tom dimana drum ini menghasilkan suara paling tinggi diantara ketiganya biasanya diletakkan paling kiri diantara 2 drum tom tom yang ada dari posisi duduk drummer. Sebelah kanan drum high tom tom ada mid tom tom dimana suara yang dihasilkan adalah suara tengah dan sebelah kanan dari posisi duduk drummer di sebut dengan floor tom tom, yaitu drum yang menghasilkan suara paling rendah dari ketiga tom tom tersebut.

2. Snare drum : Snare drum adalah drum yang dilengkapi dengan tali senar disisi bawahnya untuk menghasilkan suara yang dominan.

3. Bass drum : Bass drum merupakan bagian komponen drum bentuknya paling besar dan dentuman suaranya paling ngebass. cara memukulnya menggunakan kaki yang dihubungkan dengan pemukul.

Selain berbagai jenis drum ada juga cymbal yaitu besi berbentuk melingkar dan agak mengerucut dan akan berbunyi keras saat dipukul. Beberapa jenis cymbal diantaranya :

1. Hit - hat : yaitu cymbal yang diletak berpasangan yang dihubungkan dengan pedal dan digerakkan dengan kaki. Pedal berguna untuk menyatukan dan memisahkan kedua cymbal sesuai dengan bit yang diatur. Suara hit-hat akan berbeda saat pedal dipijak dan dilepaskan.

2. Ride cymbal : yaitu cymbal yang menghasilkan suara lebih soft dengan getaran yang lebih lama / panjang.Ride cymbal biasanya dipukul berulang ulang.

3. Splash : yaitu cymbal dengan suara mirip cemplungan air yang berfungsi untuk nada tambahan

4. Crash : Suaranya mirip dengan splash namun saat dipukul akan lebih lama berbunyi.

2. Belajar memegang stick drum


Ada 2 metode cara memegang stick drum yaitu traditional dan matched grip . Cara Matched grip adalah tips memegang stick drum hanya beberapa centimeter dari pangkal stick posisi stik diantara jempol dan telunjuk, sedangkan 3 jari lainnya berfungsi menggenggam stick. Cara ini paling umum dilakukan para drummer.Cara tradisional adalah cara memegang stick drum dengan posisi stick dijepit diantara jempol, telunjuk dan jari manis. Kedia cara ini bisa dikombinasikan antara tangan kanan dan kiri secara bergantian atau bersama sama sesuai keinginan. 

3. Berlatih Ketukan


Kunci utama bermain drum adalah membiasakan diri untuk melatih ketukan. Beberapa teori untuk melakukan ketukan bisa menggunakan tangan terlebih dahulu lalu diaplikasikan ke stick dengan ritme ketukan 1/4, 1/8 atau berbagai variasi ketukan lainnya. Namun yang terpenting adalah melatih ketukan itu bisa mengikuti ritme. Beberapa cara berikut bisa sobat lakukan untuk melatih ketukan :

1. Menggunakan suara rekaman ketukan dengan tempo yang stabil dan bisa di sesuaikan sedemikian rupa. Beberapa alat yang bisa digunakan seperti metronome, atau click track ( metronom yang sudah direkam).dan hubungkan dengan earphone ke telinga sobat.

2. Kembangkan ketukan tangan mulai yang paling sederhana sampai pada target ketukan yang ingin sobat capai untuk mengetuk drum maupun cymbal. lakukan dengan berulang dan melatih membiasakan diri.

3. Setelah terbiasa melatih tangan lalu latihlah kaki kiri untuk menekan pedal hit hat dan kaki kanan menekan pedal drum bass. menjadi satu irama yang serasi dan selaras.

Untuk melatih ketukan sobat bisa tonton video diatas :


Selain berlatih secara kontinyu, sobat bisa lakukan dengan santai namun harus sesuai dengan target yang akan sobat capai baik skill maupun waktu yang akan sobat targetkan.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed