Fungsi Penting Transpose Pada Keyboard

Fungsi Penting Transpose Pada Keyboard

Transpose adalah menggeser dengan menaikkan atau menurunkan nada dasar atau chord sebuah lagu menjadi lebih tinggi atau lebih rendah untuk menyelaraskan dengan kemampuan nada dasar penyanyi. Transpose diatur menggunakan tombol digital yang bisa digeser sedemikian rupa sehingga memudahkan untuk mengubah posisi naik atau turun. Ada 2 jenis tombol yang padu dalam 1 tombol ada juga yang terpisah yaitu tombol plus (+) untuk menaikkan nada dan tombol minus (-) untuk menurunkan nada. Beberapa keyboard mengunakan tombol putar, jika menurunkan nada dengan memutar kekiri dan menaikkannya memutar kekanan seperti pada keyboard Roland BK-5.

Keyboardiz selain harus memahami dan menguasai berbagai teknik musik instruman juga salah satunya adalah melatih sense of music menyelaraskannya dengan kemampuan vokal penyanyi. Jangan sampai vokal yang dinyanyikan ketinggian nada dasarnya atau kerendahan. Oleh karena itu sebaiknya sebelum melantunkan lagu, penyanyi harus "kompromi" dengan pengiring musik nada dasar apa yang paling pas untuk kemampuan vokal penyanyi. Keyboardiz pemula kadang belum bisa menyesuaikan keadaan, perlu memahami perasaan sebuah musik jangan sampai terjadi berniat untuk merendahkan nada dasar bahkan terjadi sebaliknya nadanya semakin tinggi sehingga penyanyi menjerit jerit atau sebaliknya.



Dengan berlatih secara kontinyu, sobat ngamen akan semakin mudah memahami karakter kemampuan dimana posisi range vokal penyanyi perempuan dan laki laki dalam mengiringi penyanyi. Dari situ bisa menjadi pijakan apakah nada dasar tersebut akan dinaikkan atau diturunkan. Biasanya cukup menaikkan 1 nada atau menurunkannya 1 nada saja dari nada dasar yang kita tebak. Sehingga walaupun kita mengubah nada dasar ditengah lagu, musik lagu yang kita nikmati tetap nikmat dan nyaman.

Secara umum pergeseran transpose bisa digambarkan pada tabel berikut ini :


Nada Dasar
Transpose
Cis/Dis=do
+1
D=do
+2
Dis/Es=do
+3
E=do
+4
F=do
+5
Fis/Gis=do
+6 atau -6
G=do
-5
Gis/Ais=do
-4
A=do
-3
Ais/Bes=do
-2
B=do
-1

Kemampuan memahami transpose adalah wajib dan sangat penting agar lagu yang dinyanyikan tidak kaku dan monoton. Jika seorang keyboardiz sudah mampu memahami ini maka keyboardiz bisa menuntun penyanyi untuk memutuskan nada dasar yang tepat dan menambah kemerduan dalam menyanyikan sebuah lagu.

Demikian semoga bermanfaat


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed